sfidn - Manfaat BCAA untuk Perkembangan Otot

Manfaat BCAA untuk Perkembangan Otot

sfidn.com - Dewasa ini, kebanyakan orang haus akan memiliki bentuk tubuh ideal dengan massa otot yang besar. Mereka berlomba-lomba melakukan kegiatan olahraga dengan intensitas ringan ataupun berat guna meningkatkan massa ototnya. Bahkan beberapa orang ada yang mengonsumsi suplemen BCAA. Lantas, apa sih suplemen BCAA itu? Dan apa menfaatnya untuk perkembangan otot?

Mengenal Suplemen BCAA

Suplemen BCAA (Brandhed-chain amino) atau dalam bahasa Indonesia disebut asam amino rantai bercabang, merupakan suplemen dengan 3 asam amino, yaitu leusin, isoleusin dan valin. Ketiganya biasanya bisa didapatkan dari sumber makanan berprotein. Untuk Anda yang sangant suka berlatih di pusat kebugaran atau sangat suka berolahraga, Anda pasti sudah akrab dengan suplemen ini. Karena suplemen ini mampu meningkatkan performa dan juga membentuk otot.

3 Manfaat suplemen BCAA

Perlu dicatat bahwa tubuh manusia tidak bisa menghasilkan BCAA, untuk itu Anda perlu mengonsumsi sumber makanan yang memiliki kandungan BCAA. Selain itu, BCAA diperlukan guna menghasilkan energi saat kadar glikogen dalam tubuh sudah habis. Situasi ini kerap terjadi ketika Anda melakukan olahraga yang berat, sehingga perlu mengonsumsi suplemen atau makanan dengan kandungan BCAA. Untuk Anda yang sedang melakukan olahraga berat, maka 3 Manfaat BCAA ini akan memperkaya informasi Anda.

1. Meningkatkan Massa Otot


Umumnya, orang yang sedang dalam meningkatkan massa otot akan memanfaatkan suplemen BCAA agar tujuan nya  bisa terpenuhi. Hal tersebut memang tidak salah, karena BCAA sudah terbukti mampu meningkatkan massa otot, terlebih lagi jika kandungan leusinnya lebih banyak. Karena leusin memiliki peranan yang paling besar dalam massa pembentukan otot. Berdasarkan penelitian, BCAA sudah terbukti mampu mengaktifkan enzim untuk bertanggung jawab dalam masa pembentukan otot. Selain itu, BCAA juga mampu meningkatkan fungsi tubuh ketika sedang masa sintesis protein guna membantu terbentuknya otot serta meminimalisir terjadinya degradasi protein.

2. Mengurangi Rasa Nyeri Otot


Berdasarkan penelitian, mengonsumsi BCAA saat sebelum maupun sesudah berolahraga akan mampu mengurangi efek nyeri otot pasca berolahraga. BCAA bekerja dengan menurunkan kadar enzim kreatin kinase dan laktat dehidrogenase yang sangat berhubungan dengan ruskanya otot. Dengan begitu, BCAA akan mempercepat pemulihan tubuh dan melindungi diri dari adanya kerusakan otot dilain hari. Selain itu, berdasakan informasi sebelumnya, BCAA juga mampu mengurangi rasa lelah serta membantu menghemat energi yang tertanam dalam otot.

3. Menurunkan Bobot Tubuh


Kandungan leusin yang berasal dari BCAA mampu membantu meningkatkan pembakaran kalori dan menyeimbangkan kadar gula darah. Adanya kandungan leusin pada BCAA mampu meningkatkan produksi insulin, dengan begitu otot akan mampu menyerap gula dalam jumlah yang banyak dan diturunkan kembali dan diseimbangkan karena kadar guila darah yang seimbang mampu mencegah meningkatnya berat badan. Untuk itu, BCAA juga mampu membantu Anda yang sedang dalam melakukan program diet.

 SFIDN Baca juga

Cara Konsumsi Suplemen BCAA


Tidak semua orang membutuhkan Suplemen  BCAA. Bahkan suplemen ini sebutulnya tidak dibutuhkan saat Anda sedang berolahraga karena Anda sebetulnya masih bisa mendapatkannya dari makanan. Menurut para peneliti, dibutuhkan minimal 9 gram BCAA untuk wanita sehat dan 12 gram BCAA untuk pria. Kebutuhan BCAA tersebut masih bisa Anda dapatkan melalui sumber makanan.

Tapi, untuk para atlit olahraga dan Anda yang senang melakukan olahraga berat, maka kebutuhan BCAA menjadi agak  banyak. Untuk itulah mereka memerlukan suplemen BCAA. Mengonsumsi BCAA sebanyak 15 hingga 35 sehari biasanya sudah sangat aman dan tidak akan mengakibatkan efek samping yang berarti. Waktu terbaik untuk mengonsumsi BCAA adalah sebelum ataupun sesudah berolahrga. Untuk Anda yang sedang dalam program meningkatkan massa otot, Anda bisa mengonsumsi suplemen ini saat pagi hari atau sebelum tidur.


 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article