sfidn - 8 Manfaat Minum Air Kelapa sebelum Olahraga

8 Manfaat Minum Air Kelapa sebelum Olahraga

sfidn.com – Minum air kelapa sebelum olahraga tidak hanya meningkatkan kesehatan tapi juga mendukung performa Anda selama olahraga.

Yuk, cari tahu apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan jika selalu minum air kelapa sebelum olahraga pada artikel berikut ini.

 

8 Manfaat Minum Air Kelapa sebelum Olahraga

Air kelapa adalah cairan berwarna bening yang terdapat di dalam buah kelapa. Minuman ini dikenal memiliki kalori yang cukup rendah tetapi kaya akan nutrisi yang bagus untuk tubuh.

Kalori dalam satu cangkir (240 ml) air kelapa, yaitu sekitar 45-60 kalori, tergantung pada tingkat kematangan buahnya.

Sedangkan kandungan nutrisi dalam air kelapa itu sangat beragam. Air kelapa mengandung kalium, natrium, magnesium, kalsium, serat, protein, antioksidan, dan gula alami.

Oleh karena itu, air kelapa sangat cocok dikonsumsi sebelum olahraga karena bisa memberikan sejumlah manfaat, seperti:

1. Mencegah Dehidrasi

Jumlah air dalam satu buah kelapa muda itu cukup banyak sehingga dengan meminumnya sebelum olahraga dapat mencegah Anda mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan.

Saat berolahraga, tubuh akan banyak kehilangan cairan melalui keringat dan minum air kelapa sebelum olahraga bisa menjaga kadar cairan tubuh dalam jumlah yang cukup sehingga kinerja dan performa Anda tetap maksimal.

Perlu Anda ketahui, dehidrasi bisa membuat Anda cepat lelah, menurunkan fungsi otot, dan bahkan meningkatkan risiko cedera.

 

2. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Minum air kelapa sebelum olahraga bisa membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh yang diperlukan untuk menjaga performa fisik selama latihan.

Contohnya, kalium penting untuk menjaga fungsi otot dan saraf, mencegah kram otot, mendukung kontraksi otot yang efisien, dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Natrium sangat penting untuk menjaga fungsi otot, mencegah dehidrasi, dan menjaga tekanan darah tetap stabil selama olahraga.

Magnesium akan membantu mengurangi kelelahan otot dan mendukung relaksasi otot setelah olahraga serta membantu metabolisme energi sehingga tubuh dapat menggunakan energi secara efisien.

Sedangkan kalsium berperan penting dalam kontraksi otot dan transmisi sinyal saraf. Kalsium dalam air kelapa akan memastikan bahwa otot Anda bekerja dengan baik.

 

3. Meningkatkan Fungsi Otot

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kandungan elektrolit dalam air kelapa, bisa membantu meningkatkan fungsi otot.

Oleh karena itu, minum air kelapa sebelum olahraga bisa membuat otot-otot Anda bekerja lebih keras dan lebih efisien serta Anda bisa terhindar dari kram otot atau pun cedera.

 

4. Meningkatkan Energi 

Minum air kelapa bisa meningkatkan energi sehingga Anda bisa berolahraga lebih keras atau lebih lama daripada biasanya.

Itu bisa terjadi karena air kelapa mengandung gula alami, seperti glukosa dan fruktosa yang mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Gula merupakan sumber energi utama yang akan meningkatkan stamina dan daya tahan.

 

5. Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan kalium dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah yang tinggi saat berolahraga bisa berbahaya karena membuat jantung harus bekerja ekstra untuk memompa lebih banyak darah supaya dapat menyalurkan oksigen yang cukup ke otot.

Apabila kondisi ini terjadi secara berkepanjangan maka dapat menyebabkan ketegangan pada otot jantung yang meningkatkan risiko gagal jantung.

Selain itu, tekanan darah yang tinggi juga bisa meningkatkan risiko pecahnya pembuluh darah  yang menyebabkan stroke.

Terakhir, tekanan darah yang terlalu tinggi bisa mengganggu aliran darah ke otot, ginjal, dan organ lainnya sehingga memicu berbagai gejala, seperti pusing, pingsan, bahkan kerusakan organ.

Oleh karena itu, minum air kelapa sebelum olahraga bisa menurunkan tekanan darah Anda dan meminimalkan risiko kesehatan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

 

6. Meningkatkan Aliran Darah

Air kelapa juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Ketika aliran darah lebih lancar maka oksigen dan nutrisi dapat lebih cepat disalurkan ke otot-otot yang bekerja selama olahraga sehingga performa fisik menjadi lebih optimal.

 

7. Mendetoks Tubuh

Air kelapa bersifat diuretik ringan sehingga dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga bisa membantu melawan radikal bebas yang dihasilkan oleh stres oksidatif selama olahraga. 

 

8. Mempercepat Proses Pemulihan Otot

Minum air kelapa sebelum olahraga bisa mempercepat proses pemulihan otot. Itu karena kandungan elektrolit dan nutrisi lainnya yang ada di dalam air kelapa dapat memperbaiki otot yang rusak serta mengurangi rasa sakit atau nyeri yang biasanya muncul setelah berolahraga (DOMS).

Itulah delapan manfaat yang bisa Anda dapatkan jika minum air kelapa sebelum olahraga. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya, ya.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#air kelapa 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article