sfidn - Beda Pembakaran Lemak, Berenang VS Lari

Beda Pembakaran Lemak, Berenang VS Lari

sfidn.com - Olahraga beranang dan lari termasuk dalam jenis olahraga kardio yang mampu membakar lemak dan menurunkan berat badan. lantas, jika keduanya mampu mebakar lemak, olahraga manakah yang lebih efektif?

Mana yang Lebih Efektif Bakar Lemak: Berenang atau Lari?

Pada dasarnya, olahraga kardio dilakukan demi meningkatkan detak jantung. Susunan jantung yang terdiri dari berbagai otot diharuskan untuk bisa terus bergerak agar bisa lebih kuat lagi. Jika otot jantung yang kamu miliki kuat, maka aliran darahpun akan lebih cepat mengalir sehingga aliraran oksigen ke dalam sel-sel otot menjadi lebih banyak. Hal tersebut akan mampu memaksimalkan kerja sel otot dalam membakar kalori, baik selama berolahraga maupun saat istirahat.

Para peneliti mengungkapkan bahwa tingginya intensitas yang dilakukan sesorang menentukan jumlah kalori yang terbakar. Sebagai contoh, kalau berat badanmu saat ini adalah 73 kg, dan jogging selama 30 menit dengan intensitas sedang, maka tubuhmu mampu membakar sekitar 250 kalori. Semakin tingginya intensitasmu dalam berlari, maka kalori yang terbakar akan meningkat sebanyak 365 kalori dengan durasi waktu yang sama. Itu berarti, kamu bisa menurunkan berat badan hampir setengah kilogram jika bisa membakar 3.500 kalori.

Lantas, bagaimana dengan olahraga renang? Saat kamu berada dalam air, maka detak jantungmu akan melambat. Para peneliti melaporkan bahwa olahraga jogging yang sangat intens akan mampu membakar 1.553 kalori perjam pada mereka yang memiliki berat 85 kg, sedangkan berenang hanya mampu membakar 949 kalori perjam saja.

Selain itu, berlari akan mampu membakar kalori saat berolahraga sampi dengan 18 jam setelahnya. Sedangkan berenang hanya akan membantu kamu membakar kalori saat berenang saja. Namun saat kamu naik ke daratan, maka tubuhmu akan berhenti untuk membakar lemak. Hal tersebut dikarenakan suhu udara mempengaruhi suhu tubuh, namun tidak untuk air. Jika suhu tubuhmu lebih tinggi, maka kalori dan lemak yang terbakar akan lebih banyak, sampai 18 jam lamanya setelah berolahraga.

--- Related Article ---

Jadi, Olahraga Mana yang Lebih Efektif?

Jika merujuk pada pembahasan di atas, maka olahraga lari menjadi lebih efektif untuk membakar lemak ketimbang berenang. Jantung dan metabolisme tubuhmu akan bekerja lebih cepat dan lebih lama dari pada berenang dalam air.  Tapi kelebihannya adalah, berenang mampu membangun massa otot dari pada olahraga lainnya, karena tekanan air yang mampu membatasi gerak yang diciptakan oleh otot.

Diluar dari semua itu, banyaknya lemak yang terbakar berbanding lurus dengan intensitas, durasi olahraga, serta efisiensi gerakan Anda. Selain itu, yang perlu dicatat adalah pria akan mampu membakar lemak lebih muda dari pada wanita dan pria pun rata-rata memiliki massa otot yang lebih banyak dua kali lipat dari pada wanita walaupun dengan berat badan yang sama.


 
Tags:
#olahraga  #bakar lemak 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article