sfidn - 5 Fakta Menarik dari Latihan Kekuatan yang Sebaiknya Anda Ketahui

5 Fakta Menarik dari Latihan Kekuatan yang Sebaiknya Anda Ketahui

sfidn.com – Selain memberikan manfaat fisik, latihan kekuatan juga memiliki beberapa fakta menarik yang sebaiknya Anda ketahui. 

Salah satu fakta yang paling umum, yaitu latihan kekuatan dapat meningkatkan dan mempertahankan massa otot. Kalau fakta lainnya akan seperti apa ya? Mari cari tahu jawabannya bersama-sama.

5 Fakta Menarik dari Latihan Kekuatan

Strength training atau latihan kekuatan adalah jenis latihan fisik yang fokus pada peningkatan kekuatan otot melalui penggunaan beban eksternal, seperti beban berat atau peralatan khusus. 

Kita tentu sudah memahami secara gamblang apa tujuan utama dari latihan kekuatan. Akan tetapi, apakah Anda sudah pernah mendengar lima fakta menarik yang menyertai aktivitas tersebut? 

Setelah mengetahui faktanya, Anda akan memahami latihan kekuatan dengan lebih baik serta bersedia untuk melakukannya dengan rasa suka cita. Berikut adalah lima fakta tentang latihan kekuatan yang sebaiknya Anda ketahui.

 

Baca Juga: 

8 Jenis Latihan Tricep Tanpa Alat yang Jitu Memperbesar Otot Anda

 

1. Latihan Kekuatan Mengurangi Lemak Bukan di Area yang Anda Targetkan

Salah satu kesalahpahaman yang paling sering kita dengar, yakni latihan kekuatan dapat menghilangkan lemak di area yang Anda targetkan. 

Sayangnya, fakta ini tidak sepenuhnya benar. Latihan kekuatan memang membantu meningkatkan metabolisme basal dan membakar kalori.

Akan tetapi, lemak cenderung berkurang secara keseluruhan di seluruh tubuh bukan hanya di area yang spesifik. 

Maka dari itu, ada baiknya untuk mengombinasikan latihan kekuatan dengan latihan kardiovaskular serta pola makan yang seimbang untuk hasil yang lebih efektif dalam usaha Anda mengurangi kadar lemak dalam tubuh. 

 

2. Meningkatkan dan Mempertahankan Massa Otot

Latihan kekuatan adalah cara yang efektif untuk meningkatkan serta mempertahankan massa otot yang Anda miliki. Ini menjadi fakta kedua yang sebaiknya Anda ketahui. 

Ketika Anda melibatkan otot-otot untuk bekerja melawan resistensi seperti mengangkat beban berat, otot akan merespons dengan memperkuat serat-serat ototnya. 

Ini bukan hanya bermanfaat untuk penampilan fisik yang lebih bugar dan berotot tetapi juga memiliki dampak positif pada metabolisme Anda. 

Selain itu, memiliki massa otot yang lebih tinggi dapat membantu menjaga kestabilan sendi dan kesehatan tulang.

 

--- Related Article ---

 

3. Potensi Pembakaran Kalori yang Lebih Lama

Salah satu fakta menarik tentang latihan kekuatan yang berikutnya adalah potensi pembakaran kalorinya yang masih berlanjut meskipun sesi latihan Anda telah berakhir. 

Keadaan tersebut dikenal sebagai "afterburn effect" di mana tubuh tidak masuk ke mode istirahat tetapi terus membakar kalori untuk memulihkan otot dan mengembalikan keseimbangan meskipun durasinya tidak terlalu lama. 

 

4. Rasa Sakit Pasca Latihan Belum Tentu Hal yang Baik

Sensasi otot yang terasa nyeri setelah latihan sering dianggap sebagai tanda bahwa latihan berhasil, nyatanya itu tidak selalu benar. 

Rasa sakit pasca latihan atau DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness), sebenarnya adalah tanda peradangan ringan pada otot akibat kerusakan mikroskopis selama latihan. 

Meskipun ini adalah bagian alami dari proses membangun otot, rasa sakit yang berlebihan dapat mengganggu pemulihan dan mengganggu latihan berikutnya. 

Bahkan pada beberapa kasus, rasa sakit pasca latihan bisa menjadi tanda jika Anda tidak melakukan gerakan dengan  benar selama latihan. 

 

Baca Juga: 

10 Cara Cegah Berat Badan Naik setelah Berhenti Fitness

 

5. Otot Membutuhkan Sedikit Ruang sehingga Tubuh Tidak Terlihat Gemuk

Fakta menarik dari latihan kekuatan yang terakhir, yaitu otot lebih padat daripada lemak. Ini artinya, otot membutuhkan lebih sedikit ruang dibandingkan dengan lemak pada volume yang sama. 

Meskipun Anda memiliki massa otot yang tinggi, tubuh Anda tidak akan terlihat gemuk. Berbeda dengan massa lemak yang meskipun 

Latihan kekuatan membantu membentuk dan memberi definisi pada tubuh serta memberikan penampilan yang lebih berotot dan kencang.

 

Dengan memahami lima fakta tersebut, Anda dapat merencanakan program yang efektif supaya mampu mengoptimalkan manfaat dari latihan kekuatan yang akan Anda lakukan nantinya. Selamat berlatih! ***

 

Referensi: 
www.verywellfit.com 
 


 
Tags:
#Latihan Kekuatan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article