sfidn - 8 Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah untuk Penderita Diabetes

8 Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah untuk Penderita Diabetes

sfidn.com – Makanan dengan indeks glikemik rendah akan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil karena diserap dan dicerna oleh tubuh secara perlahan.

Oleh karena itu, makanan dengan indeks glikemik rendah bagus untuk penderita diabetes, orang yang rajin berolahraga, orang yang ingin mengontrol berat badan, atau pun yang ingin menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Selain itu, makanan yang indeks glikemiknya rendah bisa membantu mengurangi stres pada insulin. Ini penting bagi penderita diabetes yang tubuhnya tidak dapat menggunakan insulin secara efisien.

Makanan dengan indeks glikemik rendah juga bisa memberikan energi yang lebih lama serta mengurangi rasa lapar berlebihan.

 

8 Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah untuk Penderita Diabetes

Makanan dengan indeks glikemik rendah memiliki nilai kurang dari 55. Semakin kecil angkanya maka karbohidrat yang ada di dalam makan tersebut akan diserap dan dicerna lebih lambat oleh tubuh sehingga tidak mengakibatkan lonjakan gula darah yang tiba-tiba.

Berikut adalah delapan makanan dengan indeks glikemik rendah yang aman untuk penderita diabetes.

 

1. Gandum Utuh

Gandum utuh (whole grains). seperti oats, barley, dan quinoa memiliki indeks glikemik yang rendah karena mengandung serat yang sangat tinggi. Serat dalam makanan dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah.

Dengan mengonsumsi gandum utuh secara teratur, Anda juga bisa menjaga kesehatan jantung dan pencernaan serta meningkatkan sensitivitas insulin.

 

2. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan, seperti almond, lentil, kacang hitam, kacang merah, dan chickpeas adalah sumber protein nabati dengan indeks glikemik yang rendah. Makanan ini juga kaya akan serat, folat, dan magnesium yang mampu membantu mengontrol kadar gula darah, mendukung kesehatan jantung, serta menurunkan kadar kolesterol jahat.

 

3. Ubi Jalar

Ubi jalar termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah yang aman untuk penderita diabetes, yakni sekitar 44-50. Kandungan serat dan antioksidan dalam ubi jalar bisa membantu tubuh menjaga gula darah yang stabil serta memberikan energi yang tahan lama.

 

Baca Juga:

8 Manfaat Beras Singkong sebagai Makanan Pengganti Nasi

 

4. Buah Apel

Buat apel memiliki indeks glikemik sekitar 36 sehingga menjadikannya salah satu buah atau makanan yang bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes atau pun mereka yang ingin menjaga berat badan.

Kandungan serat seperti pektin pada kulit apel dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam darah.

 

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, dan kale juga memiliki indek glikemik yang sangat rendah. Selain itu, sayur-sayuran dikenal dengan kandungan nutrisinya yang sangat beragam, seperti serat, vitamin, dan mineral yang tidak hanya membantu menjaga gula darah tetap stabil tapi juga mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

6. Beras Merah

Beras merah memiliki nilai indeks glikemik sekitar 50-55 sehingga termasuk ke dalam jajaran makanan dengan indeks glikemik rendah yang aman untuk penderita diabetes.

Kandungan serat pada beras merah mampu memperlambat penyerapan karbohidrat sehingga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Bisa dibilang, beras merah jauh lebih sehat dibandingkan dengan beras putih yang memiliki nilai indeks glikemik sekitar 70.

 

Baca Juga:

7 Jenis Beras yang Cocok untuk Anda Konsumsi saat Diet

 

7. Buah Pir

Seperti apel, buah pir juga termasuk ke dalam makanan dengan indeks glikemik rendah, yaitu sekitar 33. Buah ini kaya akan serat, terutama di bagian kulitnya yang dapat memperlambat penyerapan gula.

Buah pir juga mengandung banyak air sehingga mampu membantu menghidrasi tubuh dan mencegah dehidrasi.

 

8. Tomat

Tomat segar memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, yaitu hanya sekitar 15. Jika Anda mengalami diabetes atau pun ingin menurunkan berat badan, konsumsi tomat secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

Itulah delapan jenis makanan dengan indeks glikemik rendah yang bisa membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil sehingga aman untuk penderita diabetes.

Selain itu, makanan-makanan tersebut juga mampu memberikan perasaan kenyang lebih lama dan meningkatkan energi Anda sepanjang hari.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#Indeks Glikemik  #diabetes  #makanan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article