sfidn - 6 Olahraga Terbaik untuk Para Gamers agar Tubuh Tidak Kaku

6 Olahraga Terbaik untuk Para Gamers agar Tubuh Tidak Kaku

sfidn.com – Duduk berjam-jam untuk main game online bisa membuat tubuh menjadi kaku. Dalam jangka panjang, aktivitas tersebut bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti nyeri punggung, gangguan postur, carpal tunnel syndrome, sampai peningkatan risiko obesitas.

Oleh karena itu, seorang gamers harus tetap rutin berolahraga di luar kegiatannya bermain game agar tubuh tidak kaku serta kebugaran dan kesehatan tetap terjaga.

 

Olahraga untuk Gamers

Ada enam olahraga terbaik dan paling sederhana untuk para gamers agar tubuh Anda tidak kaku dan lebih sehat. Kelima olahraga tersebut ialah:

1. Stretching

Stretching atau peregangan adalah cara termudah untuk menjaga tubuh tetap fleksibel dan tidak kaku  akibat duduk atau berada dalam posisi yang sama terlalu lama.

Selain itu, peregangan juga bagus untuk menjaga sirkulasi darah tetap lancar sehingga nutrisi dan oksigen tetap tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh Anda.

Beberapa gerakan peregangan sederhana yang bisa Anda coba, di antaranya:

  • Neck stretch
  • Chest stretch
  • Shoulder stretch
  • Wrist flexor and extensor stretch
  • dll

Anda bisa melakukan peregangan ringan setiap satu jam sekali atau sebelum dan setelah bermain game online. Lakukan peregangan selama 5-10 menit.

 

Baca Juga:

Peregangan untuk Atasi Sakit Pinggang Akibat Duduk Terlalu Lama

 

2. Yoga

Yoga bisa membantu para gamers menjaga kelenturan tubuh, menenangkan pikiran yang tegang setelah bermain game, sampai memperbaiki postur tubuh yang buruk.

Gamers biasanya sering mengalami masalah pada leher, punggung, dan pinggang. Namun dengan melakukan yoga, Anda bisa mencegah atau pun mengatasinya. Dengan begitu, tubuh Anda bisa lebih bugar untuk melanjutkan permainan.

Anda bisa melakukan beberapa gerakan yoga, seperti cat-cow pose, cobra pose, downward dog pose, child's pose, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

3. Jalan Kaki

Olahraga terbaik untuk para gamer yang berikutnya adalah jalan kaki. Jika Anda merasa terlalu lama duduk, cobalah bangkit dari kursi dan berjalan-jalan di sekitar rumah atau tempat kerja atau bisa juga jalan kaki di tempat jika Anda malas pergi ke mana-mana.

Berjalan kaki minimal 10 menit setiap beberapa jam sekali dapat membantu mencegah kekakuan pada otot serta meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

 

4. Bodyweight Exercise

Berlatih dengan berat badan sendiri (bodyweight exercise), seperti push-up, squat, lunges, dan plank bisa Anda lakukan di sela-sela waktu bermain game online.

Bodyweight exercise tidak memerlukan peralatan apa pun dan bisa Anda lakukan di ruang yang kecil. Dengan melakukan latihan ini, Anda bisa memperkuat otot tubuh dan menjaga stamina Anda sepanjang hari.

 

5. Kardio

Olahraga kardio, seperti berlari, bersepeda, lompat tali, jumping jacks, aerobik, squat, atau yang lainnya sangat bagus untuk melatih dan meningkatkan detak jantung serta memperbaiki aliran darah ke seluruh tubuh.

Dengan rutin melakukan kardio, Anda bisa meningkatkan konsentrasi dan stamina, mengurangi stres setelah permainan yang kompetitif, serta mencegah kekakuan otot karena terlalu lama berada dalam posisi yang sama.

 

6. Senam Mata

Selain leher, tangan, punggung, pinggang, atau pun kaki, bagian tubuh lainnya yang perlu dilatih adalah mata.

Ini sangat penting bagi seorang gamers karena biasanya mereka menatap layar dalam waktu yang sangat lama sehingga membuat mata menjadi mudah lelah dan kabur, bahkan bisa merusak mata secara jangka panjang.

Oleh karena itu, salah satu olahraga terbaik untuk gamers adalah senam mata. Anda bisa mengalihkan pandangan ke arah jauh setiap 20 menit sekali. Anda juga bisa fokus pada objek bergerak atau menutup mata sejenak untuk merilekskan otot-otot mata.

Ada beberapa gerakan senam mata juga yang bisa Anda coba. Caranya, seperti berikut:

  • Tutup mata selama 8 detik, lalu buka.
  • Gerakan mata ke kanan, lalu ke kiri secara perlahan sebanyak lima kali.
  • Gerakan mata ke atas dan ke bawah secara perlahan sebanyak empat kali.
  • Gerakan mata ke sisi kanan bawah, lalu ke sisi kiri atas sebanyak lima kali.
  • Gerakan mata ke sisi kiri bawah, lalu ke sisi kanan atas sebanyak lima kali.
  • Gerakan bola mata Anda secara memutar dengan perlahan.

Itulah beberapa jenis olahraga yang bagus untuk dicoba oleh para gamers agar tubuh tidak kaku dan bisa beraktivitas dengan lebih baik. Selamat mencoba!
 

--- Related Article ---

 


 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article