sfidn - 12 Sayuran yang Boleh Dimakan Mentah serta Manfaatnya

12 Sayuran yang Boleh Dimakan Mentah serta Manfaatnya

sfidn.com – Sedikitnya, ada 12 jenis sayuran yang boleh dimakan saat mentah serta manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

 

12 Sayuran yang Boleh Dimakan Mentah serta Manfaatnya

Makan sayuran mentah tidak hanya mempercepat persiapan makanan tapi juga mempertahankan nutrisi yang sering kali hilang selama proses memasak.

Berikut adalah 12 sayuran yang bisa dimakan secara mentah:

1. Wortel

Wortel termasuk sayuran yang boleh dimakan mentah meski punya tekstur yang sedikit keras. Wortel mengandung beta-karoten yang akan diubah menjadi Vitamin A di dalam tubuh sehingga bagus untuk menjaga kesehatan mata dan sistem kekebalan. Sayuran ini juga tinggi serat yang baik untuk pencernaan.

 

2. Timun

Timun memiliki kandungan air yang sangat tinggi sehingga membuatnya mudah dimakan meski dalam keadaan mentah. Dengan mengonsumsi sayuran ini secara rutin, Anda bisa menjaga hidrasi tubuh.

Selain itu, timun mengandung Vitamin K dan kalium yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang. Anda bisa menambahkan timun ke dalam salad atau menikmatinya secara langsung.

 

3. Selada

Selada merupakan bahan dasar yang sering ditemukan dalam salad. Sayuran ini sangat baik jika dikonsumsi secara mentah karena memiliki tekstur yang renyah dan mudah dikunyah.

Selain rendah kalori, selada juga kaya akan Vitamin A dan C, serat, dan mineral penting untuk menjaga kesehatan, jaringan, dan sistem kekebalan tubuh.

Anda bisa menambahkan selada ke dalam salad atau pun ke dalam sandwich untuk meningkatkan cita rasanya. Beberapa orang juga ada yang menjadikan salad sebagai bungkusan daging panggang.

 

4. Paprika

Sayuran selanjutnya yang bisa dimakan mentah adalah paprika. Beberapa orang mungkin kurang suka dengan rasa langu dari makanan ini. Namun, paprika merah, kuning, atau pun oranye mengandung Vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

Paprika dapat menjaga kesehatan kulit, gusi, dan sistem kekebalan serta melawan radikal bebas yang memicu berbagai penyakit. Anda bisa menambahkannya ke dalam salad agar cita rasanya lebih nikmat. 

 

Baca Juga:

Benarkah Antioksidan dapat Mencegah Kerusakan Otot?

 

5. Brokoli

Bagi sebagian orang, brokoli mentah mungkin terasa tidak enak dibandingkan dengan brokoli yang telah dimasak dan diberi bumbu. Namun, memasak sayuran bisa menghilangkan beberapa nutrisi penting yang ada di dalamnya.

Brokoli adalah sumber Vitamin C, Vitamin K, dan serat yang sangat baik untuk tubuh Anda. Selain kemampuannya mendetoksifikasi tubuh, sayuran ini juga mampu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Anda bisa makan brokoli mentah yang sudah ditambahkan dengan keju cottage dan mustard, mirip seperti menu diet Tiffany’s plate.

 

6. Kubis/Kol

Kubis atau kol sangat cocok untuk dijadikan lalapan alias dimakan mentah. Sayuran ini juga sering digunakan dalam salad coleslaw yang creamy.

Sayuran kubis mengandung vitamin K, vitamin C, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pencernaan.

 

7. Tomat Ceri

Tomat ceri termasuk ke dalam jenis sayur-sayuran yang memiliki cita rasa manis dan asam yang menyegarkan sehingga menjadikannya cemilan sehat yang enak meski dimakan secara mentah.

Sayuran ini kaya akan likopen, potasium, Vitamin C, dan kalium yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung, kulit, dan mata.

 

Baca Juga:

10 Cemilan Sehat untuk di Kantor, Tidak Bikin Gemuk

 

8. Kacang Panjang

Kacang panjang juga termasuk sayuran yang boleh dimakan mentah. Sayuran ini kaya akan serat, Vitamin C, dan folat yang bagus untuk pencernaan, pembentukan kolagen, kesehatan gusi, hingga mengendalikan kadar gula darah dan menurunkan kolesterol.

Anda bisa mengonsumsi kacang panjang dengan sambar atau pun ditambahkan ke salad yang diberi tambahan dressing.

 

9. Kemangi

Kemangi sering digunakan dalam hidangan Asia sehingga bisa dimakan mentah atau pun ditambahkan ke dalam masakan tertentu. Sayuran ini memiliki aroma yang harum dan rasa yang segar.

Banyak orang yang menjadikan kemangi sebagai lalapan atau ditambahkan ke dalam salad khas Indonesia seperti karedok atau pun ditambahkan ke dalam saus salsa khas meksiko.

Kemangi kaya akan vitamin A, vitamin K, dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan tulang, membantu pembekuan darah, dan meredakan peradangan.

 

10. Terong

Beberapa jenis terong ada yang bisa dimakan langsung tanpa perlu dimasak, terutama terong bulat dan terong muda. Sayuran ini mengandung antioksidan, vitamin B, dan serat yang bagus untuk meningkatkan produksi sel darah merah, meremajakan kulit, dan mencegah sembelit.

 

11. Pare

Pare dikenal dengan cita rasanya yang pahit. Meski begitu, sayuran ini  mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, seperti Vitamin A, C, dan B9 (folat) serta beberapa mineral, seperti kalium, zat besi, dan magnesium.

Semua nutrisi tersebut bagus untuk mendukung sistem kekebalan, menjaga kesehatan kulit dan mata, memproduksi DNA, membentuk sel darah merah, serta mendukung fungsi otot dan saraf.

Anda bisa mengonsumsi pare mentah secara langsung atau merendamnya dengan air garam terlebih dahulu untuk mengurangi rasa pahit dan getir.

 

12. Bawang Bombay

Bawang bombay memiliki rasa tajam dan pedas sehingga bisa menjadi tambahan yang nikmat untuk salad, sandwich, maupun makanan lainnya.

Sayuran ini mengandung senyawa sulfur yang bermanfaat bagi kesehatan jantung serta memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang membuat Anda tidak mudah mengalami peradangan atau pun terkena penyakit.

 

Mengonsumsi sayuran mentah bisa memberikan manfaat yang luar biasa karena kandungan nutrisinya masih terjaga.

Meski awalnya sulit tapi jika Anda mengonsumsinya secara rutin, Anda akan terbiasa dan menemukan kenikmatan tersendiri dengan makan sayuran mentah. Selamat mencoba!
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#Sayuran 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article