sfidn - Inilah Manfaat Minum Air Kelapa setelah Olahraga

Inilah Manfaat Minum Air Kelapa setelah Olahraga

sfidn.com – Minum air kelapa setelah olahraga sangat bagus untuk mengembalikan elektrolit dan cairan tubuh yang hilang sehingga akan mempercepat pemulihan otot yang rusak akibat latihan fisik yang intens.

Itu hanya sedikit dari sekian banyak manfaat minum air kelapa setelah olahraga. Di artikel ini, Anda akan mengetahui lebih banyak lagi. Jadi, simak sampai selesai.

 

Inilah Manfaat Minum Air Kelapa setelah Olahraga

Air kelapa mengandung kalium, kalsium, magnesium, dan natrium, Vitamin C, asam amino, dan senyawa lainnya yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Selain itu, air kepala juga kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang terbentuk selama olahraga.

Radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan oksidatif yang memperlambat proses pemulihan dan perbaikan otot, memicu peradangan, meningkatkan risiko cedera, hingga melemahkan sistem kekebalan.

Air kelapa juga mengandung gula alami yang rendah kalori sehingga dapat memulihkan energi Anda dengan cepat setelah olahraga.

 

Baca Juga:

5 Makanan Rendah Kalori yang Bisa Dikonsumsi saat Diet

 

8 Manfaat Minum Air Kelapa setelah Olahraga

Jika kita rincikan semua informasi di atas maka minum air kelapa setelah olahraga bisa memberikan berbagai manfaat, seperti:

 

1. Mengembalikan Cairan dan Elektrolit

Setelah berolahraga, tubuh kehilangan sejumlah besar cairan melalui keringat. Cairan ini perlu diganti untuk menjaga keseimbangan tubuh dan mencegah dehidrasi.

Air kelapa mengandung berbagai jenis elektrolit, seperti kalium, natrium, magnesium, dan kalsium, yang dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Misalnya, kalium yang berperan penting dalam mengatur keseimbangan air dan fungsi otot yang sangat dibutuhkan setelah olahraga.

 

2. Memulihkan Otot, Mencegah Kram, dan Mengurangi Nyeri

Air kelapa yang dikonsumsi setelah olahraga bisa membantu memulihkan otot, mencegah kram, dan mengurangi nyeri otot.

Kandungan magnesium dalam air kelapa membantu proses relaksasi dan pemulihan otot setelah berolahraga.

Ketika berolahraga, otot akan sangat bekerja keras sehingga dapat mengalami stres yang menyebabkan kekakuan dan rasa nyeri.

Maka dari itu, kandungan magnesium dalam air kelapa bisa membantu mengurangi kontraksi otot yang berlebihan dan mencegah kram.

Selain itu, kalium dalam air kelapa juga berfungsi dalam mengurangi nyeri otot. Setelah aktivitas fisik yang berat, otot cenderung mengalami kelelahan dan kalium membantu memperbaiki jaringan otot serta meminimalkan rasa sakit.

 

3. Menstabilkan Tekanan Darah 

Olahraga bisa meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah yang secara alami dan sebenarnya ini akan kembali normal saat tubuh mulai beristirahat.

Namun, air kelapa bisa membantu menstabilkan tekanan darah dengan lebih cepat setelah olahraga. Itu karena Kalium bekerja dengan menetralkan efek natrium dalam tubuh yang sering kali membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau rentan terhadap tekanan darah tinggi, minum air kelapa dapat membantu menjaga stabilitas sistem kardiovaskular, terutama setelah latihan intens.

Oleh karena itu, air kelapa lebih aman dibandingkan dengan minuman berkafein atau berkarbonasi yang sering dikonsumsi setelah olahraga.

 

Baca Juga:

9 Contoh Minuman Berkafein yang Dapat Meningkatkan Energi saat Olahraga

 

4. Memulihkan Energi setelah Olahraga

Minum air kelapa bisa memulihkan energi Anda setelah olahraga. Itu karena air kelapa mengandung gula alami yang dapat dengan cepat diserap oleh tubuh sehingga memberikan tambahan energi dengan cepat. 

Setelah berolahraga, kadar gula darah sering menurun yang membuat Anda merasa lelah atau lemak. Minum air kelapa dapat membantu meningkatkan kadar gula darah secara alami tanpa menyebabkan lonjakan gula yang drastis.

Ini berbeda dengan minuman energi komersial yang sering mengandung gula tambahan sehingga menyebabkan lonjakan energi yang singkat diikuti dengan penurunan yang tajam.

Sayangnya, minuman-minuman seperti itu kurang bagus untuk tubuh karena memiliki efek samping, seperti risiko peningkatan berat badan, resistensi insulin, dan risiko penyakit metabolik seperti diabetes tipe-2.

 

5. Mendukung Sistem Pencernaan

Setelah berolahraga, tubuh membutuhkan nutrisi dan cairan untuk membantu proses pemulihan. Air kelapa memiliki sifat yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh sehingga ideal untuk dikonsumsi setelah olahraga.

Kandungan serat dalam air kelapa juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah masalah seperti sembelit yang biasa terjadi akibat dehidrasi.

 

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Air kelapa mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satunya adalah vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, air kelapa juga mengandung asam laurat, yakni senyawa yang memiliki sifat antimikroba dan antivirus. Ini akan membantu tubuh melawan infeksi. Anda perlu tahu bahwa setelah olahraga, tubuh lebih rentan terhadap penyakit karena kelelahan.

 

Baca Juga:

Suplemen Antioksidan yang Ampuh Tingkatkan Sistem Kekebalan

 

7. Air Kelapa Rendah Kalori

Salah satu keuntungan dari air kelapa, yaitu minuman ini rendah kalori karena tidak mengandung gula tambahan, pengawet, dan bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan jangka panjang.

Air kelapa dapat menghidrasi tubuh dan memulihkan energi tanpa Anda harus khawatir tentang kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, air kelapa bisa menjadi minuman berenergi bagi orang-orang yang sedang diet atau pun mereka yang tidak ingin meningkatkan berat badan.

 

8. Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Setelah olahraga, tubuh membutuhkan cairan yang cukup untuk membersihkan racun dan produk sisa metabolisme dari tubuh melalui urin.

Air kelapa dapat membantu meningkatkan volume urin dan membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

Kandungan kalium dalam air kelapa juga membantu menjaga kesehatan ginjal dengan cara mencegah pengendapan kalsium yang berlebihan.

Bagi Anda yang rentan mengalami batu ginjal atau sekadar ingin menjaga kesehatan ginjal, minum air kelapa setelah berolahraga bisa menjadi langkah pencegahan yang baik.

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan minum air kelapa. Jadikan ini sebagai satu alternatif minuman setelah olahraga yang lebih sehat dan baik untuk tubuh Anda.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#air kelapa 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article