sfidn - Kandungan Nutrisi dalam Air Kelapa dan Manfaatnya

Kandungan Nutrisi dalam Air Kelapa dan Manfaatnya

sfidn.com – Air kelapa merupakan cairan transparan yang ada di dalam buah kelapa. Minuman ini mengandung berbagai nutrisi penting yang baik untuk menjalankan fungsi tubuh.

 

Kandungan Nutrisi dalam Air Kelapa dan Manfaatnya

Semua bagian dari buah kelapa bisa dimanfaatkan, termasuk cairan yang ada di dalamnya. Air kelapa dari buah yang masih muda memiliki rasa yang manis dan segar.

Banyak orang yang minum air kelapa karena rasanya yang enak tapi sebagian lainnya mengonsumsi minuman ini demi mendapatkan manfaat kesehatan yang beragam.

Semua nutrisi yang ada di dalam air kelapa penting untuk menjaga kesehatan termasuk menjalankan fungsi tubuh dengan normal.

 

Kandungan Nutrisi dalam Air Kelapa

Air kelapa mengandung berbagai jenis nutrisi, seperti karbohidrat, vitamin, mineral, dan elektrolit. Berikut adalah rincian kandungan nutrisi dalam satu cangkir air kelapa (240 ml) yang dikutip dari Verywell Fit:

  • Kalori: 44
  • Lemak: 0g
  • Karbohidrat: 10,4g
  • Serat: 0g
  • Gula: 9,6g
  • Protein: 0,5 gram
  • Vitamin C: 24,3 mg
  • Kalium: 404 mg
  • Natrium: 64 mg
  • Kalsium: 40 mg
  • Magnesium: 16, 8 mg
  • Fosfor: 14 mg

 

Karbohidrat 

Air kelapa memiliki kalori yang relatif rendah, sekitar 44 kalori per cangkir (bisa berbeda tergantung pada ukuran, jenis, dan usia kelapa).

Karbohidrat dalam air kelapa berasal dari gula alami, yaitu glukosa dan fruktosa yang bisa memberikan energi cepat tanpa menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan.

 

Protein

Air kelapa mengandung sejumlah kecil protein yang dapat membantu proses perbaikan dan pembentukan jaringan tubuh.

Meski begitu, Anda tidak bisa mengandalkan air kelapa saja untuk mencukupi kebutuhan protein harian karena kadar proteinnya tidak signifikan

 

Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

Mineral

Kandungan mineral dalam air kelapa, seperti kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, mengatur tekanan darah, mendukung fungsi otot, melindungi tulang dan gigi, serta mengatur kadar gula darah.

 

Baca Juga:

Inilah 8 Buah yang Mengandung Mineral Paling Tinggi

 

Manfaat Air Kelapa

Air kelapa dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh Anda, seperti:

1. Menghidrasi Tubuh

Air kelapa adalah minuman pengganti air mineral yang dapat menghidrasi tubuh. Dengan kandungan elektrolit yang melimpah, air kelapa membantu mengisi kembali cairan dan mineral yang hilang setelah aktivitas fisik yang intens. Jadi, sangat cocok untuk dikonsumsi sebelum atau pun setelah olahraga.

 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam air kelapa dapat menurunkan tekanan darah sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Termasuk menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

 

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat berikutnya dari air kelapa adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itu karena air kelapa mengandung Vitamin C yang dapat membantu tubuh melawan infeksi.

 

4. Kulit Menjadi Lebih Sehat

Kandungan antioksidan dan Vitamin C dalam air kelapa dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Minum air kelapa secara teratur dapat meningkatkan kelembapan kulit dan mengurangi risiko penuaan dini.

 

5. Membantu Penurunan Berat Badan

Air kelapa itu rendah kalori dan tinggi nutrisi sehingga bisa menjadi alternatif minuman yang sehat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Minuman ini dapat menekan nafsu makan serta memberikan tambahan energi tanpa harus menambah kalori berlebih.

 

6. Mencegah Batu Ginjal

Air kelapa dapat mencegah pembentukan batu ginjal karena mengandung kalium dan magnesium yang cukup tinggi. Kedua mineral tersebut dapat mengurangi kelebihan kalsium dalam urine.

Selain itu, air kelapa memiliki sifat diuretik yang akan meningkatkan frekuensi buang air kecil sehingga membantu mengeluarkan zat-zat yang dapat membentuk batu ginjal.

 

7. Meredakan Gejala Asam Lambung

Manfaat lainnya dari air kelapa, yaitu membantu meredakan gejala asam lambung karena cairan ini bersifat alkali dan kaya akan elektrolit.

Oleh karena itu, air kelapa bisa menetralkan asam di lambung dan mengurangi iritasi pada saluran pencernaan.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#air kelapa 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article