sfidn - Latihan sebelum Naik Gunung agar Kekuatan dan Daya Tahan Meningkat

Latihan sebelum Naik Gunung agar Kekuatan dan Daya Tahan Meningkat

sfidn.com – Apakah Anda punya rencana untuk naik gunung? Selain peralatan, Anda juga harus mempersiapkan kondisi fisik agar tubuh Anda kuat mengatasi berbagai tantangan yang ada di jalur pendakian.

Tidak hanya pemula, Anda yang sudah sering mendaki gunung pun harus tetap berlatih agar tubuh terbiasa dengan aktivitas fisik yang berat.

Dengan berolahraga, Anda bisa meningkatkan kekuatan dan daya tahan serta melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh. Semua itu akan berguna saat Anda harus melewati jalur yang sulit dengan aman tanpa merasa kelelahan yang berlebihan.

 

10 Latihan Sebelum Naik Gunung

Naik gunung bukan hal yang mudah. Selain jalurnya yang menantang, kondisi cuaca pun sulit untuk diprediksi. Ini bisa mengurangi energi Anda dengan cepat yang membuat pendakian menjadi tidak mudah. Tanpa fisik dan mental yang kuat, kemungkinan besar Anda tidak bisa mencapai puncak gunung

Oleh karena itu, Anda harus melakukan latihan fisik sebelum naik gunung agar kekuatan dan daya tahan meningkat sehingga Anda bisa mencapai puncak dengan mudah.

 

Berikut adalah 10 jenis latihan yang sebaiknya Anda lakukan sebelum naik gunung:

1. Berlari

Berlari adalah salah satu latihan yang paling efektif untuk meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru, sekaligus melatih tubuh untuk menggunakan oksigen dengan lebih efisien.

Jalanan gunung yang menanjak akan meningkatkan detak jantung Anda. Jumlah oksigen di atas gunung pun semakin berkurang. 

Jika jantung dan paru-paru tidak kuat dan Anda kehabisan napas, ini sangat berbahaya karena Anda bisa mengalami kelelahan akut, pingsan, kejang, bahkan kematian.

Tingkatkan kecepatan dan jarak lari Anda untuk meningkatkan stamina dan kekuatan otot kaki. Mulailah dengan berlari di jalan datar, kemudian berlanjut ke jalan yang menanjak dan perbukitan.

 

2. Squat

Squat adalah latihan yang penting untuk melatih otot tubuh bagian bawah, seperti paha, panggul, gluteus, dan inti. Semua itu adalah otot-otot yang akan bekerja ekstra ketika Anda naik gunung.

Dengan melakukan squat, Anda bisa melatih otot untuk mampu menopang dan mendorong tubuh ketika harus melewati medan yang sulit dan menanjak.

 

Baca Juga:

Squat dan Lunges, Manakah yang Terbaik untuk Anda?

 

3. Lunges

Melakukan latihan lunges sebelum naik gunung sangat bermanfaat untuk memperkuat otot paha dan gluteus serta meningkatkan keseimbangan dan stabilitas tubuh. Dengan begitu, tubuh Anda menjadi lebih stabil dan tidak mudah terjatuh saat melangkah di jalur yang tidak bersahabat.

 

4. Jump Squat

Latihan Jump squat akan meningkatkan daya ledak otot yang diperlukan untuk mengeluarkan tenaga dengan cepat. Tentunya, ini akan berguna ketika Anda harus memanjat tebing atau melompati jalur yang tidak rata saat berada di gunung.

 

5. Pull-up

Pull-up adalah latihan berikutnya yang perlu Anda lakukan sebelum naik gunung karena ini dapat memperkuat otot lengan, bahu, dan punggung yang penting untuk gerakan memanjat. Latihan ini akan membantu Anda untuk mengangkat atau memindahkan tubuh dengan lebih mudah.

 

6. Step-up

Step-up adalah latihan sederhana yang melibatkan gerakan melangkah ke permukaan lebih tinggi, seperti anak tangga atau kotak latihan. 

Latihan ini dapat memperkuat otot bokong, paha depan, adductor, abductor, betis, dan inti, serta meningkatkan stabilitas kaki yang diperlukan untuk melewati jalanan yang menanjak atau pun tebing yang curam.

 

7. Dips

Dips adalah latihan untuk memperkuat otot trisep, dada, dan bahu Anda. Gerakan ini dapat membantu menopang berat badan saat melintasi rintangan atau mengangkat beban berat. 

Lakukan dips secara rutin agar tidak mudah lelah meski harus mampu membawa banyak barang selama pendakian.

 

8. Calf Raises

Otot kaki lainnya yang harus Anda latih adalah betis karena otot ini rentan mengalami kram saat naik gunung.

Salah satu latihan yang efektif untuk melatih otot betis adalah calf raises. Latihan ini pun sangat sederhana karena Anda hanya perlu berdiri dan mengangkat tumit (berjinjit) berkali-kali.


9. Push-up

Push-up adalah latihan klasik yang melatih berbagai kelompok otot, seperti, bahu, trisep, dan inti. Latihan ini penting untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas tubuh di jalur pendakian yang bervariasi dan berbahaya.

 

10. Mountain Climber

Mountain climber adalah latihan yang bagus untuk meningkatkan kekuatan otot inti dan kaki serta keseimbangan dan koordinasi tubuh. Latihan ini juga mampu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh karena melibatkan otot jantung dan pernapasan yang lebih efisien.

 

Dengan rutin melakukan latihan-latihan di atas, Anda akan lebih siap secara fisik maupun mental untuk naik gunung dan menghadapi berbagai tantangan yang ada. 

Jangan lupa untuk meningkatkan intensitas latihan secara bertahap dan mendengarkan tubuh Anda agar tetap aman dan sehat selama persiapan.
 

--- Related Article ---

 


 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article