sfidn - Cara Menurunkan Kolesterol Secara Efektif

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Efektif

sfidn.com - Kolesterol merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam proses metabolisme. Tapi, kalau kadar kolesterol tersebut berlebihan, maka hal tersebut akan memilki dampak yang buruk bagi kesehatan. Untuk itu, Anda harus menurunkan kadar kolesterol jahat dengan cara berolahraga secara rutin. Umumnya, standar kadar kolesterol yang baik untuk ada di tubuh kita secara total adalah 200 mg/dl. Untuk kolesterol tipe LDL (low-density lipoprotein) level normal, standarnya adalah sebanyak 130-159 mg/dl. Sedangkan standar HDL (high-density lipoprotein) nya adalah lebih baik di atas 60 mg/dl. Untuk itu, lakukanlah olahraga berikut ini untuk menurunkan kadar kolesterol Anda.

1. Latihan Kardio

Melakukan latihan kardio ataupun aerobik akan sangat membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Lakukanlah latihan kardio seperti jogging, berenang, atau bersepeda. Jika Anda lebih suka melakukan olahraga kardio di tempat gym, Anda bisa mencoba alat treadmill, elliptical machine ataupun step machine. Anda juga bisa ikut melakukan senam zumba agar olahraga Anda bisa lebih menyenangkan.

2. Latihan Beban

Seorang ahli kardiologi, bernama John Higgins mengatakan bahwa mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi bisa melakukan latihan beban. Otot, kekuatan dan lipid profile Anda akan meningkat dengan melakukan latihan beban. Setelah itu, Dr Barry A. Franklin dari Rumah Sakit William Beaumont yang berasal dari Michigan menjelaskan bahwa latihan beban bisa meningkatkan kardiovaskular, termasuk menurunkan LDL, meningkatkan HDL dan juga menurunkan tekanan darah Anda.  Untuk itu, di bawah ini adalah tips agar latihan yang Anda lakukan bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dengan sinifikan. 

  • Rutin

Lakukanlah olahraga secara rutin setiap hari agar bisa menurunkan LDL. Lakukanlah olahraga latihan angkat beban atau kardio minimal tiga kali dalam seminggu atau minimal 150 menit setiap minggunya. Kalori yang terbakar dalam tubuh akan berbanding lurus dengan penurunan LDL serta peningkatan kadar HDL.

  • 30 menit setiap Latihan

Melakukan latihan minimal 30 menit perhari akan mampu meningkatkan kadar HDL. Seorang ahli anestesi bernama Paul B. Langevin MD dari University Hospital Philadelphia mengatakan bahwa melakukan latihan seperti jalan kaki 15 menit pagi hari dan 15 menit lari atau bersepeda di sore hari akan membuat Anda merasa lebih bahagia.

--- Related Article ---
  • Langkah

Usahakanlah melakukan 10 ribu langkah kaki setiap hari, Anda bisa menggunakan smartphone atau smartwatch Fits V2 untuk merekam jarak langkah kaki Anda. Cara lain agar kadar kolesterol Anda bisa terkontrol adalah dengan menggunakan suplemen, salah satunya adalah dengan menggunakan suplemen L-Carnitine, suplemen ini sangat efektif menurunkan kadar kolesterol.

Itulah cara-cara menurunkan kolesterol secara efektif. Semoga cara ini bisa membantu, Terimakasih.


 
Tags:
#latihan  #kolesterol 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article