sfidn - Badan Terasa Gatal setelah Olahraga Mungkin Ini Penyebabnya

Badan Terasa Gatal setelah Olahraga Mungkin Ini Penyebabnya

sfidn.com – Badan terasa gatal setelah olahraga sebenarnya bukan hal yang aneh karena banyak orang seperti Anda yang juga pernah merasakannya. 

Ada alasan ilmiah yang dapat menjelaskan mengapa tubuh terasa gatal setelah olahraga yang paling utama, yakni adanya peningkatan sirkulasi darah setelah Anda berolahraga. 

 

Baca Juga: 

Membakar Kalori dengan Lebih Cepat, 6 Faktor Ini Jadi Penentunya


5 Penyebab Utama Badan Terasa Gatal setelah Olahraga

Satu penyebab bukan berarti sama untuk semua orang. Banyak penyebab lain yang mungkin menjadi alasan mengapa badan Anda terasa gatal setelah berolahraga. Mari kita bahas kelima hal tersebut satu per satu. 

 

1. Peningkatan Sirkulasi Darah

Saat kita berolahraga, jantung memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh untuk memasok oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh otot. 

Hal tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan aliran darah dan perubahan suhu yang menyebabkan beberapa orang merasakan gatal di tubuhnya. 

2. Reaksi Alergi

Beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi terhadap faktor-faktor tertentu yang terlibat dalam aktivitas fisik, seperti keringat, pakaian olahraga, atau  bahan kimia pada produk-produk perawatan kulit yang digunakan sebelum berolahraga. 

Reaksi alergi ini dapat memicu pelepasan histamin yang akan membantu jalannya sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. 

Pelepasan histamin dapat menyebabkan pembuluh darah melebar sehingga menciptakan sensasi gatal ketika Anda berolahraga.  

 

--- Related Article ---

 

3. Keringat dan Garam

Saat berolahraga, tubuh kita menghasilkan lebih banyak keringat untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil. Keringat mengandung garam dan elektrolit lainnya yang dapat mengiritasi kulit jika tidak dibersihkan dengan baik. 

Garam yang tersisa di kulit dapat menghilang secara alami saat keringat mengering dan proses ini dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit Anda. 

4. Tekanan dan Gesekan

Selama olahraga tertentu, seperti lari atau bersepeda, kulit bisa mengalami gesekan dan tekanan berulang dari pakaian atau alat olahraga. 

Hal ini dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan sensasi gatal. Menggunakan pakaian olahraga yang pas dan nyaman serta menggunakan krim anti-gesekan dapat membantu mengurangi risiko iritasi.

 

Baca Juga:

6 Jenis Diet Paling Populer di Indonesia, Pernah Coba yang Mana? 

 

5. Dehidrasi

Ketika Anda berolahraga, Anda akan kehilangan cairan tubuh melalui keringat. Dehidrasi dapat mengurangi kelembapan alami kulit Anda sehingga menjadikannya lebih rentan terhadap iritasi dan rasa gatal. 

Penting untuk memastikan bahwa Anda tetap terhidrasi dengan baik sebelum, selama, dan setelah olahraga.

 

Secara keseluruhan, sensasi gatal setelah olahraga adalah fenomena umum yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. 

Jika Anda sering mengalami gatal yang tidak normal atau mengganggu setelah berolahraga, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit. 

Mereka dapat membantu mengidentifikasi penyebab spesifik serta memberikan saran tentang cara mengurangi atau menghindari sensasi gatal ini di masa mendatang.***

 

Referensi: 
www.healthline.com 
 


 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article