sfidn - 6 Olahraga untuk Bentuk Otot Betis Ideal

6 Olahraga untuk Bentuk Otot Betis Ideal

sfidn.com - Memiliki otot betis yang kuat dan ideal tentu akan terlihat lebih menarik. Selain itu, betis yang di dalamnya terdapat otot calf juga dapat membantu stabilitas tubuh. Betis terdiri atas dua otot yang berbeda, yaitu gastrocnemius dan achilles. Gastrocnemius memiliki dua kepala atau mempunyai bentuk seperti bisep dan membentang dari belakang lutut ke sekitar setengah bagian belakang kaki bagian bawah. Sementara itu, otot achilles membentang dari sisi luar belakang lutut hingga tumit.

Untuk meningkatkan kekuatan betis, Anda bisa melakukan beberapa olahraga yang dapat dilakukan selama 15 menit. 

 

6 Olahraga untuk Bentuk Otot Betis yang Ideal

 

1. Calf Raise

Sumber: Howcast

Untuk melakukan gerakan ini, berdirilah dengan kaki terbuka selebar bahu. Gunakan otot perut untuk stabilitas tubuh, kemudian tekan tumit kaki ke lantai dan angkat tinggi dari lantai. Jaga agar lutut tetap lurus, namun tetap terkunci. Berikan jeda di atas, kencangkan otot betis, lalu kembalikan tumit bawah. Ulangi gerakan 15 kali. 

 

2. Inward Calf Raise

Sumber: Keyson Dingle

Mulailah dengan berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu, jari kaki menghadap ke dalam dan tumit sedikit terbuka ke luar. Gunakan otot perut untuk stabilitas, lalu tekan kaki dan angkat tumit dari lantai. Jaga lutut tetap lurus tapi tidak terkunci. Jeda di atas, remas otot betis, lalu tumit bawah kembali ke bawah. Itu satu rep. Selesaikan 15 repetisi.

 

3. Squat to Raised Heel

Sumber: Prisma Health-Upstate

Gerakan ini bisa dimulai dengan kaki terbuka lebar dan jari-jari kaki keluar. Libatkan inti dan tekuk lutut untuk mencapai pinggul ke belakang dan turun hingga posisi squat, jatuhkan lengan ke bawah di antara kaki. Kemudian, tekan tumit sembari melingkarkan lengan ke samping dan ke atas. Setelah sepenuhnya terentang, tekan ke atas, ke jari-jari kaki dan angkat tumit tinggi. Kemudian, kembali ke posisi semula setelah 15 repetisi. 

--- Related Article ---

4. Single-Leg Calf Raise

Sumber: ScottHermanFitness

Mulailah dengan berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu. Angkat kaki kiri dan tekuk lutut sehingga kaki membentuk sudut 90 derajat. Jaga kaki tetap terangkat, libatkan inti dan tekan melalui telapak kaki kanan untuk mengangkat tumit tinggi. Berhenti sejenak di bagian atas dan kencangkan otot betis, lalu turunkan kembali ke lantai. Selesaikan 15 repetisi di setiap sisi.

 

5. Jumping Jacks

Sumber: Holly Dolke

Gerakan ini bisa dimulai dengan berdiri dengan kaki rapat dan lengan di samping. Kemudian, secara bersamaan angkat lengan ke atas sambil melompat. Tanpa jeda, balikkan gerakan dengan cepat. Selesaikan 15 repetisi.

 

6. Butt Kicks

Sumber: Get Healthy U TV with Chris Freytag

Mulailah berdiri dengan kaki di bawah pinggul dan tangan di samping. Tekuk kaki kiri dan angkat tumit menjadi gluteus, lalu kembalikan dengan cepat untuk memulai dan ulangi di sisi kanan. Lakukan dengan 10 repetisi.

Itulah enam olahraga untuk membentuk otot betis yang ideal. Pastikan Anda melakukan gerakan-gerakan tersebut dengan benar.


 
Tags:
#otot betis  #olahraga otot betis 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article