sfidn - 8 Tips Makan Sehat untuk Anda yang Super Sibuk

8 Tips Makan Sehat untuk Anda yang Super Sibuk

sfidn.com - Ketika Anda sibuk, makan sehat bisa menjadi tantangan. Anda jadi bergantung pada makanan cepat saji atau menyantap camilan yang tidak sehat untuk menghilangkan stres. Tahukah Anda bahwa konsumsi makanan yang tidak sehat dan higienis akan berpengaruh buruk bagi tubuh dan tingkat energi?

Pola makan sehat adalah menu makanan yang bernutrisi bagi tubuh. Namun, nyatanya tidak semua orang tahu bagaimana cara makan yang sehat. Selain sulit untuk mengatur waktu, orang yang super sibuk tak punya banyak waktu untuk mencari tahu kandungan nutrisi setiap makanan yang disantap. Alhasil, Anda jadi makan sembarangan karena terlalu sibuk bekerja, mengurus rumah, bersosialisasi, dan melakukan aktivitas lainnya.

Makan sehat merupakan suatu hal yang mewah. Untungnya, makan dengan baik tidak harus menyita banyak waktu berharga. Anda hanya membutuhkan perencanaan. Berikut adalah beberapa tips yang telah SFIDN rangkum untuk menciptakan pola makan yang sehat.

sfidn-makanan-sehat-penuh-nutrisi

Jangan lewatkan sarapan

Sarapan adalah makanan terpenting dalam keseharian Anda. Terdapat beberapa alasan mengapa sarapan pagi tidak boleh dilewati, salah satunya adalah dapat mengurangi risiko obesitas dan mempermudah penurunan berat badan.

The Weight-control Information Network menunjukkan bahwa sarapan pagi tidak akan membuat Anda makan berlebihan sepanjang hari. Selain itu, melewatkan sarapan juga dapat memicu kebiasaan makan yang buruk. Tidak sarapan saat pagi hari akan berdampak negatif pada berat badan, Kesehatan hormonal, memori, kognisi, dan mood.

Banyak minum air putih

Meski sibuk, Anda tetap harus minum banyak air agar tetap terhidrasi. Tubuh membutuhkan air untuk menjalankan fungsinya dengan tepat, terutama fungsi otak. Saat mengalami dehidrasi, fungsi kognitif Anda akan menurun dan otak tidak akan bekerja secara efisien. Bawalah botol air yang dapat digunakan kembali jika bepergian.

Siapkan makanan sebelum beraktivitas

Anda bisa menyiapkan camilan dan makanan sebelum berangkat di pagi hari, terutama ketika akan pergi bekerja. Jika tidak punya waktu untuk menyiapkan makanan di pagi hari, Anda dapat menyisihkan waktu selama akhir pekan untuk menyiapkan makanan ringan dan makanan untuk satu minggu ke depan. Beli wadah plastik yang dapat didinginkan atau dibekukan. Ambil makanan setiap ingin beraktivitas keluar rumah. Dengan demikian, Anda tidak akan makan sembarangan dan bisa menghemat uang.

Hindari makan sambil bekerja

Multitasking terbukti memiliki pengaruh buruk bagi lingkar pinggang. Alih-alih mengunyah salad sambil mengerjakan proposal, kesampingkan pekerjaan Anda dan fokuslah sepenuhnya pada makanan.

Sebuah analisis yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menyimpulkan bahwa mengalihkan perhatian atau tidak memperhatikan suatu makanan cenderung membuat orang makan lebih banyak. Dengan fokus terhadap makanan yang sedang domakan, Anda akan konsumsi makanan lebih sedikit.

--- Related Article ---

Kemasi camilan sebelum bepergian

Anda bisa mengemas buah-buahan, sayuran atau kacang-kacangan untuk dimakan di siang hari. Beberapa ide camilan sehat adalah irisan apel dengan mentega almond, granola bars, dan lainnya.

Hal itu akan membantu Anda menghemat pengeluaran dalam jangka panjang. Selain itu, memakan camilan juga bisa mencegah makan berlebihan dan mengurangi makanan yang tidak padat nutrisi.

Pilih restoran yang menyajikan makanan sehat

Makan di restoran kadang menjadi pilihan bagi Anda yang sibuk beraktivitas. Untuk menghindari makanan tidak sehat, cobalah memilih hidangan yang mengandung sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Selain itu, perhatikan ukuran porsi yang ditawarkan.

Restoran seringkali menyajikan porsi yang terlalu banyak untuk dihabiskan oleh satu orang, jadi pilihlah hidangan dengan porsi pas. Untuk menghindari makan berlebihan, pertimbangkan pula membagi makanan dengan teman, minta porsi yang lebih kecil atau bawa pulang setengah porsi lainnya untuk dimakan di lain waktu.

Belanja bulanan dengan bijak

Saat berbelanja bulanan, pilihlah produk bahan makanan, seperti sayuran dan buah-buahan  organik. Selain itu, Anda juga direkomendasikan untuk membeli produk susu, daging, unggas, dan telur sehingga akan terpicu untuk membuat makanan sendiri. Hindari membeli makanan kemasan dan berpengawet dalam daftar belanjaan.

Pilih makanan berkualitas

Konsumsi makanan kemasan yang praktis sepanjang hari akan membuat Anda merasa lelah. Hal itu membuat Anda tidak bersemangat saat beraktivitas. Jenis makanan ini juga memiliki nutrisi yang minim.

Konsumsilah makanan utuh seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau sayuran sebanyak mungkin. Makanan utuh adalah makanan alami, makanan tersebut mengandung vitamin, mineral, dan serat yang tinggi. Makanan utuh juga memiliki senyawa alami sehat yang disebut phytochemicals, beberapa diantaranya merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika menjaga pikiran dan tubuh tetap sehat, Anda akan merasa lebih produktif dan memiliki energi lebih banyak sepanjang hari. Pada saat Anda menjaga diri sendiri, bukan hanya kesehatan yang diuntungkan, bisnis atau pekerjaan juga akan merasakan manfaatnya.

 

Referensi:

Rampton, J. (2015, May 5). 12 Ways to Eat Healthy No Matter How Busy You Are. Retrieved September 2020, from Entrepreneur Asia Pacific: https://www.entrepreneur.com/article/245770

Tarantola, C. (2018, June 3). 7 Ways to Eat Healthy No Matter How Busy You Are. Retrieved September 2020, from Pharmacy Times: https://www.pharmacytimes.com/contributor/christina-tarantola/2018/03/7-ways-to-eat-healthy-no-matter-how-busy-you-are

Yu, L. (2018, March 14). Tips for eating healthy with a busy schedule. Retrieved September 2020, from University Healthy Services - Berkeley University: https://uhs.berkeley.edu/news/tips-eating-healthy-busy-schedule

 

 


 
Tags:
#makanan berenergi  #makan sehat  #pola makan  #makanan bernutrisi 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article