sfidn - 8 Makanan untuk Mempercepat Pemulihan Otot

8 Makanan untuk Mempercepat Pemulihan Otot

sfidn.com – Demi mempercepat proses pemulihan otot, ada dua hal utama yang harus Anda perhatikan. Pertama adalah istirahat dan kedua adalah makanan yang Anda konsumsi.

 

8 Makanan untuk Mempercepat Pemulihan Otot

Beristirahat akan memberi waktu bagi otot untuk meregenerasi diri setelah mengalami kerusakan akibat latihan fisik atau pun cedera. Sedangkan makanan yang bergizi akan memberikan nutrisi yang cukup bagi tubuh untuk mempercepat proses pemulihan.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh melewatkan waktu untuk beristirahat apalagi tidak mengonsumsi makanan yang bergizi setelah berolahraga.

Nutrisi dalam makanan yang Anda konsumsi setiap harinya memiliki peran yang sangat penting, seperti: 

  • Protein: Mengandung asam amino yang merupakan bahan bangunan utama untuk memperbaiki jaringan tubuh, termasuk sel-sel otot.
  • Karbohidrat: Mengisi kembali cadangan glikogen yang hilang saat berolahraga. Ini akan memberikan tubuh energi untuk meregenerasi otot.
  • Lemak: Membantu penyerapan vitamin dan mineral penting, seperti Vitamin A, D, E, K, dan beberapa senyawa lain yang larut dalam lemak.
  • Elektrolit: Menjaga keseimbangan cairan tubuh yang diperlukan dalam proses pemulihan.
  • Antioksidan: Melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

--- Related Article ---

 

Makanan untuk Memulihkan Otot

Pada dasarnya, hampir semua bahan pangan yang berasal dari alam itu sangat sehat karena mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Akan tetapi, tidak semua memiliki efektivitas yang tinggi untuk mempercepat pemulihan otot.

Di antara semua makanan yang bisa Anda konsumsi, delapan makanan berikut inilah yang cocok untuk memulihkan otot Anda.

 

1. Telur

Telur mengandung protein yang sangat tinggi sehingga dapat mendorong perbaikan sel otot yang rusak dengan cepat. Selain itu, telur juga mengandung vitamin B kompleks dan nutrisi lainnya yang mendukung metabolisme energi dengan optimal.

Mengonsumsi telur utuh, termasuk bagian kuning telur bisa memberikan nutrisi lengkap untuk mempercepat pemulihan dan membentuk otot yang lebih besar.

 

2. Dada Ayam

Dada ayam merupakan sumber protein yang sangat tinggi dan juga rendah lemak jenuh. Oleh karena itu, dada ayam bisa menjadi makanan yang ideal untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, termasuk otot.

Anda dapat memasak dada ayam dengan berbagai cara, seperti dipanggang, direbus, dikukus, atau pun ditumis untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat maksimal tanpa harus merasa bosan.
Beberapa orang juga ada yang mencampurkan dada ayam matang ke dalam suplemen olahraga seperti whey protein. Ini dianggap cara yang efisien untuk mengonsumsi banyak protein sekaligus tanpa kesulitan.

 

3. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, sarden, trout, dan lainnya mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang tidak hanya mendukung pemulihan otot tetapi juga memiliki efek anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada otot yang rusak.

Jika Anda adalah seorang vegan atau vegetarian, Anda bisa mendapatkan nutrisi yang serupa dari produk nabati, seperti bayam, brokoli, edamame, kol, asparagus, dan masih banyak yang lainnya.

 

4. Blueberry

Beberapa buah-buahan juga bisa membantu Anda mempercepat pemulihan otot. Salah satunya adalah blueberry.

Blueberry tidak hanya enak untuk dimakan tapi juga mengandung antioksidan tinggi, terutama antosianin yang membantu tubuh melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan pada otot setelah latihan.

Selain itu, blueberry juga mengandung Vitamin K dan mangan yang mana kedua senyawa ini mampu meningkatkan kesehatan tulang dan pembekuan darah yang sehat.

 

5. Semangka

Semangka kaya akan air, vitamin c, dan kalium. Perpaduan dari senyawa-senyawa tersebut dapat menghidrasi tubuh dengan baik serta mencegah peradangan dan kram pada otot.

Perlu Anda ketahui, tubuh yang dehidrasi atau kekurangan cairan tidak dapat melakukan transportasi nutrisi dan oksigen dengan optimal. Alhasil, jaringan tubuh yang rusak tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang cukup untuk memulihkan diri. Jadi, konsumsi semangka lebih banyak daripada biasanya.

 

6. Buah Bit

Buah bit mengandung  betalains (senyawa anti-inflamasi dan antioksidan) yang mampu mengurangi rasa sakit akibat otot yang rusak. Selain itu, kandungan nitrat dalam buah bit juga akan membantu meningkatkan aliran darah ke otot.

Oleh karena itu, buah bit yang dimakan langsung atau pun dijadikan minuman dapat membantu Anda memulihkan otot dengan lebih cepat.

 

7. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber karbohidrat kompleks yang akan memberikan energi bertahap dan bertahan lama. Kandungan nutrisi lainnya, seperti serat, Vitamin C, Vitamin E, kalium, dan betakaroten juga mendukung fungsi otot dan pemulihan yang efisien.

 

8. Kafein

Kafein yang terkandung dalam kopi, teh, minuman berenergi, atau pun suplemen tertentu memiliki peran penting dalam pemulihan otot. Zat stimulan ini tidak hanya meningkatkan aliran darah tapi juga mengurangi kelelahan dan rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan serta meningkatkan penyerapan glikogen.

Glikogen dibutuhkan oleh tubuh untuk memberikan energi tambahan, baik saat berolahraga atau pun saat pemulihan.

Meski demikian, Anda perlu memperhatikan reaksi tubuh terhadap pengonsumsian kafein. Beberapa orang mungkin akan mengalami efek sampi tertentu, seperti jantung berdebar, pusing, insomnia, dehidrasi, kecemasan, dan lain-lain. Jadi, bijaklah dalam mengonsumsi makanan atau pun minuman yang mengandung kafein tinggi.

 

Dengan mengonsumsi kedelapan makanan di atas secara teratur, Anda dapat mempercepat pemulihan otot dan meningkatkan performa atletik secara signifikan. Jadi, perhatikan apa yang Anda konsumsi. Hindari makanan yang tidak memiliki nilai gizi.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#Pemulihan Otot  #minuman  #makanan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article