sfidn - 6 Manfaat Air Kelapa untuk Para Atlet

6 Manfaat Air Kelapa untuk Para Atlet

sfidn.com - Manfaat air kelapa juga dapat dirasakan oleh para atlet, terutama jika diminum sebelum dan setelah latihan. Ini karena kelapa secara alami dikemas dengan berbagai zat gizi yang Anda perlukan untuk rehidrasi tubuh. Terlebih lagi, minuman ini mengandung sedikit kalori dan gula per porsinya, sehingga lebih ‘ramah’ dibandingkan dengan sport drinks lainnya.

Apa itu air kelapa?

Air kelapa adalah cairan bening yang berasal dari bagian tengah kelapa muda berwarna hijau. Secara alami, air kelapa terbentuk dari emulsi daging parut dan cairan kelapa. Berbeda dengan minuman rasa kelapa, air kelapa murni tidak ada tambahan perasa, pemanis, ataupun bahan lainnya. 

Terlepas dari ledakan popularitasnya baru-baru ini, air kelapa sudah dikonsumsi selama berabad-abad oleh masyarakat di seluruh dunia. Bahkan, dalam pengobatan tradisional Ayurveda, air kelapa diyakini dapat membantu mengatasi dehidrasi, masalah pencernaan, buang air kecil, bahkan produksi air mani.

“Air kelapa disebut juga sebagai minuman olahraga alami dan menjadi pilihan yang sangat populer di kalangan para atlet. Ini karena air kelapa adalah sumber hidrasi tambahan selain air yang sangat bermanfaat untuk semua orang, terutama bagi Anda yang beraktivitas dengan intensitas tinggi,” jelas Fortunato yang dilansir dari Stack.

Setiap porsinya (satu cangkir), air kelapa mengandung sekitar 46 kalori, 9 gram karbohidrat, 2 gram protein, dan 0 lemak. Kandungan zat gizi mikronya, yaitu vitamin dan mineral, dapat memberikan manfaat khusus, termasuk bagi para atlet.

6 Manfaat air kelapa bagi atlet

Beberapa manfaat air kelapa berikut ini dijamin membuat Anda, khususnya para atlet, tidak lagi melewatkannya begitu saja, baik sebelum maupun setelah berolahraga.

1. Minuman olahraga alami

Air kelapa mengandung mineral dan elektrolit alami, sehingga sangat cocok dijadikan minuman olahraga tradisional. Dibuat tanpa tambahan gula, pewarna, atau pemanis buatan, banyak orang mengonsumsinya sebagai natural sport drink.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa air kelapa dapat berfungsi sebaik minuman olahraga tradisional yang membuat Anda tetap terhidrasi dan membantu mengisi kembali cairan setelah berlari

Sayangnya, air kelapa memiliki natrium yang lebih sedikit daripada kebanyakan minuman olahraga umumnya. Sementara natrium adalah elektrolit utama yang hilang saat Anda berkeringat.

Selain itu, air kelapa juga mengandung sedikit karbohidrat dibandingkan minuman olahraga yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja daya tahan. 

Artinya, manfaat air kelapa bagi atlet mungkin tidak bisa menyediakan energi yang cukup jika latihan dengan durasi lama (lebih dari 1,5 jam). Meski begitu, minum air kelapa setelah berolahraga – sekalipun dalam waktu yang lama - dapat membantu Anda kembali terhidrasi.

Namun ingat, para ahli tidak merekomendasikan Anda untuk minum air kelapa dengan tambahan gula, karena dapat mencegah proses hidrasi yang tepat dan meningkatkan asupan kalori yang tidak perlu.

2. Minuman rendah kalori

Menurut Medical News Today, satu cangkir air kelapa hanya menyediakan 45 kalori. Tidak heran kalau minuman ini bagus sebagai pengganti minuman berkalori tinggi, seperti soda atau jus. 

Air kelapa mengandung gula dan karbohidrat lebih sedikit daripada kebanyakan jus. Di sisi lain, air kelapa juga memiliki mineral penting, seperti natrium dan kalium, yang bermanfaat untuk keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh. 

Namun, bila dibandingkan dengan air biasa yang 0 kalori, air kelapa masih kalah bersaing.

