sfidn - 4 Latihan Pinggang di Gym untuk Menghilangkan Lemak

4 Latihan Pinggang di Gym untuk Menghilangkan Lemak

sfidn.com – Menghilangkan lemak di area pinggang bisa menjadi tantangan yang cukup sulit. Selain mengatur pola makan, Anda juga harus meningkatkan massa otot di area tersebut agar proses pembakaran lemak menjadi lebih optimal.

 

4 Latihan Pinggang di Gym untuk Menghilangkan Lemak

Perlu Anda ketahui, olahraga saja tidak cukup untuk membakar lemak dalam tubuh. Itu karena tubuh akan membakar kalori terlebih dahulu untuk mendapatkan energi. Kalori berasal dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Setiap hari Anda makan dan minum sehingga tidak ada kesempatan bagi tubuh untuk membakar lemak. Kalau pun Anda mengurangi makan secara drastis, itu hanya akan membahayakan kesehatan.

Salah satu alternatif untuk menghilangkan lemak, terutama di area pinggang dan perut adalah dengan meningkatkan massa otot.

Otot sangat boros dalam menggunakan energi sehingga proses pembakaran kalori akan meningkat meskipun Anda sedang beristirahat.

Saat cadangan kalori sudah habis maka tubuh akan menggunakan lemak sebagai cadangan energi. Barulah setelah itu Anda bisa menghilangkan lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

 

Baca Juga:

Lemak dan Kalori Itu Tidak Sama, Ini Perbedaan di antara Keduanya

 

Latihan Pinggang di Gym

Untuk meningkatkan massa otot, Anda harus melakukan latihan ketahanan baik itu di rumah atau pun di tempat gym untuk mendorong pembentukan otot baru.

Berikut adalah empat latihan pinggang di gym yang bisa membantu Anda menghilangkan lemak di area tersebut:

 

1. Cable Woodchopper

Cable woodchopper adalah latihan yang sangat baik untuk melatih otot pinggang dan core. Anda harus menggunakan machine cable yang ada di gym untuk menggunakannya. 

Cara melakukan cable woodchopper adalah sebagai berikut:

  • Atur beban sesuai dengan kemampuan Anda.
  • Atur ketinggian kabel agar sejajar dengan ketiak Anda.
  • Ambil dua langkah ke samping dan berdiri di samping mesin dengan kaki selebar bahu.
  • Pegang handle kabel dengan kedua tangan di satu sisi tubuh.
  • Tarik kabel hingga ke arah yang berlawanan secara horizontal seperti orang sedang menebang kayu.
  • Ulangi gerakan ini 8-12 repetisi sebanyak 3-4 set.
  • Lakukan pada kedua sisi tubuh.

 

2. Russian Twist

Russian Twist adalah salah satu latihan di gym yang efektif untuk membakar dan menghilangkan lemak di pinggang. Anda hanya perlu duduk di matras, tekuk lutut, dan angkat kaki sedikit dari lantai, kemudian pegang dumbbell atau medicine ball dengan kedua tangan.

Setelah posisi Anda stabil, putar tubuh ke kiri dan ke kanan secara bergantian sambil menjaga kaki tetap di udara. Latihan ini tidak hanya membakar lemak tapi juga menguatkan otot core.

 

3. Side Plank Hip Dips

Side Plank Hip Dips adalah variasi plank yang fokus pada otot samping (obliques). Anda bisa membentuk otot core dengan gerakan ini dan meningkatkan pembakaran kalori.

Cara melakukan plank hip dips, yaitu mulailah dengan posisi side plank dengan siku di bawah bahu. Kemudian, turunkan pinggul secara perlahan-lahan mendekati lantai dan angkat kembali ke posisi awal. 

 

4. Hanging Leg Raises

Hanging Leg Raises adalah latihan yang menargetkan seluruh otot perut. Latihan ini sangat efektif untuk membakar lemak dan memperkuat otot perut bagian bawah, termasuk area pinggang.

Cara melakukan hanging leg raises:

  • Pegang palang pada pull-up bar dengan pegangan netral. 
  • Angkat kaki Anda ke depan sampai kaki berada dalam garis horizontal.
  • Turunkan kembali ke posisi awal.
  • Ulangi gerakan ini 8-15 repetisi sebanyak 3-4 set.

Jika Anda konsisten untuk berlatih maka empat latihan pinggang di atas bisa membantu memperkuat otot inti serta menghilangkan lemak yang menumpuk di area tersebut.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#gym  #pinggang  #Lemak 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article