sfidn - 9 Manfaat Latihan Lari Jarak Jauh, Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

9 Manfaat Latihan Lari Jarak Jauh, Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

sfidn.com – Lari jarak jauh kini menjadi bagian dari gaya hidup populer di kalangan masyarakat modern. Dari orang biasa sampai selebriti terkenal, banyak yang menjadikan olahraga ini sebagai rutinitas kebugarannya.

Fenomena ini bukan sekadar Fear of Missing Out (FOMO). Banyak dari yang sudah merasakan manfaat nyata dari aktivitas tersebut. Salah satu keuntungannya, yaitu peningkatan daya tahan tubuh yang signifikan.

Itu hanya satu dari sekian banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah rutin melakukan latihan lari jarak jauh. Selengkapnya, simak artikel berikut ini.

 

Apa Itu Lari Jarak Jauh dan Kategorinya?

Lari jarak jauh adalah jenis olahraga yang melibatkan kegiatan berlari dalam jarak yang lebih panjang dibandingkan lari jarak pendek atau pun menengah.

Jarak yang ditempuh untuk lari jauh, yaitu sekitar 5 km sampai 42,195 km. Olahraga ini sering kali diperlombakan dengan kategori jarak yang bervariasi.

 

Lomba lari jarak jauh dibagi menjadi lima kategori, yaitu:

  • 5K: Lomba lari jarak jauh ini menempuh jarak 5 kilometer. Biasanya dilakukan oleh pemula dan populer dalam acara amal atau komunitas.
  • 10K: Lomba lari jarak jauh ini menempuh jarak 10 kilometer. Umumnya dilakukan oleh pemula yang ingin meningkatkan kemampuan. Jarak ini juga sering diadakan dalam berbagai acara besar.
  • Half Marathon: Lari jarak jauh dalam kategori ini menempuh jarak sekitar 21,0975 kilometer. Cocok untuk menguji ketahanan.
  • Marathon: Lari marathon menempuh jarak sekitar 42,195 kilometer. Para peserta harus memiliki persiapan fisik dan mental untuk mengikuti perlombaan ini.
  • Ultra Marathon: Jenis lari jarak jauh ini menempuh jarak lebih dari 42,195 kilometer dan sering dilakukan di medan yang sulit, seperti bukit atau pegunungan. Para pesertanya adalah pelari profesional yang memiliki kekuatan dan daya tahan tingkat tinggi.

 

Baca Juga:

Apakah Sepatu Converse Bisa Dipakai untuk Lari?

 

9 Manfaat Latihan Lari Jarak Jauh

Anda tidak harus langsung mengikuti perlombaan untuk melakukan lari jarak jauh. Anda bisa berlatih terlebih dahulu selama beberapa waktu sampai fisik dan mental Anda siap. Dengan berlatih saja, Anda sudah bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

 

Berikut adalah sembilan manfaat utama dari latihan lari jarak jauh:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Lari jarak jauh termasuk ke dalam latihan kardiovaskular yang mampu meningkatkan kesehatan jantung dengan cara memperkuat otot jantung serta meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Ini dapat mencegah risiko penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan stroke.

 

2. Meningkatkan Kesehatan Paru-paru

Saat berlari dalam waktu yang lama, paru-paru didorong untuk bekerja lebih keras agar mampu menyediakan oksigen yang cukup ke seluruh tubuh.

Paru-paru akan melakukan dua pekerjaan utama, yaitu meningkatkan kapasitasnya agar ada lebih banyak oksigen yang disimpan serta melakukan efisiensi pernapasan agar tidak banyak oksigen yang terbuang percuma.

Oleh karena itu, latihan lari jarak jauh bisa meningkatkan kesehatan paru-paru Anda karena organ ini menjadi lebih kuat dan mampu menampung lebih banyak udara sehingga Anda bisa berlari lebih lama tanpa merasa kelelahan.

Hal ini juga yang akan mendorong Anda untuk memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat daripada sebelumnya.

 

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Lari jarak jauh merupakan cara yang efektif untuk membakar lemak dan kalori serta menurunkan berat badan. 

