sfidn - 10 Cemilan Sehat untuk di Kantor, Tidak Bikin Gemuk

10 Cemilan Sehat untuk di Kantor, Tidak Bikin Gemuk

sfidn.com – Siapa yang tidak suka ngemil sambil bekerja? Selain karena iseng, makan cemilan juga bisa meningkatkan energi yang hilang dan menunda lapar sebelum waktu makan tiba.

Namun, memilih cemilan yang salah dapat berdampak buruk pada kondisi tubuh Anda. Contohnya, cemilan yang mengandung gula tinggi bisa membuat Anda mudah mengantuk saat kerja dan meningkatkan berat badan secara drastis.

Oleh karena itu, penting untuk memilih cemilan yang sehat untuk di kantor tanpa perlu khawatir dengan penurunan performa maupun kenaikan berat badan.

 

10 Cemilan Sehat untuk di Kantor, Tidak Bikin Gemuk

Ada banyak cemilan sehat yang cocok untuk Anda konsumsi saat berada di kantor. Contohnya, seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan, telur, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah 10 rekomendasi cemilan sehat untuk di kantor yang tidak bikin gemuk:

1. Buah-buahan Segar

Buah-buahan adalah cemilan sehat nomor satu yang sebaiknya ada di meja kerja Anda. Buah yang segar dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan energi Anda dengan cara yang aman.

Berat badan pun tidak akan meningkat signifikan meski Anda mengonsumsi buah dalam jumlah yang banyak. Itu karena buah mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Pastinya, ini jauh lebih sehat dibandingkan Anda makan gorengan.

Beberapa buah yang kami rekomendasikan sebagai cemilan adalah, jeruk, mangga, pepaya, melon, semangka, alpukat, pisang, dan apel. Buah-buahan ini rendah kalori dan tinggi serat.

 

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga bisa menjadi cemilan yang sehat untuk di kantor karena kaya akan protein, serat, dan lemak sehat yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Selain itu, kacang-kacangan juga dapat membantu Anda kenyang lebih lama dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Artinya, keinginan Anda untuk makan berlebih akan berkurang dan penurunan energi yang signifikan tidak akan terjadi.

Konsumsi kacang-kacangan, seperti almond, kenari, dan kacang mete untuk cemilan sehat Anda. Pastikan tidak ada tambahan gula atau pun garam yang dapat merusak nilai gizinya.

 

3. Popcorn

Anda harus tahu kalau popcorn sebenarnya adalah cemilan yang rendah kalori asalkan tidak dimasak dengan minyak atau mentega yang berlebihan, apalagi ditambahkan dengan gula atau garam. Popcorn mengandung serat yang cukup tinggi sehingga cocok dikonsumsi di sela-sela waktu makan.

 

4. Sayuran Segar

Meski awalnya sulit tapi kalau Anda ingin berkomitmen untuk mengonsumsi cemilan sehat saja maka cobalah makan sayuran segar, seperti wortel, timun, zucchini, selada, dan tomat. Sayur-sayuran ini bisa dimakan mentah dan aman untuk tubuh Anda.

Sayuran segar atau mentah cenderung lebih rendah kalori dan lebih tinggi nutrisi karena tidak melalui proses pemanasan yang membuat sebagian nutrisinya menghilang.

 

5. Roti Gandum dan Selai Kacang Alami

Jika Anda ingin cemilan yang sedikit lebih berat, Anda bisa mengonsumsi roti gandum yang ditambahkan dengan selai kacang alami (tanpa pemanis atau pun pengawet tambahan).

Roti gandum mengandung serat yang tinggi dan beberapa jenis vitamin serta mineral, seperti Vitamin B, zat besi, dan magnesium. Roti gandum juga dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Sedangkan selai kacang alami mengandung protein dan lemak sehat yang bagus untuk memberikan energi dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

 

6. Yogurt Rendah Lemak

Cemilan sehat berikutnya untuk menemani Anda di kantor adalah yogurt rendah lemak. Yogurt mengandung protein yang tinggi serta probiotik yang baik untuk pencernaan. Anda bisa menambahkan potongan buah segar atau madu sebagai pemanis alami.

 

7. Telur Rebus

Telur rebus bisa dijadikan cemilan sehat yang nikmat, praktis, dan mengenyangkan. Telur merupakan sumber protein yang paling tinggi serta kaya akan vitamin dan mineral yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Anda bisa mengonsumsi telur rebus yang diberi sedikit garam dan lada agar rasanya lebih nikmat. Namun, hindari mengonsumsi kuning telur secara berlebihan karena dapat meningkatkan kolesterol.

 

8. Dark Chocolate

Dark chocolate juga bisa menjadi alternatif cemilan sehat untuk di kantor. Makanan ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh Anda.

Radikal bebas sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan jaringan secara permanen dan menurunkan kesehatan tubuh Anda.

Dark chocolate merupakan jenis cokelat yang mengandung kakao tidak kurang dari 70%. Hindari mengonsumsi cokelat yang mengandung gula tinggi dengan kandungan kakao yang sedikit karena bisa membuat Anda gemuk.

 

9. Keripik Sayur

Jika Anda masih kesulitan untuk mengonsumsi sayuran segar atau mentah sebagai camilan, Anda bisa menggantinya dengan keripik sayur, seperti wortel, buncis, okra, timun, dan ubi yang telah dikeringkan.

Keripik sayur adalah sayuran yang telah dikeringkan dengan teknik tertentu sehingga nutrisinya tetap terjaga.

Pastikan Anda membeli keripik sayur dari agen atau pemasok terpercaya yang tidak menambahkan minyak, garam, msg, atau pengawet lainnya.

 

10. Oatmeal

Cemilan sehat yang terakhir untuk Anda konsumsi di kantor adalah oatmeal. Makanan ini kaya akan serat protein, mineral, dan antioksidan, sekaligus rendah kalori.

Dengan mengonsumsi oatmeal secara teratur, Anda bisa mengurangi peradangan pada tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Ini adalah dua masalah kesehatan yang sering dialami para pekerja karena tekanan dan gaya hidup yang tidak aktif.

 

Itulah 10 cemilan sehat untuk di kantor yang tidak membuat Anda gemuk. Pastikan Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#cemilan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article