sfidn - Gerakan Pendinginan yang Wajib Dilakukan saat Olahraga Lari

Gerakan Pendinginan yang Wajib Dilakukan saat Olahraga Lari

sfidn.com - Lari adalah olahraga yang mudah dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, baik sebelum dan setelah lari. Meluangkan waktu untuk melakukan peregangan bisa membantu Anda meningkatkan fleksibilitas otot dan menghindari Anda dari risiko cedera. Meluangkan waktu untuk pendinginan setelah lari akan bermanfaat bagi tubuh Anda.

Berikut ini beberapa gerakan pendinginan yang bisa Anda lakukan saat olahraga lari. 

 

5 Gerakan Pendinginan saat Olahraga Lari 

 

1. Peregangan hamstring 

Sumber: AskDoctorJo

Berdirilah dengan kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Jaga kaki kanan agar tetap lurus dan kaki kiri menekuk. Kemudian, letakkan tangan di pinggang dan angkat bagian depan telapak kaki kanan dan pastikan tumit menempel di lantai. Dengan menekuk kaki kiri, tekuk badan ke arah kaki kanan. Untuk menjaga punggung tetap lurus selama peregangan hamstring, lakukan gerakan ini selama 15 detik. 

 

2. Peregangan betis 

Sumber: Ansell Chiropractic Centre

Sama halnya seperti peregangan hamstring, pada peregangan betis Anda dapat berdiri tegak dengan kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang sejajar dengan punggung. Pastikan kedua kaki menapak di atas lantai dan menghadap depan, perlahan turunkan tubuh. Pastikan Anda merasakan peregangan di betis belakang kaki kiri. Lakukan gerakan peregangan selama 15 detik.

 

3. Peregangan paha 

Sumber: AskDoctor Jo

Gerakan ini bisa Anda lakukan dengan berdiri tegak. Tarik kaki kanan ke belakang menuju bokong. Gerakan ini akan membuat paha depan bagian kanan merasakan peregangan. Jagalah keseimbangan tubuh dan tahan posisi selama 15 detik. 

--- Related Article ---

4. Peregangan lunge rendah

Sumber: Travis Goyeneche

Untuk melakukan gerakan ini, Anda bisa meletakkan lutut kanan di depan kaki kiri. Letakkan kedua tangan di di permukaan dan tubuh menekuk ke depan sekitar 90 derajat. Tekan tubuh dan tahan posisi selama 60 detik. 

 

5. Peregangan kepala dan lutut

Sumber: bikramyogasanjose

Peregangan ini biasanya dilakukan oleh para pelari professional. Untuk melakukan gerakan ini, Anda bisa duduk di bawah dengan kaki kanan menekuk ke dalam dan kaki kiri tetap lurus. Tekan telapak kaki kanan ke paha kiri. Tekuk tubuh ke arah kaki kiri hingga kepala menyentuh lutut. Pastikan bahu tetap sejajar dengan tubuh. Tahan posisi selama 30 detik.

Itulah beberapa gerakan pendinginan yang bisa Anda lakukan setelah olahraga lari. Pastikan pula Anda mengonsumsi makanan dengan nutrisi tinggi. 


 
Tags:
#gerakan pendinginan setelah lari 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article