sfidn - Apa Itu LISS Cardio? Ini Manfaat dan Jenis Olahraganya!

Apa Itu LISS Cardio? Ini Manfaat dan Jenis Olahraganya!

sfidn.com - Kardio adalah olahraga yang dikenal paling ampuh untuk menurunkan berat badan. Nyatanya, ada dua jenis kardio yang bisa dijadikan latihan untuk pembakaran kalori, yaitu low intensity steady state (LISS) dan high intensity interval training (HIIT).

LISS adalah metode latihan kardiovaskular yang dilakukan dengan aktivitas aerobik dengan intensitas rendah hingga sedang untuk periode yang panjang dan intensitas tinggi. LISS dilakukan dalam jangka waktu 20—45 menit. Jika tujuan utama latihan adalah menghilangkan banyak lemak, Anda harus melakukan latihan kardio LISS setidaknya tiga kali dalam seminggu. 

Ini adalah latihan yang lambat, namun tetap terkontrol. Kemungkinan cedera sangat kecil. Latihan LISS dapat dilakukan setiap hari karena persendian dan otot akan berfungsi statis. Selain itu, pemulihan lebih mudah dibandingkan latihan lainnya. Latihan ini dapat dilakukan di mana saja tanpa perlu pergi ke tempat gym

Ada beragam manfaat LISS cardio. Berikut beberapa manfaat LISS yang telah SFIDN rangkum.

Manfaat LISS Cardio yang Harus Anda Ketahui

 

sfidn-liss-cardio-1

 

1. Cocok untuk pemula 

Latihan kardio dengan intensitas rendah cocok dilakukan oleh para pemula dengan tujuan menurunkan berat badan. Gerakan-gerakan dalam LISS cardio umumnya dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa pelatih. 

2. Menurunkan tekanan darah

LISS terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada penelitian Hua Lin. Latihan dapat diawali dengan berjalan sejauh 0,8 km/hari. Aktivitas tersebut dilakukan sebanyak 4 kali/minggu. 

3. Baik untuk jantung

Latihan LISS bermanfaat untuk menjaga detak jantung sekitar 50—65% dari detak jantung maksimum. Namun, hal itu perlu diimbangi dengan pola makan sehat dan latihan dalam jangka waktu yang panjang.

--- Related Article ---

4. Membantu pembakaran lemak

Latihan LISS dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai bahan bakar selama latihan. Selain itu, menurut sebuah studi tahun 2014, latihan LISS terus menerus lebih efektif meningkatkan distribusi lemak daripada HIIT.

5. Pemulihan tubuh lebih cepat

Ketika melakukan LISS cardio, pemulihan akan lebih mudah dilakukan karena latihan ini dapat menurunkan tekanan darah secara perlahan.  Anda juga bisa menggunakan LISS sebagai pemulihan dari latihan intensitas tinggi. 

Jenis Olahraga LISS Cardio 

Ada beragam jenis latihan LISS cardio yang bisa Anda lakukan sendiri. Berikut beberapa di antaranya: 

  • Berenang
  • Bersepeda
  • Jogging 
  • Hiking 
  • Mendayung

 
Tags:
#Olahraga Kardio  #liss cardio  #liss adalah 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article