sfidn - 10 Cabang Olahraga Atletik yang Paling Sering Diperlombakan

10 Cabang Olahraga Atletik yang Paling Sering Diperlombakan

sfidn.com – Atletik merupakan salah satu bidang olahraga yang paling paling menarik untuk diikuti sehingga  tidak pernah absen dari berbagai dari olimpiade atau kompetisi.

Dari sekian banyak olahraga atletik hanya ada beberapa macam olahraga yang lebih sering diperlombakan dalam kompetisi lokal, nasional, maupun internasional karena memiliki daya tarik yang kuat sehingga banyak orang yang senang untuk menyaksikannya.

Apa saja cabang olahraga atletik yang dimaksud? Temukan informasi selengkapnya di bawah ini.

 

Apa yang Dimaksud dengan Olahraga Atletik?

Olahraga atletik adalah serangkaian disiplin olahraga yang mencakup berbagai macam kompetisi yang melibatkan tiga gerakan dasar, seperti lari, lompat, dan lempar.

Para atlet yang berpartisipasi dalam olahraga atletik biasanya memiliki keterampilan yang luar biasa dalam hal kecepatan, kekuatan, kelincahan, teknik, dan ketahanan fisik untuk melakukan salah satu atau semua gerakan dasar tersebut.

Dari ketiga gerakan dasar tadi maka terciptakan berbagai macam cabang olahraga atletik yang saat ini kita kenal, contohnya saja lari sprint, estafet, lompat tinggi, lempar lembing, dan masih banyak lagi.

 

Cabang Olahraga Atletik Lari

Salah satu cabang olahraga atletik yang paling sering diperlombakan adalah lari. Berlari membutuhkan kekuatan, daya tahan, dan kecepatan yang baik jika ingin memenangkan kompetisi.

Beberapa cabang olahraga atletik lari yang paling sering diperlombakan, di antaranya lari jarak pendek atau lari cepat (sprint), marathon, estafet, dan sejenisnya.

 

Cabang Olahraga Atletik Lompat

Selain lari, cabang olahraga atletik yang juga sering diperlombakan adalah lompat. Melompat membutuhkan kombinasi yang baik antara kekuatan, keterampilan teknis, kelenturan, dan koordinasi gerak tubuh.

Beberapa cabang olahraga atletik lompat yang sering diperlombakan adalah lompat tinggi, lompat jauh, lompat galah (pole vault), dan triple jump.

 

Cabang Olahraga Atletik Lempar

Cabang olahraga atletik yang terakhir adalah lempar. Melempar membutuhkan kekuatan fisik yang besar serta teknik yang baik untuk mencapai jarak paling maksimal saat melempar objek yang biasanya cukup berat.

Beberapa macam cabang olahraga atletik lompat yang umumnya ada di setiap pertandingan adalah lempar lembing, tolak peluru (shot put), lempar cakram, dan sejenisnya.

 

10 Cabang Olahraga Atletik yang Paling Bergengsi

Berikut adalah 10 cabang olahraga atletik yang paling bergengsi di dunia:

 

1. Sprint

Sprint adalah cabang lari pendek dengan jarak 100 meter, 200 meter, atau 400 meter. Para pelari akan berlomba untuk menyelesaikan lintasan secepat mungkin dengan kecepatan maksimum.

 

2. Marathon

Marathon adalah lomba lari jarak jauh dengan panjang lintasan 42,195 kilometer. Ini merupakan salah satu cabang olahraga atletik lari paling terkenal yang membutuhkan stamina, daya tahan, dan strategi yang baik agar mampu menyelesaikan perlombaan.

 

3. Lari Estafet

Lari estafet merupakan olahraga tim di mana sekelompok pelari, biasanya terdiri dari empat orang akan secara berturut-turut membawa tongkat estafet untuk menyelesaikan sebuah jarak tertentu yang telah ditetapkan.

Setiap pelari dalam tim harus membawa dan menyerahkan tongkat ke rekannya di zona penukaran dan pelari terakhir harus berlari menuju garis finish.

Jarak lari estafet biasanya berkisar antara 4x100 meter atau 4x400 meter dan bisa lebih panjang tergantung pada aturan atau jenis lomba yang diadakan.

 

4. Lompat Tinggi

Lompat tinggi adalah cabang olahraga atletik di mana atlet akan berusaha melompat setinggi mungkin melintasi mistar yang telah dinaikkan. 

Teknik lompat, kelenturan, dan koordinasi tubuh sangat penting untuk berhasil melewati mistar tanpa menjatuhkannya.

 

5. Lompat Jauh

Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atletik di mana atlet akan berlari dengan kecepatan tinggi kemudian melompat sejauh mungkin ke arah depan.

Tujuan utama dari lompat jauh adalah untuk mencapai jarak paling jauh dengan satu kali lompat dan menyaingi pencapaian lawan agar dapat memenangkan perlombaan.

 

6. Lompat Galah (Pole Vault)

Cabang olahraga atletik lainnya yang paling sering diperlombakan adalah lompat galah atau pole vault.

Lompat galah melibatkan penggunaan tongkat panjang yang disebut "vaulting pole" di mana para atlet harus mampu melewati palang menggunakan tongkat tersebut untuk mencapai ketinggian tertentu.

 

7. Triple Jump

Triple jump adalah salah satu cabang lompat yang melibatkan serangkaian tiga lompatan berturut-turut, yakni hop (lompatan pertama), step (lompatan kedua), dan jump (lompatan ketiga). Atlet harus berusaha melakukan lompatan sejauh mungkin dalam serangkaian lompatan ini.

 

8. Tolak Peluru

Tolak peluru adalah sebuah cabang olahraga di mana atlet harus melemparkan sebuah proyektil logam yang disebut sebagai peluru sejauh mungkin dari titik lemparannya.

Berat peluru yang digunakan biasanya 6-7,26 Kg untuk pria dewasa dan 4 Kg untuk wanita dewasa. Sedangkan bagi para atlet junior atau remaja, berat peluru akan bervariasi di angka 3 Kg atau kurang.

 

9. Lempar Lembing

Lembing adalah cabang olahraga atletik di mana atlet akan melemparkan lembing (tongkat berpanah) sejauh mungkin dengan menggunakan teknik yang tepat.

Berat lembing yang digunakan pada jenis perlombaan ini umumnya 800 gram sampai 1 Kg untuk pria dan 600-800 gram untuk wanita.

 

10. Lempar Cakram

Dalam olahraga lempar cakram, atlet harus berusaha melemparkan cakram sejauh mungkin untuk mencapai jarak paling jauh dan mengalahkan rekor lawan. 

Cakram yang digunakan terbuat dari logam dan baja. Bagian tengah cakram biasanya lebih tebal sedangkan bagian tepinya lebih tipis.

Berat cakram yang digunakan dalam kompetisi atletik resmi untuk pria adalah 2 kilogram, sedangkan untuk wanita adalah 1 kilogram.


Itu adalah 10 cabang olahraga atletik yang paling sering diperlombakan dan paling bergengsi di seluruh dunia. Apakah Anda pernah melihat olahraga tersebut atau bahkan pernah mencobanya?
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#atletik 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article