Ketika Anda berlari, tubuh membakar lemak sebagai sumber energi sehingga membantu mengurangi kadar lemak dalam tubuh. 

Selain itu, berlari juga dapat meningkatkan metabolisme yang berarti tubuh akan terus membakar kalori bahkan setelah latihan selesai.

 

Baca Juga:

6 Gerakan Pemanasan sebelum Lari agar Terhindar dari Cedera

 

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Lari jarak jauh tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik tapi juga kesehatan mental. Selama berlari, tubuh melepaskan endorfin, yaitu hormon yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. 

Banyak pelari yang menyetujui bahwa mereka merasa lebih bahagia dan lebih tenang setelah berlari dalam waktu yang cukup lama.

 

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Apakah Anda sering merasa lelah dan sulit melakukan sesuatu yang berat sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari? Jika benar, artinya Anda memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik.

Salah satu manfaat utama dari lari jarak jauh adalah meningkatkan daya tahan. Dengan rutin berlari, tubuh akan terbiasa dengan aktivitas fisik yang intens sehingga Anda akan merasa lebih kuat dan lebih bertenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari. 

Lari jarak jauh juga dapat meningkatkan stamina sehingga Anda dapat melakukan aktivitas fisik lainnya dengan lebih mudah tanpa cepat merasa lelah.

 

6. Menguatkan Otot dan Tulang

Lari jarak jauh melibatkan hampir semua otot tubuh, terutama otot kaki, paha, dan pinggul. Latihan ini dapat membantu memperkuat otot-otot tersebut serta meningkatkan kepadatan tulang yang sangat penting untuk mencegah osteoporosis dan masalah tulang lainnya. 

Selain itu, berlari dengan teknik yang benar juga dapat memperbaiki postur dan keseimbangan tubuh sehingga Anda tidak mudah terjatuh meski di medan atau lingkungan yang kurang stabil.

 

Baca Juga:

Osteoporosis dan Osteomalasia Tidak Sama, Begini Perbedaan Keduanya

 

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berlari secara rutin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga sel-sel kekebalan bisa bergerak lebih efisien ke seluruh tubuh untuk melawan berbagai jenis infeksi. 

Dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, Anda akan jarang sakit dan lebih cepat pulih jika terkena penyakit apa pun.

 

8. Memperbaiki Masalah Tidur

Manfaat lainnya dari latihan lari jarak jauh adalah membantu Anda untuk memperbaiki masalah tidur, seperti insomnia atau kualitas tidur yang buruk.

Ini bisa terjadi karena setelah olahraga, suhu tubuh yang naik akan segera turun. Penurunan suhu tubuh ini bisa menginduksi rasa kantuk dan mempersiapkan tubuh untuk tertidur. Selain itu, otot yang tegak menjadi lebih rileks dan ini bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak.

 

Baca Juga:

Apakah Lari Termasuk sebagai Latihan Leg Day?

 

9. Membangun Relasi dan Kemampuan Bersosialisasi

Dengan mengikuti lomba lari jarak jauh, Anda bisa membangun relasi dengan orang-orang baru yang turut mengikuti acara tersebut. Anda bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan dan jenis pekerjaan.

Di acara itu juga, Anda bisa belajar bersosialisasi sehingga Anda tidak takut untuk bertemu orang lain. Memiliki teman berlari juga dapat memberikan motivasi tambahan untuk tetap konsisten dalam latihan maupun perlombaan.

 

Itulah berbagai manfaat yang ditawarkan oleh latihan lari jarak jauh sehingga tidak heran jika banyak orang yang mulai menjadikannya bagian dari rutinitas olahraga maupun gaya hidup.

Jika Anda ingin mencobanya, pastikan untuk memulainya secara perlahan dan bertahap. Pahami tekniknya, pelajari gerakan pemanasan dan pendinginan, dan bagaimana cara agar tetap terhidrasi selama olahraga. Semua itu penting untuk menjaga kondisi tubuh Anda tetap prima. Selamat mencoba!
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#lari jarak jauh  #marathon 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article