sfidn - Aerobic Step: Definisi, Ukuran, Manfaat, dan Contoh Latihannya

Aerobic Step: Definisi, Ukuran, Manfaat, dan Contoh Latihannya

sfidn.com – Di artikel ini, kita akan membahas secara detail mengenai aerobic step, mulai dari definisi, ukuran yang tersedia, manfaat yang bisa didapatkan, contoh latihan, dan informasi penting lainnya.

 

Definisi Aerobic Step

Aerobic step adalah sebuah platform atau papan datar yang terbuat dari bahan plastik keras yang biasanya digunakan untuk berlatih aerobik.

Latihan menggunakan aerobic step melibatkan gerakan naik turun di atas platform secara berulang-ulang. Ketinggian alat dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Semakin tinggi platform maka semakin intens latihan yang dilakukan.

 

Sejarah Aerobic Step

Aerobic step ditemukan pada akhir 1980-an oleh Gin Miller, seorang pelatih kebugaran asal Amerika Serikat. Miller mengalami cedera lutut sehingga dokter menyarankannya untuk melakukan latihan naik-turun tangga sebagai rehabilitasi.

Akhirnya, Miller pun mengembangkan sebuah konsep latihan menggunakan platform rendah yang kemudian kita kenal sebagai “aerobic step”.

Latihan ini menjadi populer karena tidak hanya ramah pada sendi tapi juga dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dengan cara yang sederhana.

 

Baca Juga:

10 Olahraga yang Cocok untuk Penderita Radang Sendi

 

Ukuran Aerobic Step

Ukuran aerobic step sangat bervariasi sehingga Anda perlu memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan, kenyamanan, dan tingkat kebugaran agar hasil latihannya maksimal.

Ukuran aerobic step yang paling umum, yaitu memiliki panjang sekitar 90 cm, lebar 35 cm, dan tinggi 10-20 cm. Ukuran ini ideal untuk banyak orang dan sering digunakan dalam kelas aerobik.

Ada juga aerobic step ukuran mini dengan dimensi yang lebih kecil, yakni panjangnya sekitar 70 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 10 cm atau lebih rendah.

Kalau Anda mau yang lebih menantang, Anda bisa menggunakan aerobic step berukuran besar yang panjangnya bisa mencapai 100 cm atau lebih dan lebar 40 cm atau lebih. Ketinggiannya pun bisa disesuaikan hingga lebih dari 30 cm.

 

Manfaat Berlatih Menggunakan Aerobic Step

Berlatih menggunakan aerobic step setiap hari bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari aerobic step, di antaranya:

1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat paling utama dari penggunaan aerobic step adalah meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Berlatih dengan alat ini akan meningkatkan detak jantung yang bagus untuk melatih kekuatan otot jantung, melancarkan aliran darah, serta meningkatkan kapasitas paru-paru.

Dengan demikian, Anda akan memiliki jantung dan pembuluh darah yang sehat serta mendapatkan asupan oksigen yang cukup untuk menjalankan fungsi tubuh dengan optimal.

 

2. Membakar Kalori

Aerobic step workout mampu mendorong percepatan laju metabolisme tubuh yang berkaitan erat dengan proses pembakaran kalori menjadi energi.

Oleh karena itu, berlatih dengan aerobic step dapat membantu Anda membakar kalori dengan lebih efisien yang akan membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan stamina.

 

3. Melatih dan Meningkatkan Kekuatan Otot

Aerobic step secara khusus melatih otot tubuh bagian bawah, seperti paha depan, paha belakang, betis, dan pinggul sehingga dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahannya.

Jika dikombinasikan dengan latihan ketahanan atau penggunaan alat beban maka bisa melatih otot tubuh bagian atas, termasuk otot inti, punggung, tangan, dan bahu.

 

4. Meningkatkan Koordinasi dan Keseimbangan

Latihan dengan aerobic step memerlukan koordinasi yang baik antara gerakan tubuh bagian bawah dan tubuh bagian atas, terutama saat melakukan variasi gerakan yang lebih kompleks.

