sfidn - 7 Latihan Paling Efektif untuk Menguatkan Otot Perut

7 Latihan Paling Efektif untuk Menguatkan Otot Perut

sfidn.com – Beberapa latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah plank, sit-up, bicycle crunch, leg raise, russian twist, mountain climber, dan flutter kicks.

Ketujuh latihan tersebut bisa membuat perut lebih kuat, ramping, dan kencang. Apalagi Jika diimbangi dengan diet sehat, Anda memiliki peluang untuk membentuk perut yang six-pack.

Tak hanya itu, melatih otot perut juga bisa meningkatkan fungsi tulang belakang serta memperbaiki stabilitas dan fleksibilitas tubuh.

Yuk, cari tahu bagaimana cara melakukan ketujuh latihan tersebut untuk menguatkan otot perut Anda. Simak informasinya berikut ini.

 

Latihan untuk Menguatkan Otot Perut

Otot perut harus dilatih secara spesifik untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika Anda ingin menguatkan otot di area tersebut, tujuh latihan ini yang sebaiknya Anda coba.

Tujuh latihan untuk menguatkan otot perut:

 

1. Plank

Latihan pertama yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah Plank. Gerakan ini mampu menargetkan otot-otot inti (core), termasuk otot-otot perut, seperti rectus abdominis, obliques (otot samping perut), dan transverse abdominis (lapisan terdalam dari otot perut).

Selama melakukan plank, tubuh harus dipertahankan dalam posisi yang lurus dan stabil. Ini akan mendorong otot perut untuk bekerja keras menjaga postur dan keseimbangan.

Plank dapat dilakukan dalam berbagai variasi, seperti high plank, side plank, knee plank, elbow plank, dan lain-lain.

 

2. Sit-up

Sit up adalah salah satu latihan yang efektif untuk menguatkan otot perut, khususnya otot-otot rectus abdominis yang membentuk bagian depan perut.

Gerakan sit up melibatkan kontraksi otot perut ketika tubuh bagian atas diangkat dari posisi berbaring ke posisi duduk.

Dengan melakukan sit up secara rutin dan teknik yang benar, otot perut akan menjadi lebih kuat dan kencang.

 

3. Bicycle Crunch

Anda bisa melakukan bicycle crunch untuk melatih otot perut agar lebih kuat. Gerakan ini dapat melibatkan tiga otot perut sekaligus, yaitu rectus abdominis yang dikenal sebagai otot “six-pack”, obliques yang terlibat dalam gerakan memutar tubuh, dan transverse abdominis yang membantu menstabilkan tubuh.

Gerakan bicycle crunch cukup sederhana, Anda hanya perlu mengangkat bahu dan kaki dari lantai, tangan memegang kepala, lalu membawa lutut secara bergantian ke arah dada siku yang berlawanan. Mirip seperti Anda sedang mengayuh sepeda.

 

4. Leg Raises

Jika Anda ingin menguatkan otot perut bagian bawah maka Anda bisa mencoba leg raises. Ini adalah latihan yang sederhana tapi sangat berdampak bagi otot perut.

Cara melakukan leg raises pun cukup mudah. Anda hanya perlu berbaring lurus di atas lantai atau matras dan meletakkan tangan di samping tubuh atau bila perlu, tempatkan telapak tangan di bawah bokong. 

Setelah itu, Anda bisa mengangkat kedua kaki ke atas sampai lurus dan menurunkannya kembali tapi tidak sampai mengenai lantai. Anda harus mengulangi gerakan ini beberapa kali selama 30-60 detik.

 

5. Russian Twist

Russian twist adalah latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut bagian samping (obliques serta meningkatkan kekuatan dan stabilitas inti tubuh.

Gerakan ini dilakukan dengan cara memutar tubuh dari sisi ke sisi dalam posisi duduk dengan kaki yang diangkat dari lantai dan tubuh yang sedikit dicondongkan ke belakang.

Jika Anda masih pemula, Anda perlu melakukannya dengan hati-hati dan tidak terburu-buru agar terhindar dari cedera.

 

6. Mountain Climber

Gerakan mountain climber mirip seperti orang yang sedang memanjat dinding atau tebing, Anda hanya perlu mengambil posisi merangkak, lalu membawa lutut satu per satu ke arah dada seperti orang sedang berlari. Sedangkan telapak tangan mencengkram lantai untuk menjaga stabilitas tubuh.

Mountain climber berguna untuk melatih otot inti dan perut. Gerakan ini juga termasuk ke dalam latihan kardio sehingga dapat melatih otot jantung dan meningkatkan kapasitas paru-paru.

 

7. Flutter Kicks

Latihan terakhir yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah flutter kicks. Gerakan ini melatih otot perut bagian bawah dan hip fleksor (otot pinggul bagian depan).

Untuk melakukan flutter kicks terbilang mudah karena Anda hanya harus berbaring di lantai, lalu mengangkat kedua kaki sampai lurus. Setelah itu, secara bergantian, ayunkan kaki kanan dan kiri naik-turun tanpa mengenai lantai. Lakukan gerakan ini dengan cepat dan terkontrol.

Itulah tujuh latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut Anda. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal. Selamat berlatih!

 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#otot perut  #Latihan Otot Perut 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article