sfidn - 10 Manfaat Mandi Air Dingin setelah Olahraga

10 Manfaat Mandi Air Dingin setelah Olahraga

sfidn.com – Mungkin banyak orang yang tidak mempertimbangkan untuk mandi menggunakan air apa saat olahraga. Padahal, suhu air bisa sangat menentukan proses pemulihan tubuh.

Para ahli banyak menyarankan untuk mandi air dingin setelah olahraga karena memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh.

 

10 Manfaat Mandi Air Dingin setelah Olahraga

Berikut adalah 10 manfaat mandi air dingin setelah olahraga yang perlu Anda tahu:

 

1. Menghilangkan Kotoran dan Keringat

Setelah olahraga, tubuh akan dipenuhi oleh keringat dan kotoran yang menempel di kulit. Mandi air dingin bisa membantu membersihkan tubuh serta mencegah penyumbatan pori-pori yang menyebabkan iritasi kulit atau jerawat karena air dingin mampu menyempitkan pori-pori.

 

2. Mengurangi Peradangan

Olahraga dengan intensitas tinggi bisa membuat otot atau sendi mengalami peradangan. Namun, mandi air dingin setelah olahraga bisa mengurangi atau mencegah kondisi tersebut.

Itu bisa terjadi karena air dingin membantu mempersempit pembuluh darah di permukaan kulit sehingga mengurangi aliran darah ke area yang meradang.

 

3. Mengurangi Gejala DOMS

Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) adalah rasa nyeri yang sering muncul 24 hingga 48 jam setelah berolahraga. Mandi air dingin bisa mengurangi gejala DOMS sehingga akan mempercepat pemulihan otot dan mengurangi ketidaknyamanan pasca latihan.

 

4. Mengurangi Rasa Kantuk Setelah Olahraga

Berolahraga dalam waktu yang lama bisa membuat Anda kelelahan dan mengantuk setelahnya. Namun, mandi air dingin bisa memberikan kejutan pada sistem saraf yang dapat mengurangi rasa kantuk.

Air dingin juga memicu pelepasan hormon adrenalin yang membuat Anda lebih waspada dan terjaga. Ini akan sangat berguna bagi Anda yang masih harus beraktivitas setelah olahraga.

 

5. Meningkatkan Suasana Hati

Mandi air dingin setelah olahraga akan merangsang otak untuk melepaskan endorfin, yakni hormon yang dapat meningkatkan suasana hati.

Oleh karena itu, mandi air dingin juga bisa menjadi cara alami untuk mengatasi stres dan merasa lebih bahagia setelah olahraga.

 

6. Menjaga Kelembapan Kulit

Air dingin membantu menjaga kelembaban alami kulit dengan mencegah hilangnya minyak alami yang terkikis apabila mandi dengan air hangat.

Selain itu, mandi air dingin juga membantu menyeimbangkan kadar sebum pada kulit yang berfungsi untuk mencegah kulit menjadi terlalu kering atau berminyak.

 

7. Mempercepat Pemulihan

Setelah sesi olahraga yang berat, otot membutuhkan waktu untuk pulih. Mandi air dingin mempercepat proses pemulihandengan meningkatkan sirkulasi darah di organ-organ dalam tubuh.

Sirkulasi darah yang baik bisa membantu mengalirkan oksigen dan nutrisi penting ke otot-otot yang membutuhkan perbaikan sehingga mempercepat penyembuhan mikrotrauma.

 

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mandi air dingin dapat merangsang produksi sel darah putih yang berperan penting dalam melawan infeksi dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Mandi air dingin secara teratur, terutama setelah olahraga akan membantu tubuh menjadi lebih tahan terhadap penyakit ringan, seperti flu atau pilek.

 

9. Meningkatkan Konsentrasi dan Kewaspadaan

Mandi air dingin setelah berolahraga bisa meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Air bersuhu rendah akan meningkatkan aliran darah ke otak sehingga mampu memperbaiki fungsi kognitif.  Ini akan sangat berguna bagi Anda yang berolahraga di pagi hari sebelum memulai aktivitas harian.

 

10. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Mandi air dingin merangsang proses termogenesis dalam tubuh di mana tubuh membakar kalori untuk menghasilkan panas dan menstabilkan suhu tubuh.

Ini berarti, mandi air dingin setelah olahraga bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga akan membakar lebih banyak kalori. Ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan.

Mandi air dingin setelah berolahraga tidak hanya menyegarkan tapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Jadi, pertimbangkan untuk melakukannya agar Anda mendapatkan semua manfaat yang ditawarkan!
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#olahraga  #mandi 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article