sfidn - Apakah Sepatu Lari Boleh Dipakai untuk Angkat Beban?

Apakah Sepatu Lari Boleh Dipakai untuk Angkat Beban?

sfidn.com - Salah menggunakan sepatu saat angkat beban bisa membuat hasil latihan menjadi tidak maksimal. Bahkan, Anda rentan mengalami cedera atau terluka karena alas kaki yang tidak tepat.

Kemudian, muncul sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan penggunaan sepatu lari untuk angkat beban. Apakah boleh dan aman dilakukan atau tidak? Yuk, cari tahu jawabannya pada artikel berikut ini.

 

Apakah Sepatu Lari Boleh Dipakai untuk Angkat Beban?

Jawabannya sangat sederhana. Dari namanya saja, kita sudah bisa menebak kalau sepatu lari tidak digunakan untuk jenis olahraga lain, termasuk angkat beban.

Sepatu lari dirancang untuk memberikan dukungan, kenyamanan dan perlindungan saat berlari. Fitur utama dari sepatu ini adalah bantalan empuk di sol bagian tengah.

Sol empuk yang ada pada sepatu lari akan menyerap benturan berlebih pada kaki saat menyentuh tanah sehingga meminimalkan risiko cedera pada sendi kaki, terutama lutut dan pergelangan kaki.

Bentuk dari sol sepatu lari juga dibuat agak melengkung untuk mendukung gerakan alami kaki sehingga penggunanya bisa bergerak maju dengan lebih mudah dan menunda kelelahan.

Semua fitur dari sepatu lari tersebut sangat tidak cocok untuk melakukan angkat beban, seperti deadlift, squat, atau yang lainnya. Latihan ini memerlukan sepatu yang lebih stabil, datar, dan keras untuk mendistribusikan berat secara merata.

Sepatu yang digunakan untuk angkat beban harus mampu menjaga keseimbangan tubuh. Sepatu tersebut harus bisa mencegah terjadinya pergeseran atau goyangan yang membuat teknik, postur tubuh, dan proses pengangkatan beban menjadi terganggu.

 

Baca Juga:

Apa Itu Deadlift dan Cara Melakukannya dengan Benar?

 

Sepatu yang Cocok untuk Angkat Beban

Daripada menggunakan sepatu lari, Anda bisa mencoba beberapa jenis sepatu untuk angkat beban, seperti:

  • Weightlifting shoes: Sepatu angkat besi yang memiliki sol keras dan datar sehingga memberikan stabilitas yang maksimal.
  • Cross-training Shoes: Sepatu ini didesain untuk berbagai aktivitas di gym, termasuk angkat beban.
  • Flat Shoes: Sepatu datar seperti Converse atau Vans bisa jadi alternatif lain untuk digunakan saat latihan angkat beban.
  • Barefoot Shoes: Ini adalah sepatu yang memiliki sensasi “bertelanjang kaki” karena solnya yang sangat tipis sehingga lebih aman untuk latihan angkat beban dibandingkan sepatu lari.

 

Baca Juga:

Apakah Sepatu Converse Bisa Dipakai untuk Lari?

 

Kesimpulan

Ingatlah bahwa alas kaki memiliki peran yang sangat penting dalam olahraga apa pun. Kehadirannya tidak hanya melindungi kaki dari benda asing tapi juga memberikan dukungan dan kenyamanan saat bergerak, termasuk menurunkan risiko cedera.

Sepatu lari sebaiknya tidak digunakan untuk angkat beban karena desainnya membuat posisi tubuh kurang stabil dan mudah bergeser. Sedangkan saat mengangkat beban, posisi tubuh Anda harus tetap stabil dan kokoh agar postur dan gerakan tidak melenceng dari yang seharusnya.

Pilihlah sepatu dengan sol yang lebih datar, kokoh, dan keras agar postur tubuh tetap seimbang dan mengurangi tekanan pada sendi selama latihan angkat beban.

Anda bisa menggunakan sepatu angkat besi, Converse, Vans, cross training, atau pun barefoot shoes untuk melakukan angkat beban dengan aman dan nyaman.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#lari  #Angkat Beban  #sepatu 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article