sfidn - 12 Daun yang Mengandung Antioksidan Tinggi

12 Daun yang Mengandung Antioksidan Tinggi

sfidn.com – Anda harus tahu kalau ada banyak daun atau tanaman yang mengandung antioksidan tinggi. Contohnya, seperti bayam, kale, cilantro, dan masih banyak lagi.

Dengan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, Anda bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti jantung, stroke, diabetes, dan kanker.

 

12 Daun yang Mengandung Antioksidan Tinggi

Berikut adalah 12 jenis daun yang mengandung antioksidan tinggi yang patut dipertimbangkan untuk ditambahkan ke dalam menu makan harian Anda.

12 daun yang mengandung antioksidan tinggi, yaitu:

 

1. Daun Bayam

Daun bayam adalah mengandung lutein, zeaxanthin, dan Vitamin C di mana semuanya memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Lutein dan zeaxanthin dikenal baik untuk kesehatan mata serta melindungi organ mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. Sedangkan Vitamin C dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.

 

2. Daun Kale

Daun kale menjadi tanaman  berikutnya yang mengandung antioksidan tinggi. Daun ini kaya akan vitamin K, Vitamin A, Vitamin C, serta senyawa flavonoid dan    n  karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan. 

Vitamin dan senyawa tersebut dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker yang diakibatkan menumpuknya radikal bebas di dalam tubuh.

 

3. Daun Parsley

Daun parsley yang sering digunakan sebagai hiasan dalam masakan, ternyata memiliki kandungan antioksidan yang tinggi juga. Parsley mengandung vitamin C, vitamin A, dan flavonoid berupa apigenin dan luteolin yang memiliki efek antioksidan dan anti peradangan.

 

4. Daun Mint

Daun mint tidak hanya memberikan aroma segar pada masakan dan minuman tetapi juga mengandung antioksidan berjenis polifenol, yaitu resin dan tanin yang bermanfaat untuk kesehatan.

Antioksidan di dalam daun mint dapat menetralkan radikal bebas dalam tubuh, sedangkan kandungan mentol di dalamnya dapat mendukung kesehatan pencernaan.

Beberapa orang juga menggunakan daun mint untuk meredakan sakit kepala dan nyeri otot serta meningkatkan kewaspadaan. Anda bisa menyeduh daun ini dengan air panas atau ditambahkan ke dalam masakan.

 

Baca Juga:

Sakit Kepala setelah Olahraga: Penyebab, Gejala, dan Penangananya

 

5. Daun Cilantro

Daun cilantro atau daun ketumbar adalah bumbu dapur yang sering digunakan dalam masakan Asia dan Meksiko. Daun ini kaya akan Vitamin A, Vitamin C, dan senyawa fenolik yang memiliki sifat antioksidan.

Dengan mengonsumsi daun cilantro secara rutin, Anda bisa mendetoksifikasi tubuh dari logam berat dan zat racun lainnya.

 

6. Daun Swiss Chard

Daun yang mengandung antioksidan tinggi lainnya adalah swiss chard, sayuran berdaun hijau yang kaya akan vitamin K, vitamin A, dan vitamin C, serta betalain (pigmen alami dengan sifat antioksidan yang kuat).

Dengan mengonsumsi swiss chard secara rutin, Anda bisa melindungi sel dari kerusakan dan mendukung kesehatan tulang.

 

7. Daun Mustard

Tahukah Anda jika daun mustard mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk kesehatan?

Daun mustard mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, serat, dan berbagai jenis mineral yang mampu mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dengan adanya kandungan antioksidan di dalam daun mustard, ini akan membantu menjaga kesehatan jantung, tulang, mata, dan kulit. Termasuk mengatur tekanan darah dan mencegah terjadinya sembelit.

 

8. Daun Brokoli

Belum banyak yang tahu jika daun brokoli pun bisa dikonsumsi,. Tidak hanya bagian bunganya saja tapi daun brokoli juga mengandung antioksidan yang tinggi.

Daun brokoli kaya akan Vitamin K, Vitamin C, dan berbagai senyawa sulforaphane yang membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif yang diakibatkan oleh radikal bebas.

 

Baca Juga:

Kelebihan Vitamin K Merusak Organ Hati dan Masalah Serius Lainnya

 

9. Daun Dandelion

Daun dandelion yang sering dianggap gulma, sebenarnya bisa dikonsumsi. Seluruh bagian tanamannya memiliki khasiat yang beragam, salah satunya menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan berupa flavonoid, polifenol, Vitamin C, dan Vitamin A.

Anda bisa mengonsumsi daun dandelion dengan cara mengeringkannya atau menggiling daunnya hingga halus untuk dijadikan teh.

 

10. Daun Kelor

Daun kelor atau moringa dikenal sebagai superfood yang sangat bergizi. Mereka kaya akan Vitamin A, Vitamin C, dan sejumlah besar antioksidan seperti quercetin dan chlorogenic acid. Daun kelor dapat membantu meningkatkan energi dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

 

11. Daun Teh Hijau

Sudah sejak lama daun teh hijau dikenal memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Senyawa aktif epigallocatechin gallate (EGCG) dalam daun teh hijau yang dapat membantu melawan radikal bebas sekaligus mendukung kesehatan kardiovaskular.

 

12. Daun Alfalfa

Biasanya, daun alfalfa digunakan untuk tambahan pakan ternak. Namun, saat ini sudah banyak orang yang mengonsumsi tanaman ini untuk tujuan kesehatan.

Baik dijadikan teh atau pun dimasak dengan makanan lain, daun alfalfa dapat memberikan manfaat antioksidan, seperti meningkatkan fungsi otak, mengurangi peradangan, menyehatkan kulit, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

 

Itulah 12 jenis daun yang mengandung senyawa antioksidan dalam jumlah tinggi. Saat ini, tidak sulit untuk menemukan sayur-sayuran bernutrisi meskipun bukan bagian dari tanaman asli Indonesia.

Jadikan kedua belas sayuran tersebut sebagai makanan sehari-hari untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Selamat mencoba!
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#Antioksidan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article