sfidn - 6 Olahraga Sederhana yang Mudah Dilakukan setelah Bangun Tidur

6 Olahraga Sederhana yang Mudah Dilakukan setelah Bangun Tidur

sfidn.com - Aktivitas yang tinggi dan minimnya waktu seringkali menjadi penyebab bertambahnya kalori dalam tubuh. Hal itu dapat berakibat buruk dan memberikan dampak negatif bagi tubuh. Para ahli dan pegiat olahraga kini gencar menyuarakan manfaat pola hidup sehat dan berolahraga. Menurut World Health Organization (WHO), sebaiknya olahraga teratur dilakukan minimal 150 menit per minggu atau sekitar setengah jam sehari. 

Jenis dan waktu olahraga bermacam-macam, bergantung pada tujuan. Anda bahkan dapat meningkatkan aktivitas fisik sejak bangun tidur. Ada beragam jenis olahraga yang bisa Anda lakukan setelah bangun tidur. Simak lengkapnya di sini!

 

6 Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan setelah Bangun Tidur

1. Cat Cow 

 

sfidn-cat-cow

 

Cat cow adalah salah satu pose yoga. Olahraga ini dilakukan untuk membantu pemanasan di area punggung dan mengurangi rasa pegal pada tubuh. Cat cow dapat dilakukan dengan menopang tubuh dengan kedua tangan dan lutut. Tarik otot inti ke dalam dan lengkungkan tulang punggung. Pastikan pandangan mengarah ke bawah. Kemudian, tarik napas dan tekan dada ke bawah, pastika tulang belakang mengalami peregangan. Pandangan menghadap ke depan. Lakukan gerakan ini 10 kali pengulangan. 

 

2. Bird Dog

 

sfidn-bird-dog

 

Salah satu olahraga setelah bangun tidur adalah bird dog. Gerakan olahraga ini akan melatih keseimbangan, menguatkan tubuh bagian tengah, dan melatih kekuatan otot bokong. Untuk melakukan gerakan ini, Anda bisa mengambil posisi seperti push up di atas matras. Kemudian, tekuk lutut ke dalam dan pertahankan posisi tersebut. Angkat dan luruskan tangan kanan ke depan dan kaki kiri mengangkat lurus ke atas. Lakukan terhadap kaki dan tangan yang berlawanan. Gerakan ini dapat dilakukan dengan 10 kali dalam dua repetisi. 

 

3. Glute Bridge

 

sfidn-glute-bridge

 

Glute bridge adalah olahraga bangun tidur yang bisa Anda praktikkan. Ada beragam manfaat glute bridge, seperti mengurangi sakit punggung, membantu peregangan leher, punggung, dan bahu. Saat melakukan latihan glute bridge, bagian tubuh yang bekerja adalah kaki dan bokong. Glute bridge dapat dilakukan dengan terlentang di atas matras dengan kedua kaki tertekuk sejajar dengan pinggul. Angkat perlahan bagian pinggul, kencangkan otot bokong, dan tekan kaki ke matras. Pastikan tangan berada di samping tubuh. Kemudian, turunkan pinggul dan ulangi sebanyak 10 kali. 

 

4. Dead Bug

 

sfidn-dead-bug

 

Gerakan olahraga ini bisa dilakukan sebelum dan setelah bangun tidur. Gerakan dead bug atau serangga mati ini diyakini dapat membantu penurunan berat badan. Untuk melakukan gerakan dead bug, Anda dapat berbaring di atas matras dengan lengan berada di samping tubuh. Kemudian, luruskan kedua lengan. Angkat kaki dan lutut hingga membentuk 90°, tarik dan hembuskan napas. Kencangkan otot inti tubuh, ulurkan lengan ke atas sembari meluruskan salah satu kaki. Hindari kaki menyentuh matras, Anda bisa meluruskan kaki 2 inci di atas matras. Kemudian, kembali ke posisi awal dan ulangi dengan sisi lainnya. Gerakan ini dapat dilakukan dengan 10 kali pengulangan. 

--- Related Article ---

5. Scissor Legs

 

sfidn-scissors-leg

 

Gerakan olahraga ini tak hanya mengaktifkan area paha bagian dalam, namun juga melatih otot lengan, perut, dada, dan bokong. Scissor legs mudah dilakukan sehingga dapat dijadikan olahraga setelah bangun tidur. Gerakan ini dapat diawali dengan berbaring di atas matras dengan tangan lurus di samping badan. Angkat kaki ke atas, pastikan telapak kaki lurus, dan lakukan gerakan menyilang antara kaki kanan dan kiri seperti gunting. Lakukan 10 kali repetisi. 

 

6. Plank

 

sfidn-plank

 

Jika Anda melakukan gerakan ini dengan benar, plank adalah latihan olahraga yang mengaktifkan seluruh tubuh. Menahan tubuh dapat mengaktifkan seluruh otot inti tubuh. Plank dapat dilakukan dengan memposisikan perut menghadap ke lantai dan kaki lurus ke belakang tubuh. Posisikan lengan membentuk sudut 90 derajat. Aktifkan otot-otot perut dan tekan otot gluteus Anda ke dalam. Pastikan pernapasan tetap stabil dan tahan posisi hingga 30 detik.  

Itulah enam olahraga sederhana yang mudah dilakukan setelah bangun tidur. Pastikan kamu telah minum air mineral sebelum melakukan latihan agar tubuh tetap terhidrasi. 


 
Tags:
#olahraga  #Jenis Olahraga  #olahraga ringan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article