3. Mengandung kalium

Salah satu kandungan gizi air kelapa yang menonjol adalah kaliumnya. Kandungan kalium dalam air kelapa lebih dari 10 kali lipat dari kebanyakan minuman olahraga. 

Dalam satu gelas (8 ons) air kelapa dikemas dengan potasium sebanyak satu buah pisang. Seperti yang Anda ketahui, buah pisang juga populer dengan kandungan kaliumnya. 

Potasium (kalium) dalam air kelapa dapat membantu mengurangi kram otot. Ini karena perannya yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, terutama saat Anda berolahraga. 

Karena air kelapa mengandung lebih banyak kalium daripada natrium, kalium dapat membantu menyeimbangkan efek natrium pada tekanan darah, bahkan mungkin dapat membantu menurunkan tekanan darah.

--- Related Article ---

4. Mengandung kalsium dan magnesium

Selain kalium, air kelapa juga mengandung mineral penting lainnya, seperti kalsium dan magnesium. 

Kalsium berperan penting untuk kesehatan tulang dan gigi, serta membantu otot berkontraksi dan bekerja dengan baik. Saat Anda berolahraga, otot-otot Anda akan menarik tulang Anda dan memecahnya sedikit. Saat tubuh Anda pulih, tulang Anda menggunakan kalsium untuk menjadi lebih kuat dan memperbaiki kerusakan.

Adapun magnesium dapat membantu memindahkan kalsium dan kalium ke dalam otot Anda untuk membantu proses kontraksi dan relaksasi. Selain itu, juga membantu produksi energi dan mendukung fungsi organ tubuh. 

Latihan dengan intensitas yang berat dapat membuat Anda kekurangan magnesium dan kalsium, sehingga rentan terhadap kram, otot gelisah, hingga kejang.

Nah, di sinilah letak manfaat air kelapa yang mengandung lebih banyak kalsium dan magnesium daripada minuman olahraga atau jus buah lainnya. Kandungannya sudah dapat memenuhi kurang dari 5 persen dari kebutuhan kalsium dan magnesium harian yang direkomendasikan.

5. Bersifat antioksidan

Selain semua manfaat hidrasinya, air kelapa juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu menetralisir stres oksidatif dan radikal bebas yang dihasilkan selama Anda berolahraga. 

Namun, Anda sebaiknya meminum air kelapa segar untuk mendapatkan tingkat antioksidan tertinggi. Air kelapa yang sudah diproses dan dipasteurisasi memiliki aktivitas antioksidan yang lebih sedikit.

6. Memiliki asam amino penting

Asam amino adalah unit terkecil dari protein, yang merupakan bahan pembangun dan sangat penting untuk memperbaiki jaringan. 

Air kelapa mengandung lebih banyak asam amino alanin, arginin, sistein, dan serin bila dibandingkan susu sapi. 

Asam amino utamanya adalah arginin yang dapat membantu tubuh Anda merespons stres (seperti stres akibat latihan yang sulit). Arginin juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Setelah tahu manfaat air kelapa di atas, apakah Anda tertarik minum ini sebelum atau setelah berolahraga? Meskipun air selalu menjadi pilihan yang baik, tetapi tidak memiliki semua nilai gizi optimal yang bisa diberikan oleh air kelapa. Karena itu, air kelapa bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus sebagai minuman olahraga Anda.  Ingat, hindari minum air kelapa dengan tambahan pemanis dan perasa buatan, ya!

 

Referensi:

Breaking Muscle. What’s So Great About Coconut Water? 
Grace Food (2018). 5 Reasons to Hydrate With Coconut Water During and Post Exercise.
Healthline (2017). Can’t Believe It’s Not Water — 5 Hydrating, Post-Workout Drinks.
Medical News Today (2017). Seven health benefits of coconut water.
Stack (2020). Benefits of Coconut Water for Athletes.
SFGATE (2018). What Are the Health Benefits of Coconut Water During Workouts?
Very Well Fit (2020). Using Coconut Water as an Electrolyte Drink During Runs.
WebMD (2010). The Truth About Coconut Water.


 
Tags:
#air kelapa  #manfaat air kelapa  #manfaat air kelapa untuk atlet 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article