sfidn - Latihan sampai Failure, Apa Sih Maksudnya?

Latihan sampai Failure, Apa Sih Maksudnya?

sfidn.com – Latihan sampai failure adalah kalimat yang cukup sering didengar atau pun disebutkan oleh orang-orang yang berlatih di gym.

Akan tetapi, apakah Anda tahu apa maksud dari kalimat tersebut? Jika tidak, simak artikel berikut ini untuk mendapatkan penjelasannya.

 

Apa Itu Latihan sampai Failure?

Latihan sampai failure (failure training) adalah suatu metode latihan di mana Anda terus melakukan repetisi hingga otot yang bekerja tidak mampu lagi untuk mengangkat beban dengan teknik yang benar.

Metode failure ini sering digunakan oleh para penggemar fitness untuk meningkatkan pertumbuhan otot (hipertrofi) secara maksimal.

Meski begitu, tidak semua jenis latihan atau gerakan aman untuk dilakukan sampai failure karena ada risiko cedera yang lebih tinggi. Apalagi kalau latihan dilakukan tanpa pengawasan atau bantuan spotter.

 

Manfaat Latihan sampai Failure

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika Anda melakukan latihan sampai failure, yaitu:

1. Meningkatkan Hipertrofi Otot

Meningkatkan hipertrofi otot adalah manfaat paling utama dari latihan sampai failure. Dengan melatih otot hingga batas maksimal, Anda bisa merusak lebih banyak otot sehingga ada lebih banyak serat otot lagi yang akan diperbarui.

 

2. Meningkatkan Kekuatan Otot

Dengan mendorong otot hingga batasnya, tubuh akan belajar beradaptasi dengan beban yang lebih berat. Ini akan meningkatkan kekuatan otot seiring waktu karena otot dipaksa untuk tumbuh menjadi lebih kuat daripada sebelumnya.

 

3. Meningkatkan Ketahanan Otot

Selain meningkatkan ukuran dan kekuatan, melatih otot sampai batas maksimal juga dapat meningkatkan ketahanan otot terhadap kelelahan. Ini akan sangat berguna ketika Anda harus melakukan olahraga atau aktivitas yang membutuhkan performa fisik jangka panjang.

 

4. Mendapatkan Latihan yang Efisien

Menerapkan metode failure bisa membuat Anda mendapatkan latihan yang efisien dalam waktu yang lebih singkat.

Daripada melakukan banyak set, menambah repetisi sampai failure bisa memberikan rangsangan yang cukup bagi otot untuk tumbuh dan berkembang.

 

5. Melatih Kekuatan dan Ketahanan Mental

Saat Anda menerapkan metode failure, kekuatan dan ketahanan mental Anda pun akan dilatih menjadi lebih kuat sehingga Anda bisa lebih tahan terhadap rasa lelah dan pikiran yang pesimis.

 

Baca Juga:

3 Tipe Serat Otot di Tubuh Manusia dan Perbedaannya

 

Latihan Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan sampai Failure?

Latihan yang boleh dilakukan sampai failure adalah latihan ringan atau sedang yang menargetkan satu kelompok otot secara spesifik (latihan isolasi), seperti bicep curl, tricep extensions, dan leg extensions.

Sedangkan latihan yang tidak dianjurkan untuk dilakukan sampai failure, yaitu latihan dengan beban berat atau latihan yang melibatkan banyak otot dan sendi (latihan compound), seperti deadlift, bench press, overhead press, dan sejenisnya.

Gerakan-gerakan tersebut membutuhkan kontrol penuh dan stabilitas tubuh yang baik. Jika Anda melakukannya sampai failure maka potensi terjatuh, terkilir, atau bahkan cedera menjadi lebih tinggi dan itu bisa berbahaya bagi keselamatan Anda.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#failure 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article