sfidn - Inilah Perbedaan Sukrosa, Glukosa, dan Fruktosa

Inilah Perbedaan Sukrosa, Glukosa, dan Fruktosa

sfidn.com - Jika Anda adalah orang yang selalu memerhatikan angka nilai gizi pada suatu makanan kemasan, Anda mungkin akan sering menemukan kandungan sukrosa, glukosa, atau fruktosa pada label kemasan tersebut. Ketiga kandungan ini pada dasarnya termasuk ke dalam jenis gula ataupun karbohidrat sederhana. Meskipun begitu, ketiga gula ini ternyata memiliki perbedaan yang utama dalam hal gizinya. Untuk itu, mari kita bahas bersama pada artikel ini.

 

Apa Saja Sih Jenis-jenis Gula Itu?

Gula adalah bentuk sederhana dari karbohidrat. Jika Anda mengonsumsi makanan berkarbohidrat seperti nasi, mi, roti, kentang, buah-buahan, dll. maka tubuh akan mengolah makanan tersebut menjadi bagian yang paling kecil, yaitu gula. Setelah itu, barulah tubuh mampu memproses gula ke tahap selanjutnya. Jika dibandingkan dengan sukrosa, maka glukosa dan fruktosa merupakan kedua jenis gula yang paling sederhana, karena keduanya termasuk dalam kategori gula monosakarida atau gula terkecil yang tidak bisa di proses lagi di dalam tubuh. Disisi lain, sukrosa termasuk kedalam kategori jenis disakarida yang merupakan gabungan dari dua zat monosakarida. Sederhananya, sukrosa adalah bentuk gabungan dari glukosa dan fruktosa. Nah, inilah yang sering di sebut-sebut sebagai gula sederhana.

 

Apakah Setiap Jenis Gula Mampu Menghasilkan Energi?

Gula adalah pengahasil energi utama untuk tubuh, namun apakah setiap jenis gula mampu menghasilkan energi? Jawabannya adalah tidak. Walaupun glukosa dan juga fruktosa sama-sama gula, namun keduanya sangat berbeda. Gula yang bisa digunakan oleh tubuh adalah gula glukosa, kenapa? karena tubuh hanya bisa memproses glukosa sebagai energi yang digunakan untuk otot tubuh dan juga otak. Jalur metabolisme yang berbeda antar kedua jenis gula inilah yang menyebabkan tubuh hanya bisa mengonversi glukosa sebagai energi. Bagaimana dengan sukrosa? Sukrosa pun harus dipecah terlebih dahulu kedalam bentuk terkecil, yaitu fruktosa dan glukosa, untuk kemudian bisa diproses menjadi energi.

 

Perbedaan Jalur Metabolisme pada Ketiga Jenis Gula

Glukosa

Ketika tubuh mendapatkan glukosa dari makanan, maka tubuh akan menyerap glukosa dengan bantuan usus halus untuk selanjutnya disalurkan pada aliran darah. Kandungan gula yang terdapat pada darah tersebut adalah gula darah, yang mampu merangsang hormon insulin. Selanjutnya, hormon insulin akan disalurkan ke darah oleh pankreas agar bisa masuk ke berbagai sel otot dan hati.

 

Fruktosa

Froktosa adalah jenis gula yang akan diproses di dalam organ hati manusia. Sifatnya yang lipogenik mampu merangsang produksi sel lemak. Keberadaannya di dalam tubuh tidak akan merangsang produksi hormon lepotin yang berperan dalam mengatur jalur energi. Oleh karena itu, mereka yang memiliki kandungan fruktosa berlebih di dalam tubuhnya dikhawatirkan mengalami penumpukan lemak, karena efeknya yang sama seperti orang yang mengonsumsi banyak makanan berlemak.

 

Sukrosa

Sukrosa akan diproses melalui bantuian enzim beta-fruktosidase. Setelahnya, sukrosa akan menghasilkan glukosa dan fruktosa yang kemudian akan memasuki jalur metabolismenya sendiri.

 

--- Related Article ---

 

Sumber Makanan

Sebenarnya, kita bisa menemukan ketiga jenis gula tersebut pada suatu sumber makanan, seperti makanan buah dan sayuran yang memiliki beragam kandungan gula. Kandungan gula fruktosa bisa kita temukan dengan mudah dalam buah dan sayuran. Fruktosa juga sering dijadikan sebagai pamanis minuman pada soda dan minuman manis lainnya. Sedangkan glukosa bisa kita temukan pada banyak makanan seperti sayur, buah, biji-bijian, roti, nasi, pasta, mi, tepung, ubi, singkong, kentang, serta bihun.

 

Disisi lain, sumber sukrosa yang paling mudah ditemukan adalah gula pasir. Karena gula pasir mempunyai komposisi glukosa dan fruktosa yang sama. Kita juga bisa menemukan kandungan sukrosa pada sirup jagung dengan konsentrasi 45% glukosa dan 55% fruktosa. Sirup jagung sering dijadikan salah satu komposisi minuman ringan, kue kering dan berbagai olahan makanan lainnya.

 

Referensi

  1. https://healthyeating.sfgate.com/sucrose-vs-glucose-2344.html
  2. https://healthyeating.sfgate.com/difference-between-sucrose-glucose-fructose-8704.html
  3. https://www.livestrong.com/article/499857-what-is-the-difference-between-sucrose-glucose-fructose/ 

 
Tags:
#gula  #pemanis buatan  #manis 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article