sfidn - 4 Persiapan Wajib Sebelum Olahraga

4 Persiapan Wajib Sebelum Olahraga

sfidn.com - Olahraga sangatlah penting bagi kesehatan manusia, saking pentingnya sangat mempengaruhi bagi tumbuh kembang kehidupan. Hal yang mendasar dalam berolahraga adalah persiapan yang matang karna dapat mempengaruhi proses berolahraga. Lalu persiapan apa yang harus dilakukan? Oke, saya akan membahas satu persatu.

1. Pemanasan atau Streching


Persiapan stretching atau pemanasan adalah hal yang paling mendasar, fungsi dari pemanasan sebelum melakukan olahraga yakni memiliki manfaat  untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi ke otot. Pemanasan atau peregangan otot sebaiknya dilakukan cukup sebentar saja jangan terlalu lama, jika stretching dilakukan terlalu lama atau berat malah disaat melakukan olahraga sebentar, karna keburu kelelahan. Lakukan sebentar saja hanya agar otot terasa rileks dan lentur.

Persiapan dalam melakukan olahraga tanpa melakukan pemanasan sangat berisiko cidera dan cideranya pun bisa cukup parah, seperti cidera tulang, otot, sendi dan rata-rata ciderapun beraneka ragam nyeri otot, terkilir, kram otot, sakit otot salah urat dan sebagainnya. Dan jika persiapan pemanasan sudah selesai maka secara langsung tubuh sudah siap melakukan olahraga, dan janganlah lupa lakukanlah olahraga dengan perasaan yang bahagia supaya saat melakukannya terasa menyanangkan dan hasilnyapun bisa maksimal.

2. Pakai Sepatu yang Sesuai


Persiapan selanjutnya adalah dengan meakai sepatu yang pas dengan ukuran Anda jangan sampai sepatu yang Anda gunakan justru dapat melukai kaki Anda karena kekecilan hingga menyebabkan kaki lecet. Diusahakan memakai sepatu yang nyaman dan disaat mamakainya pun terasa empuk di kaki dan tidak merasa sakit. Nah, ini sangat cocok sekali jika anda banyak melakukan gerakan dengan menggunakan kaki seperti berlari, lompat dan lain sebagainya.

Dan gunakanlah kaos kaki yang nyaman yang khusus untuk berolahraga, karana saat berolahraga kaki akan mengeluarkan keringat yang sehingga akan menyebabkan kaki akan licin, terkadang menimbulkan bau yang tidak sedap

3. Gunakan Pakaian yang Pas


Ini juga bagian persiapan yang perlu di perhatikan juga. Menggunakan pakaian yang pas artinya gunakanlah pakaian yang pas untuk berolahraga seperti pakaian yang memiliki bahan dari kaos yang nyaman, pakainnya pun jangan terlalu pas di badan, karna bila terlalu pas digunakan di badan dapat merasa tidak nyaman dan terasa berat dan pakailah pakaian yang sedikit agak longgar. Dan jika anda seorang perempuan pakailah kaos atau bra yang di khususkan untuk berolahraga biar terasa nyaman saat melakukan olahraga.

 SFIDN Baca juga

4. Persiapkan Air Putih


Persiapan air putih perlu di perhatikan sebelum memulai berolahraga, karna nantinya akan ditubuhkan tubuh ketika badan sudah mengeluarkan cairan lewat keringet dan menggantikannya dengan air yang dibawa saat kita membutuhkannya denagn cara meminumnya. Dan saran saya konsumsilah minuman air putih yang baik, jangan mengkomsi minuman bersoda atau minumkan dan makanlah terlebih dahulu sebelum berolahraga setidaknya 3jam sebelum melakukan berolahraga dan itupun jangan terlalu banyak dan jika terlalu banyak makan terasa sulit untuk bernafas dan bergerak.

Itulah beberpa bersiapan penting yang harus di perhatiakan dan di persiapkan akan bisa lebih maksimal dalam melakukan olahraga tersebut.


 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article