sfidn - Inilah 8 Buah yang Mengandung Mineral Paling Tinggi

Inilah 8 Buah yang Mengandung Mineral Paling Tinggi

sfidn.com – Pisang, alpukat, dan kurma adalah beberapa jenis buah yang mengandung mineral paling tinggi. Kira-kira, ada buah-buahan apa lagi ya? Yuk, cari tahu di artikel berikut ini.

 

Apa Itu Mineral dan Manfaatnya?

Mineral adalah nutrisi yang penting untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh, seperti menjaga keseimbangan cairan, memperkuat tulang dan gigi, sampai membantu fungsi otot dan saraf.

Tanpa mineral yang cukup, tubuh akan mengalami masalah kesehatan yang serius. Misalnya, seperti kelemahan otot, gangguang jantung, kekebalan tubuh menurun, osteoporosis, gangguan saraf, kerusakan organ vital, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi makanan atau pun minuman yang mengandung mineral agar fungsi tubuh tetap berjalan optimal.

 

8 Buah yang Mengandung Mineral Paling Tinggi

Salah satu makanan yang mengandung mineral tinggi adalah buah-buahan. Beberapa jenis buah kaya akan mineral, seperti kalium, kalsium, zat besi, zinc, dan masih banyak lagi.

Delapan buah yang mengandung mineral paling tinggi adalah:

 

1. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang mengandung mineral paling tinggi, terutama kalium (potassium) yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengatur tekanan darah, serta mendungkung fungsi otot dan saraf.

Selain itu, buah pisang juga mengandung Vitamin B6 yang bagus untuk melancarkan metabolisme tubuh dan serat yang baik untuk pencernaan.

 

2. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan magnesium dan kalium, dua jenis mineral yang penting untuk lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh. Contohnya, sintesis protein, fungsi saraf, dan regulasi gula darah.

Dengan mengonsumsi buah alpukat secara teratur, Anda bisa menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke.

 

3. Kurma

Kurma adalah sumber penting dari beberapa mineral, seperti kalium, magnesium, dan tembaga. Oleh karena itu, buah kurma bisa membantu memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia.

Di sisi lain, kurma mengandung gula sederhana yang mudah dicerna sehingga dapat memberikan energi dengan cepat. Cocok dikonsumsi sebelum atau pun sesudah berolahraga.

 

4. Aprikot Kering

Buah aprikot kering juga mengandung banyak mineral, seperti kalium dan magnesium yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan elektrolit serta kesehatan otot dan saraf.

Nutrisi lainnya yang ada di dalam buah aprikot kering adalah beta karoten dan serat. Mengonsumsi buah ini secara teratur bisa menjaga kesehatan mata dan mencegah sembelit.

 

5. Jeruk

Meski buah jeruk lebih dikenal karena mengandung Vitamin C yang tinggi, namun buah ini juga mengandung sejumlah mineral yang penting untuk tubuh.

Jeruk mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi sehingga Anda bisa terhindar dari osteoporosis.

Mineral dalam buah jeruk juga bisa menjalankan fungsi enzim dengan optimal, membantu penyerapan zat besi heme, dan kontraksi otot yang sehat.

 

6. Delima

Delima mengandung zat besi dan kalsium yang cukup tinggi. Kedua mineral ini penting untuk memproduksi hemoglobin dalam darah yang akan membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Selain itu, kalsium dalam buah delima dapat mendukung kesehatan tulang dan fungsi enzim serta kandungan antioksidannya mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

 

7. Mangga

Buah yang mengandung mineral tinggi lainnya adalah mangga. Buah ini kaya akan magnesium dan kalium serta sejumlah kecil tembaga. 

Perlu Anda tahu, tembaga berperan dalam pembentukan kolagen yang bisa mencegah penuaan dini. Sedangkan kandungan lainnya, seperti Vitamin A dan C dapat menjaga kesehatan mata.

 

8. Buah Ara (Figs)

Buah ara atau figs adalah sumber mineral yang sangat baik karena mampu menjaga kesehatan tulang, fungsi jantung, dan mencegah anemia. Ini karena buah ara mengandung kalsium, kalium, dan zat besi yang cukup tinggi.

Di sisi lain, buah ara mengandung serat yang tinggi sehingga mampu mencegah sembelit dan menjaga kadar kolesterol.

Itulah delapan jenis buah yang mengandung mineral tinggi sehingga bagus untuk menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Konsumsi buah-buahan tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#buah  #mineral 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article