sfidn - 9 Efek Samping Gym Bagi Wanita yang Perlu Diperhatikan

9 Efek Samping Gym Bagi Wanita yang Perlu Diperhatikan

sfidn.com – Saat ini, bukan hanya pria yang pergi ke tempat gym tapi juga wanita. Itu karena semakin banyak orang yang menyadari jika olahraga itu sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Manfaat olahraga bagi wanita juga sangat beragam, mulai dari menyehatkan jantung, mencegah diabetes, mengatur tekanan darah, memperkuat otot dan tulang, menjaga keseimbangan hormon, memperbaiki mood, hingga menurunkan berat badan.

Meski begitu, masih ada beberapa efek samping yang mungkin dialami oleh wanita ketika ia berolahraga di gym, apalagi jika dilakukan secara berlebihan.

Dengan memahami hal ini, Anda bisa lebih waspada agar tidak mengalami efek samping tertentu atau pun tidak merasakannya secara berkepanjangan supaya tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

 

9 Efek Samping Gym Bagi Wanita

Di tengah manfaat gym yang luar biasa, ada beberapa efek samping olahraga yang mungkin akan dirasakan bagi wanita.

Berikut adalah sembilan efek samping gym bagi wanita:

 

1. Nyeri Otot (DOMS)

DOMS atau Delayed Onset Muscle Soreness adalah efek samping pasca latihan di gym berupa nyeri otot yang muncul 24 hingga 48 jam setelah berolahraga.

Nyeri otot ini sering terjadi pada orang-orang yang baru mulai berlatih,  sedang meningkatkan intensitas latihan, atau pun mencoba jenis latihan baru.

DOMS menjadi tanda kalau tubuh sedang beradaptasi dengan latihan dan nyeri otot ini akan segera mereda dalam 2-3 hari atau lebih.

Jika Anda mengalami DOMS, Anda bisa melakukan peregangan ringan, mengompresnya dengan air hangat dan air dingin, minum banyak air, dan makan banyak protein.

 

Baca Juga:

Menjawab Semua Pertanyaan tentang Nyeri Otot Tertunda (DOMS)

 

2. Kulit Terasa Gatal

Gatal saat atau setelah olahraga merupakan hal yang biasa terjadi pada wanita maupun pria. Kondisi ini disebabkan oleh sirkulasi darah yang meningkat dan reaksi tubuh terhadap perubahan suhu. Keringat yang mengering di kulit juga dapat menyebabkan iritasi dan rasa gatal.

Bagi wanita yang sering berolahraga di gym dan tidak ingin mengalami kulit gatal atau pun iritasi sebaiknya menghindari pakaian yang terlalu ketat dan memastikan kulit tetap bersih setelah berolahraga.

 

3. Pusing dan Mual

Pusing dan mual sering muncul ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik atau ketika intensitas latihan terlalu tinggi. Pastikan untuk minum air yang cukup sebelum, selama, dan setelah berolahraga.

Faktor lain yang menyebabkan Anda merasa pusing dan mual saat atau setelah berolahraga, yaitu adanya ketidakseimbangan hormon. Jika Anda sedang menstruasi, sebaiknya lakukan latihan yang ringan saja.

 

4. Mengalami Pilek

Pernahkah Anda mengalami pilek saat berlari atau pun berolahraga? Ini bisa menjadi salah satu efek samping yang sering dirasakan oleh wanita.

Efek samping berupa pilek ini sering disebut sebagai rinitis akibat latihan yang terjadi karena Anda bernapas lebih dalam sehingga menghirup lebih banyak alergen. Contohnya, serbuk sari dari tanaman yang menyebabkan alergi (jika Anda berolahraga di luar ruangan) atau virus yang menempel pada peralatan olahraga.

Olahraga dengan intensitas tinggi juga dapat menurunkan daya tahan tubuh sementara sehingga membuat Anda lebih rentan terkena penyakit. 

Sebagai solusinya, bersihkan alat-alat olahraga sebelum digunakan, jaga pola makan yang sehat, dan istirahat dengan cukup agar sistem imun tetap kuat.

 

5. Keinginan untuk Buang Air Besar

Efek samping gym bagi wanita yang berikutnya adalah keinginan untuk buang air besar atau bahkan ada yang sampai mengalami diare.

Kondisi ini bisa terjadi karena gerakan tubuh yang intens saat berolahraga bisa menstimulus sistem pencernaan sehingga makanan terdorong dengan lebih cepat.

Beberapa orang juga mungkin mengalami diare setelah berolahraga karena makan terlalu dekat dengan waktu latihan.

Untuk menghindarinya, usahakan untuk makan dalam porsi kecil setidaknya 1-2 jam sebelum berolahraga dan hindari makanan berat yang sulit dicerna.

 

Baca Juga:

Cara Mengatasi Sembelit Tanpa Obat dengan 4 Latihan Berikut Ini

 

6. Cedera ACL

Cedera ligamen anterior cruciate (ACL) adalah salah satu cedera lutut yang paling umum dialami oleh wanita saat berolahraga. Terutama dalam aktivitas yang melibatkan gerakan cepat, seperti lari, melompat, atau memutar.

Wanita memiliki kemungkinan 2-10 kali lipat lebih besar untuk mengalami cedera ACL dibandingkan dengan laki-laki. 

Hal ini bisa terjadi karena wanita memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi, pelvis yang lebih lebar, sendi yang lebih longgar, dan takik yang lebih kecil.

Untuk mencegah cedera ACL, pastikan melakukan pemanasan yang cukup dan memperkuat otot-otot di sekitar lutut.

 

7. Nyeri Lutut

Nyeri lutut bisa terjadi akibat latihan gym yang terlalu berat atau teknik yang salah. Maka dari itu, sangat penting untuk mempelajari teknik atau gerakan yang benar dalam setiap latihan serta menghindari beban yang terlalu berat.

 

Baca Juga:

Mengatasi Nyeri Lutut dengan Latihan Berjalan Mundur

 

8. Keseleo

Keseleo sering terjadi saat seseorang kurang pemanasan atau melakukan gerakan yang salah saat berolahraga. Wanita lebih rentan mengalami kondisi ini karena tendon pergelangan kaki lebih kendur daripada pria.

Untuk mengurangi risiko keseleo, lakukan pemanasan sebelum memulai latihan dan selalu berhati-hati saat melakukan gerakan cepat.

 

9. Nafsu Makan Meningkat

Efek samping gym yang terakhir bagi wanita, yaitu mengalami peningkatan nafsu makan yang cukup signifikan. Kondisi ini bisa mengganggu usaha Anda untuk menurunkan berat badan.

Solusinya adalah mengatur asupan makanan dengan memilih camilan sehat setelah latihan dan menghindari makanan berkalori tinggi. 

 

Pada dasarnya, semua efek samping di atas bisa dihindari atau pun dikelola dengan baik agar tidak berkepanjangan sehingga Anda tidak perlu takut apalagi sampai tidak mau berolahraga.

Bagaimana pun, manfaat olahraga jauh lebih besar dan lebih penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Jadi, tetap berolahraga, ya!

 

--- Related Article ---


Referensi: 
Docvita, (2021), Are there any side effects of the gym for women?
Dr Anthony A Theodorides, The Benefits and Risks of Exercise in Women
Medium, (2023), What are the side effects of gym for women or girls?
 


 
Tags:
#gym  #efek samping 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article