sfidn - Akibat Berlebihan Melakukan Yoga, Efek Negatifnya Berbahaya bagi Anda

Akibat Berlebihan Melakukan Yoga, Efek Negatifnya Berbahaya bagi Anda

sfidn.com – Apabila melakukan yoga secara berlebihan maka akibat dari latihan ekstrem tersebut bisa berbahaya bagi diri Anda sendiri. 

Benar sekali, apa pun yang dilakukan secara berlebihan tentu tidak akan baik, kan. Termasuk melakukan yoga secara berlebihan. 

Salah satu hal yang paling mungkin terjadi, yaitu Anda akan mengalami cedera fisik yang parah. Akibat lainnya pun bisa saja Anda rasakan jika melakukan yoga berlebihan. Detail lengkapnya, simak artikel berikut ini. 

 

Baca Juga: 

Inilah 8 Akibat Jika Tubuh Kekurangan Protein, Pastikan Cukup!

 

Akibat Berlebihan dalam Melakukan Yoga

Seseorang yang sudah merasakan manfaat yoga secara langsung pasti akan sangat mencintai olahraga yang berasal dari India tersebut. 

Sayangnya, ada beberapa individu yang terlalu bersemangat melakukan yoga hingga melakukannya dengan intensitas yang berlebihan sehingga bukan manfaat yang didapat namun efek negatif yang dirasakan. 

Kami akan coba menjabarkan beberapa akibat yang mungkin terjadi apabila Anda berlebihan dalam melakukan yoga. 

 

1. Cedera Fisik yang Berlebihan

Salah satu risiko utama yang dapat terjadi akibat terlalu banyak melakukan yoga adalah cedera fisik. Latihan yoga yang berulang-ulang dalam posisi yang ekstrem atau intensitas yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan pada sendi, otot, dan jaringan tubuh lainnya. 

Cedera yang umum terjadi, yakni cedera pada lutut, pinggul, bahu, atau pergelangan tangan yang berdampak jangka panjang pada tubuh hingga memerlukan perawatan medis serius.

 

2. Akibat Yoga Berlebihan Bisa Membuat Anda Stres Mental

Yoga sering dianggap sebagai alat yang baik untuk menjaga kesehatan mental. Namun, ketika seseorang terlalu terobsesi dengan yoga dan menghabiskan terlalu banyak waktu dalam praktik ini maka dapat menyebabkan stres tambahan. 

Perasaan bersalah karena melewatkan satu sesi yoga atau ketidakpuasan dengan kemajuan fisik atau mental bisa menjadi sumber stres yang signifikan.

 

 

3. Kehilangan Keseimbangan dalam Hidup

Mengabdikan terlalu banyak waktu dan energi untuk yoga bisa membuat seseorang kehilangan keseimbangan dalam hidupnya. 

Meskipun yoga dapat membantu mencapai keseimbangan tapi terlalu fokus pada satu aspek kehidupan dapat mengganggu aspek lainnya, seperti hubungan sosial, pekerjaan, dan kegiatan lain yang juga penting. 

 

4. Akibat Yoga Berlebihan Menyebabkan Tekanan Sosial

Seringkali, tekanan sosial untuk terlihat atau berperilaku seolah-olah kita adalah praktisi yoga yang sangat berdedikasi dapat memicu seseorang untuk terlalu banyak melakukan yoga. 

Hal ini dapat mengarah pada kompetisi yang tidak sehat dan dorongan yang berlebihan untuk mencapai level tertentu dalam yoga yang pada akhirnya menghancurkan tubuh dan kehidupan Anda. Jadi, berhati-hatilah. 

 

--- Related Article ---

 

5. Kehilangan Tujuan Asli Yoga

Yoga memiliki tujuan dasar yang paling utama, yaitu meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental seseorang. 

Terlalu banyak berfokus pada aspek fisik atau prestasi dalam olahraga yoga dapat menyebabkan seseorang kehilangan tujuan asli yoga karena niatnya sudah tidak murni lagi. 

 

6. Akibat Yoga Berlebihan Menyebabkan Gangguan Makan

Ketika Anda berlebihan dalam melakukan yoga, Anda bisa saja mengalami gangguan makan yang ekstrem. 

Beberapa individu, termasuk Anda mungkin mulai membatasi makanan atau merasa perlu mengendalikan berat badan secara ekstrem karena idealisasi tubuh yang sering kali muncul dalam komunitas yoga.

 

 

7. Penurunan Sistem Kekebalan Tubuh

Yoga yang seharusnya dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat malah berbalik menyerang sistem imun tubuh jika Anda melakukan latihan secara berlebihan. 

Setiap hari berlatih tanpa memikirkan waktu istirahat dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh yang membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi.

 

8. Kerugian Finansial

Sebenarnya, yoga bukan olahraga yang mahal apabila Anda melakukannya secara otodidak di rumah. Namun, risikonya Anda tidak tahu apakah latihan dan gerakan yang Anda lakukan itu tepat atau tidak. 

Maka dari itu, Anda memutuskan untuk pergi ke pusat pelatihan maupun mengikuti komunitas yoga yang apabila dilakukan terlalu sering bisa menghabiskan uang Anda. 

 

Baca Juga: 

Inilah Berbagai Manfaat Buah Berry untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

 

9. Penurunan Performa dan Kekuatan

Terlalu banyak melakukan yoga tanpa memberikan tubuh waktu untuk pemulihan dapat menyebabkan kelelahan fisik dan mental yang berlebihan. 

Kehilangan hari-hari istirahat yang diperlukan untuk membiarkan otot-otot pulih secara optimal dapat mengarah pada penurunan performa dan kekuatan. 

Prinsip penting dalam praktik yoga adalah berlatih lalu memberikan waktu bagi tubuh untuk memulihkan diri. 

Apabila Anda melewatkan hari istirahat maka tubuh Anda menjadi rusak dan tingkat kesehatan menurun. Kalau sudah begitu, tidak akan mudah lagi untuk melakukan yoga di masa depan. 

 

10. Merasa Mual dan Pusing akibat Dehidrasi

Yoga sering melibatkan latihan pernapasan dan gerakan intens yang dapat menyebabkan peningkatan kehilangan cairan melalui keringat. 

Jika seseorang tidak cukup menggantikan cairan yang hilang selama praktik yoga yang berlebihan maka ini dapat mengakibatkan dehidrasi akut. 

Dehidrasi dapat menyebabkan gejala seperti mual, pusing, sakit kepala, dan penurunan performa fisik dan kognitif. 

Oleh karena itu, penting untuk menjaga hidrasi yang cukup selama dan setelah sesi yoga untuk menghindari dampak negatif dehidrasi terhadap tubuh.

 

Ingatlah bahwa yoga yang dilakukan secara berlebihan, akibatnya bisa sangat fatal bagi tubuh dan kesehatan Anda di masa depan. 

Sekarang mungkin Anda tidak merasakannya tapi masa itu akan datang jika Anda tidak mengendalikan latihan Anda dengan baik. Jadi, perhatikan dengan saksama apa yang sudah kita bahas tadi. Salam sehat!


 
Tags:
#Yoga 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article