sfidn - 6 Tanda Penting Metabolisme Tubuh Menurun

6 Tanda Penting Metabolisme Tubuh Menurun

sfidn.com - Sistem Metabolisme tubuh tidak bisa disamakan dengan sistem kekebalan tubuh. Karena, pada dasarnya sistem metabolisme berperan dalam mengubah makanan menjadi energi. Kemungkinan selama ini Anda menganggap bahwa sistem metabolisme tubuh Anda tidak berada dalam masalah. Namun faktanya, seiring bertambahnya umur manusia, ada momen tertentu dimana metabolisme tubuhnya menjadi menurun ataupun menjadi lambat. Hal tersebut memang tergolong normal, namun tidak ada salahnya kita mengenali tanda-tanda dimana tubuh sedang mengalami penurunan sistem metabolisme.

 

Apa Sih Sistem Metabolisme itu?

Metabolisme adalah suatu proses dimana tubuh mengonversi makanan dan minuman menjadi sumber energi yang bisa dimanfaatkan untuk beragam kegiatan. Kita tentu tahu bahwa energi sangat penting untuk tubuh agar segala kegiatan yang akan dilakukan bisa berjalan dengan lancar, namun proses metabolisme tubuh haruslah berjalan setiap saat, bahkan saat tubuh sedang tertidur. Karena, tubuh kita tetap memerlukan energi untuk tetap melakukan fungsi pernapasan, melancarkan sirkulasi darah, penyesuaian tingkat hormon pertumbuhan dan perbaikan sel yang pada umumnya terjadi ketika tubuh sedang tidur.

 

Namun, sistem metabolisme tubuh juga bisa mengalami penuaan, atau bisa mengalami masalah dan sistem metabolisme tersebut bisa berjalan lambat dari biasanya. Hal tersebut dikarenakan semakin bertambahnya usia tubuh, maka komposisi otot akan semakin menurun yang tergantikan dengan meningkatnya jumlah lemak. Sehingga, proses pembakaran kalori akan melambat yang menjadi tanda bahwa sistem metabolisme tubuh juga melambat. Contohnya, seorang perempuan yang sedang memasuki siklus menopause biasanya akan mengalami penurunan laju sistem metabolisme tubuh, sehingga dia akan kesulitan dalam mempertahankan berat badan idealnya. Selain penuan dan siklus menopause, terdapat beberapa hal lain yang menandakan sistem metabolisme tubuh sedang menurun.

 

6 Tanda Sistem Metabolisme Tubuh Menurun

1. Mudah Capek

Terdapat banyak faktor yang mengakibatkan tubuh mudah capek, seperti kurangnya jam tidur, ataupun terlalu keras dan berlebihan dalam berolahraga. Seorang ahli gizi sekaligus CEO dari NY Nutrition Group bernama Liza Moskivitz, RD menjelaskan bahwa mudah capek adalah salah satu tanda bahwa sistem metabolisme tubuh sedang menurun. Hal tersebut terjadi karena tubuh merasa kesulitan dalam mencerna makanan yang Anda konsumsi, sehingga suplai energi yang biasanya diperlukan untuk melakukan beragam kegiatan tidak bisa terpenuhi. Alhasil, tubuh akan menjadi mudah capek dan terlihat lemas.

 

2. Kulit dan Rambut yang Mengering

Scott Keatley, R.D dari Keatley Medical Nutrition Therapy menjelaskan bahwa mengeringnya rambut dan kulit bisa menjadi tanda bahwa sistem metabolisme tubuh sedang menurun. Kenapa? karena sistem metabolisme tubuh yang menurun akan mengakibatkan tubuh tidak mampu meregenerasi sel-sel mati dengan cepat, sehingga kesehatan rambut dan kulit akan tampak memburuk. Selain itu, mengeringnya rambut dan kulit juga bisa menjadi tanda masalah lain, seperti masalah asupan gizi yang buruk.

 

3. Meningkatnya Nafsu Makan dan Rasa Ingin Ngemil

Rasa ingin ngemil adalah salah satu pertanda yang dikirimkan oleh tubuh ketika pasokan energi berkurang. Namun, jika Anda merasa sudah mendapatkan tidur yang cukup dan asupan gizi yang baik namun masih terus menerus ingin ngemil, maka ada kemungkinan sistem metabolisme Anda sedang menurun. Kenapa? karena tubuh tidak mampu mengonversi makanan Anda menjadi sumber energi, sehingga Anda menjadi gampang lapar dan ingin terus ngemil guna memenuhi pasokan energi tubuh.

 

4. Cepat Meningkatnya Berat Badan

Kesulitan dalam mempertahankan berat badan adalah hal yang normal seiring meningkatnya umur. Namun, bila berat badan tetap saja meningkat walau sudah mengontrol asupan makanan, bisa jadi itu adalah tanda menurunnya sistem metabolisme tubuh. Agar bisa memastikan penyebabnya, disarankan agar Anda bisa berkonsultasi dengan para ahli gizi maupun dokter pribadi Anda.

 

5.  Rentan Kedinginan

Ketika sistem metabolisme tubuh berjalan dengan normal, maka tubuh akan menghasilkan hawa panas sehingga mampu menstabilkan suhu tubuh. Namun, jika sekujur tubuh Anda merasa kedinginan maka kemungkinan metabolisme tubuh Anda sedang menurun dan Anda mengalami hipotiroidisme. Kondisi ini merupakan suatu kondisi dimana produksi hormon tiroid sangat rendah yang berakibat pada penurunan sistem metabolisme tubuh. Sehingga, Anda akan lebih sering berlindung di bawah selimut atau menggunakan jaket guna mempertahankan suhu tubuh.

 

--- Related Article ---

 

6. Labilnya Suasana Hati

Salah satu penyebab dari labilnya suasan hati adalah rasa lelah yang dikarenakan menurunnya sistem metabolisme tubuh. Namun berita bagusnya, ada serangkaian tes yang dilakukan para dokter guna mengetahui penyabab menurunnya sistem metabolisme dalam tubuh. Salah satu cara termudahnya adalah dengan melakukan tes kalorimetri secara tidak langsung. Tes ini dilakukan dengan merubah sedikit makanan Anda selama satu hari dan beristirahat tidur dengan menggunakan masker. Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan panel tiroid menggunakan tes darah pasiennya.

 

Untuk itu, jika Anda merasa ada masalah dengan sistem metabolisme tubuh Anda, disarankan agar segera bertanya kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih baik.

 

Referensi

  1. https://www.womenshealthmag.com/weight-loss/issues-with-metabolism
  2. https://www.sciencedaily.com/releases/2016/10/161019154842.htm
  3. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/metabolism/art-20046508

 
Tags:
#metabolisme 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article