Setiap gerakan naik dan turun dari platform bisa membantu meningkatkan kesadaran tubuh yang berdampak pada meningkatnya koordinasi dan keseimbangan.

Koordinasi dan keseimbangan tubuh yang baik sangat penting untuk mencegah Anda terjatuh atau mengalami cedera. Terutama bagi orang dewasa dan lansia yang keseimbangannya mulai menurun.

 

5. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Berlatih dengan aerobic step dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh, terutama pada otot-otot kaki, pinggul, dan punggung bagian bawah.

Gerakan berulang akan meningkatkan jangkauan gerakan yang penting untuk mencegah cedera, memperbaiki postur tubuh, dan mempermudah aktivitas sehari-hari.

 

6. Meningkatkan Kekuatan dan Kepadatan Tulang

Setiap kali naik ke platform, Anda akan menempatkan beban tubuh pada tulang sehingga merangsang pembentukan tulang baru serta membantu mempertahankan kekuatan dan kepadatan tulang. Ini sangat penting untuk mencegah osteoporosis, terutama pada orang dewasa dan lansia.

 

7. Alat Latihan yang Ramah Sendi

Aerobic step adalah alat olahraga yang ramah sendi. Tidak seperti berlari atau melompat yang dapat memberikan tekanan berlebihan pada sendi yang memicu terjadinya cedera.

Dengan menggunakan alat ini, tekanan pada sendi lutut, pergelangan kaki, dan pinggul dapat berkurang sehingga aman untuk Anda yang tetap ingin berolahraga tanpa harus mengalami masalah pada persendian.

 

8. Alat Latihan yang Serbaguna

Aerobic step adalah alat yang sangat serbaguna karena dapat digunakan untuk berbagai jenis latihan, mulai dari latihan kardiovaskular hingga latihan kekuatan, ketahanan, dan stabilitas.

Anda bisa menggunakan alat ini untuk melakukan jenis latihan lainnya, seperti push-up, deadlift, burpees, lunges, dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga: 

Alat-alat Gym untuk Memperkuat Cengkeraman Tangan Anda

 

Contoh Latihan Aerobic Step

Ada banyak latihan yang bisa dilakukan menggunakan aerobic step. Anda bisa mulai dari latihan dasarnya terlebih dahulu sebelum mencoba variasi latihan yang lebih kompleks.

Contoh latihan aerobic step, di antaranya:

1. Basic Left and Right

Basic left and right adalah langkah dasar dalam latihan aerobic step. Gerakan ini bagus untuk meningkatkan koordinasi, keseimbangan, dan daya tahan kardiovaskular.

 

2. Turn Step Move

Turn step move adalah gerakan melangkahkan kaki secara bergantian ke atas platform lalu menurunkan satu kaki ke belakang kaki lainnya dan begitu seterusnya. Latihan ini bagus untuk meningkatkan keseimbangan dan rentang gerak kaki.

 

3. Step Up and Knee Raise

Step up and knee raise adalah salah satu gerakan populer menggunakan aerobic step untuk menguatkan otot kaki dan stabilitas inti.

 

4. Step Jump

Step jump adalah gerakan melompat dari lantai ke atas platform dan turun kembali ke lantai dengan lembut. Gerakan ini bisa meningkatkan kekuatan dan daya ledak otot kaki serta menyehatkan kardiovaskular.

 

5. Burpee Step-Up

Burpee step-up adalah gerakan burpee yang digabungkan dengan aerobic step untuk meningkatkan intensitas latihannya. Anda bisa meningkatkan kekuatan dan daya tahan seluruh tubuh dengan melakukan gerakan tersebut.

 

6. Lateral Step-Up

Lateral step-up adalah gerakan untuk melatih serta memperkuat otot paha luar dan paha dalam. Sekaligus meningkatkan keseimbangan dan stabilitas sisi tubuh.

Itulah semua hal yang perlu Anda tahu tentang aerobic step. Jika Anda memiliki akses ke peralatan tersebut, silakan untuk mencobanya.

 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#aerobic step 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article