sfidn - Efek Samping L-Glutamine yang Perlu Anda Waspadai

Efek Samping L-Glutamine yang Perlu Anda Waspadai

sfidn.com – L-Glutamine adalah salah satu dari 20 asam amino yang menjadi bahan penyusun protein. Asam amino ini juga bertugas untuk memperbaiki jaringan yang rusak, menjaga kesehatan sistem pencernaan, memperkuat sistem kekebalan, dan membuang produk limbah seperti amonia dari tubuh.

 

Efek Samping L-Glutamine yang Perlu Anda Waspadai

L-Glutamine termasuk sebagai asam amino non-esensial bersyarat. Non-esensial artinya L-Glutamine dapat diproduksi langsung oleh tubuh atau di dapat dari makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Sedangkan maksud dari “bersyarat”, yaitu tubuh dapat memproduksi L-Glutamine dalam jumlah yang cukup. Namun, saat sedang sakit atau cedera, kebutuhan tubuh akan asam amino ini meningkat sehingga Anda perlu mendapatkannya dari sumber eksternal karena tubuh tidak mampu memproduksi lebih banyak.

Oleh karena itu, orang-orang yang rajin berolahraga cukup sering mengonsumsi suplemen L-Glutamine untuk meningkatkan kadarnya di dalam tubuh. Tujuannya agar mereka dapat membangun massa otot dan mengurangi risiko cedera.

 

9 Efek Samping L-Glutamine

Mengonsumsi L-Glutamine secara jangka panjang atau dalam dosis tinggi bisa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Berikut adalah sembilan efek samping L-Glutamine:

1. Sakit Perut

Penggunaan L-Glutamine dalam dosis tinggi dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut, seperti kram perut, kembung, dan rasa sakit yang tidak spesifik di area perut.

 

2. Sakit Punggung

Meski tidak umum, beberapa orang mengalami sakit punggung setelah mengonsumsi L-Glutamine. Penyebab pasti dari efek samping ini belum terlalu jelas tetapi mungkin berhubungan dengan reaksi tubuh terhadap suplemen tersebut.

 

3. Sembelit

Terkadang, L-Glutamine dapat mempengaruhi fungsi pencernaan yang menyebabkan beberapa orang mengalami sembelit. Hal ini bisa terjadi karena perubahan dalam pergerakan usus atau perubahan dalam komposisi mikrobiota usus akibat suplementasi L-Glutamine.

 

4. Sakit Kepala

Beberapa orang mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi L-Glutamine. Efek samping ini bisa disebabkan oleh perubahan kadar neurotransmitter atau ketidakseimbangan elektrolit yang mungkin terjadi saat mengonsumsi suplemen dalam dosis tinggi.

 

5. Mual atau Muntah

Mual atau muntah adalah efek samping yang paling umum dari pengonsumsian suplemen, tidak terkecuali L-Glutamine. Mual bisa terjadi setelah mengonsumsi suplemen atau dalam beberapa waktu kemudian.

Kemungkinan besar, hal ini berhubungan dengan iritasi pada saluran pencernaan.

 

6. Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran setelah mengonsumsi L-Glutamine bisa terjadi pada orang-orang yang memiliki alergi atau sensitivitas terhadap suplemen ini. Efek samping ini sebenarnya jarang terjadi. Namun, jika Anda mengalaminya, jangan ragu untuk pergi ke dokter.

 

7. Sakit Tenggorokan

Efek samping dari L-Glutamine berikutnya adalah sakit tenggorokan. Kondisi ini bisa saja terjadi jika Anda mengonsumsi suplemen tanpa mengonsumsi air yang cukup. Pastikan agar tubuh Anda selalu terhidrasi dengan minum minimal 2 Liter air setiap harinya.

 

8. Ruam dan Gatal

Ruam pada kulit bisa terjadi sebagai reaksi alergi terhadap L-Glutamine atau bahan tambahan yang ada di dalam suplemen tersebut. Ruam bisa berupa kulit kemerahan, gatal, atau bengkak.

 

9. Nyeri Dada

Nyeri dada juga bisa menjadi salah satu efek samping dari L-Glutamine. Kondisi ini bisa disebabkan oleh reaksi tubuh terhadap suplemen atau masalah kesehatan lain yang tidak berkaitan.

Jika Anda mengalami nyeri dada yang hebat atau frekuensinya sering, segera mencari bantuan medis untuk mengetahui penyebabnya.

 

Baca Juga:

Suplemen Antioksidan yang Ampuh Tingkatkan Sistem Kekebalan

 

Makanan yang Mengandung L-Glutamine

Selain suplemen, Anda bisa mendapatkan L-Glutamine dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Contoh makanan yang mengandung L-Glutamine, di antaranya:

  • Daging sapi
  • Daging unggas (ayam, bebek, burung, kalkun, dll)
  • Daging babi
  • Telur
  • Susu
  • Yogurt
  • Keju
  • Kacang-kacangan
  • Tahu
  • Jagung
  • Kubis atau Kol ungu
  • Beras
  • Gandum

Makanan yang mengandung L-Glutamine tinggi juga bisa memiliki efek samping yang serupa dengan suplemen, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

Jika Anda mengalami efek samping apa pun setelah mengonsumsi L-Glutamine, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli untuk mendapatkan saran, perawatan, dan evaluasi yang tepat.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#suplemen  #efek samping  #L-glutamine 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article