sfidn - 7 Makanan untuk Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

7 Makanan untuk Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

sfidn.com - Penyakit jantung adalah penyebab kematian utama di dunia. Menurut studi terbaru, penyakit ini menjadi sepertiga penyebab kematian di seluruh dunia pada tahun 2019. Pada tahun 2019, angka kematian akibat penyakit jantung di seluruh dunia adalah 18,6 juta; 9,6 juta pria dan 8,9 juta perempuan.

Mulai dari gaya hidup yang tak sehat hingga jarang berolahraga kian menjadi penyebab penyakit jantung. Rajin berolahraga dan mengubah pola makan menjadi faktor yang dapat meminimalisir risiko penyakit jantung.

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan untuk menurunkan risiko penyakit jantung yang telah SFIDN rangkum.

 

7 Makanan untuk Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

 

1. Alpukat

 

sfidn-alpukat-penyakit-jantung

 

Alpukat adalah buah kaya manfaat. Buah alpukat bermanfaat dalam pencegahan penyakit jantung. Pasalnya, buah ini dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengandung kalium yang bermanfaat untuk menunjang kinerja jantung agar tetap sehat. 

 

2. Minyak ikan 

 

sfidn-omega-3-penyakit-jantung

 

Minyak ikan membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (low density lipoprotein). Tak hanya itu, minyak ikan atau Omega-3 yang dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan trigliserida dan tekanan darah agar jantung bekerja lebih maksimal.

 

3. Cokelat hitam

 

sfidn-cokelat-hitam-jantung

 

Cokelat hitam mengandung zat antioksidan tinggi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Akan tetapi, cokelat hitam mengandung gula dan kalori. Pastikan Anda mengonsumsi secukupnya dan pilihlah cokelat hitam dengan kandungan kakao 70%. 

--- Related Article ---

4. Tomat 

 

sfidn-tomat-cegah-jantung

 

Zat merah pada tomat mengandung antioksidan likopen. Asupan likopen dapat menurunkan risiko penyakit jantung karena dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Dengan konsumsi tomat mentah empat kali per minggu, Anda dapat menghilangkan kelebihan kolesterol dan plak di pembuluh arteri. 

 

5. Bawang putih 

 

sfidn-bawang-putih-cegah-jantung

 

Dalam bawang terkandung senyawa allicin yang bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung. Senyawa allicin membantu mengurangi kadar kolesterol pada penderita penyakit kolesterol. Hal itu tentunya menurunkan risiko penyakit jantung. Anda bisa konsumsi bawang putih dalam kondisi mentah atau dimasak. 

 

6. Almond

 

sfidn-almond-cegah-jantung

 

Almond adalah kacang yang kaya sumber serat, magnesium, tembaga, mangan, dan asam lemak tak jenuh tunggal. Konsumsi kacang almond dapat membantu menurunkan tekanan darah diastolik dan mencegah peradangan. Akan tetapi, sebaiknya Anda membatasi konsumsi kacang agar tidak terjadi penimbunan kalori. 

 

7. Edamame

 

sfidn-edamame-cegah-jantung

 

Edamame adalah kacang kedelai yang masih berada dalam polongnya. Mengonsumsi 50 gram protein dari kacang kedelai mampu menurunkan 3% kadar kolesterol jahat. Edamame adalah makanan yang dapat mencegah risiko penyakit jantung karena tinggi zat antioksidan dan tinggi serat.

Itulah tujuh makanan untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Imbangi konsumsi asupan tersebut dengan olahraga rutin agar kolesterol jahat dalam tubuh menurun dan risiko terkena penyakit jantung semakin kecil.


 
Tags:
#Jantung  #makanan untuk menurunkan risiko jantung 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article