sfidn - Berapa Bonus Medali Emas Olimpiade 2024 yang Disiapkan Jokowi?

Berapa Bonus Medali Emas Olimpiade 2024 yang Disiapkan Jokowi?

sfidn.com – Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa atlet yang berhasil mendapatkan medali emas di Olimpiade 2024 akan mendapatkan bonus yang sepadan. Hingga saat ini, Indonesia telah mendapatkan dua medali emas dan satu perunggu.

Presiden juga merasa senang dengan perolehan medali emas yang telah berhasil didapatkan oleh atlet Indonesia.

"Ya, saya sangat senang, sangat mengapresiasi," ujar Presiden Jokowi setelah menghadiri acara Penyerahan SK TORA dan Peninjauan Expo Festival LIKE 2 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (9/8/2024).

Jokowi menambahkan bahwa masyarakat Indonesia sangat bangga dengan prestasi yang berhasil diraih oleh Veddriq Leonardo di cabang olahraga (cabor) panjat tebing dan Rizki Juniansyah di cabor angkat besi. 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga mengungkapkan bahwa pemerintah sedang menyiapkan bonus untuk para atlet yang berprestasi di Olimpiade. 

"Ya, saya juga akan baru anu apa tahu, nanti dibicarakan yang jelas nanti ada bonus," kata Jokowi.

Foto: Logo Olimpiade Paris 2024

 

Veddriq Leonardo, atlet Panjat Tebing Speed Putra yang berasal dari Pontianak ini berhasil meraih medali emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Ia memenangkan pertandingan final dengan catatan waktu 4,75 detik, unggul tipis 0,02 detik dari lawannya asal Tiongkok, Wu Peng yang mencatat waktu 4,77 detik. 

Sejarah baru pun tercipta lewat tangan Veddriq karena ini menjadi medali emas pertama di luar cabor Bulu Tangkis sepanjang keikutsertaan Indonesia di Olimpiade.

Tak lama berselang, atlet angkat besi Rizki Juniansyah pun menyusul dengan mempersembahkan medali emas yang kedua bagi Indonesia.

Rizki yang baru berusia 21 tahun tampil cemerlang di cabang olahraga Angkat Besi nomor 73 kg dengan total angkatan sebesar 354 kilogram, unggul 8 kilogram dari pesaing terdekatnya, yaitu Weeraphon Wichuma dari Thailand.

Angkatan Clean & Jerk Rizki yang mencapai 199 kg juga berhasil memecahkan rekor Olimpiade yang sebelumnya dipegang oleh atlet asal China, Shi Zhiyong. 

Selain dua medali emas, Indonesia juga memperoleh medali perunggu yang diraih oleh Gregoria Mariska Tunjung di cabor bulu tangkis tunggal putri. Gregoria berhasil meraih perunggu setelah lawannya, Carolina Marin dari Spanyol memilih mundur akibat cedera.

Dengan pencapaian yang luar biasa tersebut, Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah berpeluang mendapatkan bonus besar dari pemerintah.

 

Foto: Menpora Dito Ariotedjo

 

Meski besaran bonus untuk Olimpiade Paris 2024 belum diumumkan secara resmi tapi jika berkaca pada Olimpiade Tokyo 2020, peraih medali emas individu mendapatkan bonus sebesar Rp 5,5 miliar, sedangkan peraih medali perunggu mendapatkan Rp 1,5 miliar.

Menpora Dito Ariotedjo menyebutkan bahwa bonus untuk peraih medali di Olimpiade Paris 2024 kemungkinan akan lebih besar dibandingkan sebelumnya. 

"Kita bisa lihat tren, bagaimana SEA Games 2023 kemarin dan Asian Games 2023 kemarin, angka bonusnya lebih dari sebelumnya. Jadi kita lihat tren, pasti terkait bonus itu kita akan minta arahan bapak Presiden RI Joko Widodo. Dan kita berharap ini bisa memecah sejarah di perhelatan Olimpiade Paris 2024," ucap Dito.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#atlet  #olimpiade  #jokowi 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article