sfidn - 10 Makanan yang Jadi Sumber Vitamin K Paling Tinggi

10 Makanan yang Jadi Sumber Vitamin K Paling Tinggi

sfidn.com – Kale, bayam, kubis, kiwi, dan hati sapi adalah beberapa jenis makanan yang mengandung Vitamin K paling tinggi.

 

Apa Itu Vitamin K?

Vitamin K adalah nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, pembekuan darah yang normal, mencegah pendarahan, serta mencegah penumpukan kalsium di arteri yang sering memicu berbagai penyakit kardiovaskular.

Ada tiga jenis Vitamin K, yaitu Vitamin K1 (phylloquinone) yang umumnya ditemukan dalam sayuran hijau,  Vitamin K2 (menaquinone) terdapat pada produk hewani dan makanan fermentasi, dan Vitamin K3 (menadione) yang termasuk vitamin sintetis sehingga tidak ditemukan pada makanan.

 

10  Makanan Sumber Vitamin K

 Berikut adalah 10 makanan yang jadi sumber Vitamin K paling tinggi:

1. Kale

Kale merupakan salah satu sumber Vitamin K1 yang paling tinggi di antara makanan lainnya. Dalam 100 gram kale terdapat sekitar 817 mcg Vitamin K yang  jumlahnya telah melebihi kebutuhan harian tubuh.

Selain itu, kale juga kaya akan serat, antioksidan, dan berbagai vitamin serta mineral lainnya.

 

2. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau  yang mengandung Vitamin K1 dalam jumlah tinggi. Dalam 100 gram bayam, terdapat sekitar 483 mcg Vitamin K. Selain itu, bayam juga kaya akan zat besi, kalsium, dan folat yang mendukung kesehatan tulang dan darah.

 

3. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk sebagai sumber Vitamin K yang cukup tinggi. Dalam 100 gram brokoli, terdapat sekitar 141 mcg Vitamin K.

Sayuran ini juga tinggi serat, Vitamin C, dan berbagai fitonutrien yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit kronis.

 

4. Kubis

Sayuran kubis mengandung sekitar 76 mcg Vitamin K per 100 gram sajian. Selain itu, kubis juga kaya akan Vitamin C dan serat yang mendukung kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

 

5. Brussels Sprouts

Brussels sprouts atau termasuk sayuran dan makanan yang mengandung Vitamin K cukup tinggi, yakni sekitar 177 mcg per 100 gram sajian. Sayuran ini juga kaya akan serat dan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

 

6. Asparagus

Asparagus mengandung sekitar 80 mcg Vitamin K per 100 gram sajian sehingga menjadikannya sebagai salah satu sumber Vitamin K yang cukup tinggi.

Selain itu, asparagus juga kaya akan Vitamin A, C, dan E, serta asam folat yang baik untuk kesehatan mata, kulit, dan otak.

 

7. Parsley

Parsley atau peterseli adalah salah satu tanaman herbal yang kaya akan Vitamin K. Anda mungkin tidak akan menyangka bahwa di dalam 100 gram parsley, terkandung sekitar 1640 mcg Vitamin K.

Selain itu, parsley juga kaya akan Vitamin C dan antioksidan yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

8. Kiwi

Buah kiwi adalah salah satu buah yang mengandung Vitamin K dalam jumlah yang cukup tinggi, yaitu sekitar 40 mcg per 100 gram sajian. 

Kiwi juga kaya akan Vitamin C, serat, dan antioksidan yang mendukung kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh.

 

9. Prune

Prune atau plum kering mengandung sekitar 60 mikrogram Vitamin K per 100 gram sajian. Selain itu, prune juga dikenal kaya akan serat dan sorbitol yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

 

10. Hati Sapi

Hati sapi adalah sumber Vitamin K2 yang baik dan mampu mencukupi kebutuhan harian. Ada sekitar 92 mcg Vitamin K per 100 gram sajian.

Hati sapi juga kaya akan vitamin A, zat besi, dan protein yang penting untuk kesehatan darah dan fungsi tubuh lainnya.

 

Baca Juga:

Bagaimana Cara Masak Daging Sapi yang Tepat Menurut Ahli Gizi?

 

Kebutuhan Vitamin K Harian

Jumlah Vitamin K yang dibutuhkan oleh setiap orang bisa sangat bervariasi tergantung pada usia dan jenis kelamin.

Kebutuhan Vitamin K harian yang direkomendasikan adalah:

  • Bayi (0-6 bulan): 2 mcg per hari.
  • Bayi (7-12 bulan): 2,5 mcg per hari.
  • Anak-anak (1-3 tahun): 30 mcg per hari.
  • Anak-anak (4-8 tahun): 55 mcg per hari.
  • Anak-anak (9-13 tahun): 60 mcg per hari.
  • Remaja (14-18 tahun): 75 mcg per hari.
  • Pria dewasa (19 tahun ke atas): 120 mcg per hari.
  • Wanita dewasa (19 tahun ke atas): 90 mcg per hari.
  • Wanita hamil dan menyusui: 90 mcg per hari.

Konsumsi 10 makanan di atas yang menjadi sumber Vitamin K paling tinggi secara rutin untuk memenuhi nutrisi harian yang penting untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh sekaligus menjaga kesehatan secara keseluruhan.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#Vitamin K 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article