sfidn - Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Kalori?

Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Kalori?

sfidn.com – Pernahkan Anda berpikir apa jadinya jika tubuh kekurangan kalori? Meski hal ini jarang terjadi kecuali Anda sedang diet ekstrem atau mengalami suatu penyakit tertentu, namun ada baiknya jika Anda memahami hal tersebut agar bisa menghindar dari hal-hal yang merugikan.

Artikel ini akan mengupas tuntas tentang apa saja yang bisa terjadi jika tubuh kekurangan kalori dan memastikan Anda mengetahui tanda-tandanya. Jadi, simak sampai selesai, ya.

 

Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Kalori?

Kalori merupakan unit pengukuran energi yang penting bagi tubuh manusia. Tubuh membutuhkan kalori untuk menjalankan fungsinya dengan baik dan ini bisa didapatkan melalui pengonsumsian makanan dan minuman.

Manusia membutuhkan kalori untuk berbagai keperluan, seperti menjalankan metabolisme basal dan sistem pernapasan, mendukung aktivitas fisik dan kognitif, serta mendorong pertumbuhan, perkembangan, dan perbaikan jaringan tubuh. 

Pria dewasa membutuhkan sekitar 2.200-3.000 kalori, sedangkan wanita dewasa sekitar 1.800-2.400 kalori setiap harinya untuk memastikan fungsi-fungsi tubuh berjalan dengan optimal.

Namun, ketika tubuh kekurangan kalori, serangkaian perubahan akan terjadi dan dapat mempengaruhi kesehatan serta kinerja tubuh secara keseluruhan. 

 

Berikut adalah hal-hal apa saja yang terjadi jika tubuh Anda kekurangan kalori.

 

1. Penurunan Berat Badan secara Bertahap

Kekurangan kalori atau pun defisit kalori adalah penyebab utama dari penurunan berat badan seseorang. Saat tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup dari makanan, ia akan menggunakan cadangan energi dalam bentuk lemak dan otot. Inilah yang akan menyebabkan penurunan berat badan secara bertahap.

 

2. Penurunan Metabolisme

Tubuh merespons kekurangan kalori dengan mengurangi tingkat metabolisme untuk menghemat energi. Ini adalah respons alami tubuh untuk melindungi diri dari kelaparan. 

Penurunan metabolisme ini dapat membuat Anda lebih sulit untuk menurunkan berat badan di kemudian hari sehingga mengganggu upaya untuk menjaga berat badan yang ideal.

 

3. Gangguan Fungsi Otak

Kekurangan kalori bisa menyebabkan gangguan pada fungsi otak dan emosional, seperti menurunkan konsentrasi, memori, dan suasana hati, Itu bisa terjadi karena otak membutuhkan energi untuk menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik. 

 

4. Penurunan Energi dan Kelelahan

Kalori adalah sumber utama energi bagi tubuh. Kekurangan kalori akan menyebabkan penurunan energi dan membuat Anda merasa cepat lelah. Hal ini dapat memengaruhi produktivitas sehari-hari dan membatasi kemampuan untuk melakukan aktivitas dengan lancar.

 

5. Memicu Berbagai Masalah Kesehatan

Kekurangan kalori yang berkepanjangan dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti osteoporosis, gangguan menstruasi pada wanita, penurunan sistem kekebalan tubuh, dan gangguan jantung. Kondisi ini dapat terjadi karena tubuh kekurangan nutrisi penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

 

6. Gangguan Sistem Pencernaan

Kekurangan kalori dapat menyebabkan gangguan dalam sistem pencernaan, salah satunya sembelit. Ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan serat maupun nutrisi penting lainnya. Selain itu, tubuh juga bisa mengalami masalah penyerapan nutrisi karena kurangnya kalori yang masuk.

 

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Kalori

Ada beberapa tanda yang menunjukkan jika tubuh Anda kekurangan kalori, seperti:

  • Penurunan berat badan yang signifikan
  • Kelelahan dan kekurangan energi
  • Penurunan kinerja fisik dan mental karena tubuh kekurangan energi
  • Sering sakit karena sistem kekebalan tubuh menurun
  • Gangguan fungsi hormonal, seperti siklus menstruasi yang tidak teratur
  • Emosi menjadi tidak stabil, misalnya mudah marah, sering tersinggung, dll
  • Perubahan perilaku makan
  • Adanya Penurunan massa otot
  • Mengalami Gangguan pencernaan

 

Kelebihan kalori memang tidak bagus bagi tubuh tapi kekurangan kalori pun bukan hal yang baik karena tubuh rentang kekurangan gizi serta nutrisi yang penting untuk menjalankan fungsinya dengan benar. Anda mungkin bisa menjadi kurus tapi akan sering sakit-sakitan.

Sebaiknya, tetap penuhi jumlah kalori harian Anda sesuai dengan kebutuhan tubuh dan lebih rajin berolahraga agar Anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#kalori 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article