sfidn - Kekurangan dan Kelebihan Jogging Pakai Sandal yang Perlu Anda Tahu

Kekurangan dan Kelebihan Jogging Pakai Sandal yang Perlu Anda Tahu

sfidn.com Jogging atau berlari adalah salah satu aktivitas olahraga yang mudah dilakukan serta tidak memerlukan peralatan khusus. Umumnya, kita hanya membutuhkan sepatu untuk alas kaki.

 

Kekurangan dan Kelebihan Jogging Pakai Sandal yang Perlu Anda Tahu

Namun, bagaimana jika jogging dilakukan hanya dengan menggunakan sandal? Apakah itu aman untuk dilakukan?

Di artikel ini kita akan membahas apa saja kekurangan dan kelebihan jogging menggunakan sandal. Dengan begitu, Anda bisa menentukan apakah Anda perlu berlari menggunakan sandal atau tidak. Berikut informasinya.

 

Baca Juga:

Pro dan Kontra Olahraga Tanpa Alas Kaki

 

Kekurangan Jogging Pakai Sandal

Jogging pakai sandal sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan, terutama bagi para pemula yang jarang berlari atau pun berolahraga.

Berikut adalah beberapa kekurangan jogging pakai sandal:

 

1. Kurangnya Dukungan dan Perlindungan pada Kaki

Sandal tidak memberikan dukungan dan perlindungan yang maksimal dibandingkan dengan sepatu lari, terutama pada bagian tumit dan lengkung kaki. 

Tentu saja, ini bisa menimbulkan cedera pada kaki, terlebih bagi orang-orang yang mengalami masalah kaki, seperti pronasi atau supinasi.

 

2. Tidak Memiliki Bantalan yang Cukup

Pada  umumnya, sandal dirancang untuk aktivitas sehari-hari bukan untuk kegiatan fisik yang intens seperti berlari.

Oleh karena itu, kebanyakan sandal tidak memiliki bantalan yang cukup untuk menyerap benturan saat berlari sehingga dapat menyebabkan stres berlebih pada sendi dan otot kaki.

Stres dan tekanan yang terjadi berulang kali bisa menyebabkan cedera, seperti tendinitis atau plantar fasciitis yang memerlukan waktu pemulihan yang cukup lama.

 

3. Sandal Cenderung Tidak Stabil

Desainnya yang terbuka dan bahannya yang cenderung lentur membuat sandal tidak stabil dibandingkan dengan sepatu lari.

Oleh karena itu, menggunakan sandal saat jogging bisa menyebabkan slip, terutama saat digunakan pada permukaan yang licin atau tidak rata dan saat melakukan gerakan yang cepat atau tiba-tiba.

Sandal yang tidak stabil bisa meningkatkan risiko jatuh dan cedera yang lebih serius. Jadi, Anda harus sangat berhati-hati ketika menggunakan sandal untuk berlari.

 

4. Bisa Mengalami Keseleo

Kebanyakan sandal memiliki sol yang datar dan fleksibel serta tali yang tidak cukup kuat untuk menahan kaki pada tempatnya.

Kurangnya dukungan dan stabilitas pada sandal ini dapat menyebabkan kaki keseleo, terutama jika Anda berlari di jalur yang kasar, licin, atau tidak rata.

Keseleo dapat mengakibatkan kerusakan pada ligamen pergelangan kaki dan memerlukan waktu pemulihan yang cukup lama.

 

5. Risiko Terkena Benda Tajam

Sandal memiliki bagian kaki yang lebih terbuka dibandingkan dengan sepatu sehingga risiko kaki terkena benda tajam, seperti batu, duri, atau pecahan kaca menjadi lebih besar.

Benda-benda tersebut bisa dengan mudah menembus kulit Anda dan melukai kaki. Dalam kasus yang parah, terkenal benda berbahaya bisa mengakibatkan infeksi sehingga membutuhkan penanganan medis lebih lanjut.

 

6. Kaki Lecet atau Melepuh

Gesekan antara kulit kaki dan tali sandal dapat menyebabkan lecet atau melepuh, terutama jika ukuran sandal tidak pas atau digunakan dalam waktu yang lama.

Kulit yang lecet dan melepuh akan terasa menyakitkan dan tidak nyaman sehingga pergerakan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman.

 

Baca Juga:

Apakah Sepatu Converse Bisa Dipakai untuk Lari?

 

Kelebihan Jogging Pakai Sandal

Meski ada beberapa kekurangan yang kurang menguntungkan tetapi lari menggunakan sandal yang jika dilakukan dengan tepat bisa memberikan sejumlah manfaat bagi otot kaki.

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika jogging pakai sandal:

 

1. Sandal Lebih Mudah Dipakai dan Dilepas

Jogging pakai sandal sangat praktis karena alas kaki ini lebih mudah dipakai dan dilepas dibandingkan dengan sepatu lari.

Maka dari itu, sandal bisa sangat membantu mereka yang ingin langsung berolahraga tanpa perlu repot memasukan kaki ke dalam sepatu dan mengikat talinya.

 

2. Sirkulasi Udara yang Lebih Baik

Sandal memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik sehingga dapat menjaga kaki tetap kering dan sejuk, terutama saat Anda harus berlari di luar ruangan dengan cuaca yang panas.

 

3. Mengurangi Bau Kaki

Dengan sirkulasi udara yang lebih baik, kaki juga cenderung jarang berkeringat. Ini dapat membantu mengurangi risiko bau kaki yang sering menjadi masalah ketika memakai sepatu untuk berolahraga dalam waktu yang lama.

 

4. Melibatkan Otot Kaki yang Lebih Banyak

Tahukah Anda jika jogging pakai sandal dapat melibatkan lebih banyak otot kaki karena tidak ada dukungan dari sepatu yang biasanya menopang sebagian besar kaki. Ini bisa membantu memperkuat otot-otot kecil di kaki yang jarang digunakan saat memakai sepatu.

 

5. Meningkatkan Kekuatan Otot Kaki

Tanpa dukungan dari sepatu lari, otot-otot kaki harus bekerja lebih keras untuk menopang tubuh saat berlari. Otot-otot kecil pun menjadi lebih aktif sehingga lebih banyak otot yang dilatih.

Oleh karena itu, jogging pakai sandal bisa meningkatkan kekuatan otot kaki secara signifikan dibandingkan saat berlari menggunakan sepatu.

 

6. Meningkatkan Kemampuan Propriosepsi

Jogging pakai sandal dapat meningkatkan kesadaran Propriosepsi, yaitu kemampuan tubuh untuk mengetahui dan merasakan posisi, gerakan, dan tindakan bagian-bagian tubuh tanpa harus melihatnya.

Kemampuan propriosepsi ini penting untuk menjaga keseimbangan dan koordinasi sehingga tubuh Anda tetap stabil meski berada di tempat yang sulit serta bisa terhindari dari cedera akibat terjatuh, tersandung, atau pun tergelincir.

 

Jogging pakai sandal memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri sehingga menjadi keputusan Anda untuk menggunakannya atau tidak.

Jika Anda ingin menggunakannya, pastikan untuk lebih berhati-hati dan tidak dilakukan dalam waktu yang lama agar kaki tidak terluka atau pun cedera. Jadi, selamat berolahraga!

 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#jogging  #sandal 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article