sfidn - 5 Makanan untuk Seimbangkan Hormon Tubuh

5 Makanan untuk Seimbangkan Hormon Tubuh

sfidn.com - Kesimbangan hormon adalah hal yang perlu diperhatikan saat berolahraga. Salah satu faktor yang mempengaruhi hormon adalah kelenjar endokrin. Kelenjar endokrin adalah senyawa kimia yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan metabolisme tubuh.

Menjaga hormon agar tetap seimbang sangatlah penting. Pasalnya, hormon yang tidak seimbang dapat menyebabkan ruam pada kulit, dehidrasi, kadar glukosa tinggi, dan infertilitas. Pada saat Anda mengalami ketidakseimbangan hormon, mengonsumsi makanan bergizi dapat membantu keseimbangan hormon.

Berikut ini beberapa makanan untuk membantu Anda menyeimbangkan hormon.

 

5 Makanan untuk Menyeimbangkan Hormon Tubuh

 

1. Alpukat 

sfidn-alpukat

Salah satu buah yang dapat membantu menyeimbangkan hormon tubuh adalah alpukat. Alpukat dapat menyeimbangkan hormon penyebab stres dan siklus menstruasi tidak teratur. Dalam sebuah alpukat, terkandung beta-sitosterol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan memperlancar ovulasi dan menstruasi pada perempuan. Alpukat juga dapat membantu mengurangi peradangan di kelenjar prostat. 

 

2. Delima

sfidn-delima

Delima adalah buah yang mengandung polifenol tinggi. Buah ini bermanfaat untuk mencegah kanker payudara. Penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi jus delima dapat membantu menyeimbangkan hormon seks pada pria dan wanita, yaitu hormon testosteron dan estradiol. 

--- Related Article ---

3. Ikan salmon 

sfidn-salmon

Asam lemak omega-3 dalam ikan salmon dapat membantu Anda mengatur hormon insulin dan sebum dalam tubuh. Hormon insulin dapat membantu mencegah risiko diabetes. Sementara itu, sebum dapat mengurangi risiko jerawat dan membuat kulit Anda lebih bercahaya. 

 

4. Brokoli 

sfidn-brokoli

Salah satu makanan untuk menyeimbangkan hormon tubuh adalah brokoli. Makanan ini dapat membantu menyeimbangkan hormon estrogen karena tingginya jumlah fitonutrien di dalamnya. Tak hanya itu, kalsium brokoli juga membantu mengurangi gejala pramenstruasi. 

 

5. Bayam 

sfidn-bayam

Bayam mengandung senyawa bioaktif untuk mengikat reseptor estrogen dalam tubuh secara alami. Kadar estrogen yang tinggi bertanggung jawab atas jaringan di payudara, rahim, dan kelenjar pituitari yang mengarahkan ke tumor payudara dan ovarium.

Itulah lima makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menyeimbangkan hormon tubuh. Selain mengonsumsi beberapa makanan tersebut, Anda bisa berolahraga rutin. 


 
Tags:
#hormon  #makanan penyeimbang hormon 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article