sfidn - Manfaat dan Tips Aman Menggunakan Jaket Sauna saat Olahraga

Manfaat dan Tips Aman Menggunakan Jaket Sauna saat Olahraga

sfidn.com – Seiring berkembangnya teknologi, banyak inovasi yang diciptakan untuk mengoptimalkan hasil latihan atau olahraga, salah satunya dengan menciptakan jaket sauna.

Jaket sauna diyakini dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori, mempercepat proses penurunan berat badan, dan masih banyak lagi.

Seperti apa faktanya dan bagaimana cara menggunakan jaket sauna dengan aman? Semua akan kita bahas pada artikel berikut ini.

 

Apa Itu Jaket Sauna?

Jaket sauna adalah pakaian khusus mirip jas hujan yang dirancang untuk menahan panas tubuh saat olahraga. Pakaian ini biasanya terbuat dari neoprene yang dapat meningkatkan suhu tubuh secara signifikan sehingga mendorong produksi keringat yang lebih banyak.

Dengan menggunakan jaket sauna, tubuh Anda akan beradaptasi dengan suhu yang lebih panas. Adaptasi terhadap panas ini akan meningkatkan volume plasma darah, mengeluarkan keringat dengan lebih cepat, dan menghasilkan keringat yang lebih encer.

 

Manfaat Menggunakan Jaket Sauna saat Olahraga

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan jaket sauna saat olahraga:

1. Meningkatkan Suhu Tubuh

Meningkatkan suhu tubuh menjadi salah satu manfaat utama dari penggunaan jaket sauna saat olahraga. Suhu tubuh yang lebih tinggi ini sangat berguna dalam banyak hal.

Mulai dari meningkatkan aliran darah, fleksibilitas sendi dan otot, volume dan konsentrasi keringat, laju metabolisme tubuh, dan lain-lain.

 

2. Meningkatkan Volume Plasma Darah

Menggunakan jaket sauna akan membuat volume plasma darah meningkat sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Ini artinya, ada lebih banyak oksigen yang disalurkan ke otot selama olahraga yang turut andil dalam meningkatkan efisiensi kerja jantung dan paru-paru (kardiorespirasi).

Peningkatan volume plasma darah dapat mengurangi ketegangan pada jantung dan membuat organ ini tidak harus bekerja terlalu keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, detak jantung menjadi lebih stabil dan Anda tidak akan mudah cepat lelah saat olahraga.

 

3. Membuat Keringat Lebih Encer

Saat menggunakan jaket sauna keringat Anda akan menjadi lebih encer. Artinya, tidak banyak natrium yang hilang saat olahraga sehingga kadar elektrolit di dalam tubuh Anda lebih terjaga. Ini penting untuk menjaga energi selama olahraga mengurangi risiko dehidrasi.

 

4. Mendetoks Tubuh secara Alami

Keringat bisa membantu mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari tubuh sehingga penggunaan jaket sauna dapat mendukung proses detoksifikasi alami.

Detoksifikasi tidak hanya membantu membersihkan tubuh dari racun tapi juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit dan memberikan energi tambahan.

 

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berolahraga dalam kondisi panas bisa membuat tubuh beradaptasi dengan baik dalam kondisi yang ekstrem. Alhasil, daya tahan tubuh pun akan meningkat sehingga Anda tidak akan mudah merasa lelah saat harus berolahraga di cuaca atau suhu udara yang panas.

 

6. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Tubuh membutuhkan energi yang lebih banyak saat berusaha mendinginkan diri karena panas yang terperangkap di jaket sauna.

Proses termoregulasi (pengaturan suhu tubuh) tersebut akan meningkatkan pengeluaran energi yang dapat mempercepat metabolisme tubuh.

Selain itu, penggunaan jaket sauna juga bisa memicu peningkatan aktivitas sistem saraf simpatik yang bertanggung jawab untuk respons “flight or flight”. Sistem ini pun mampu meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Metabolisme yang meningkat ini berdampak pada pembakaran kalori yang lebih banyak agar tubuh bisa mendapatkan cukup energi untuk menjalankan fungsinya.

Oleh karena itu, secara tidak langsung, menggunakan jaket sauna saat olahraga bisa membantu proses penurunan berat badan.

 

7. Mempercepat Pemulihan Otot

Manfaat lainnya dari penggunaan jaket sauna saat olahraga adalah mempercepat pemulihan otot. Ini bisa terjadi karena aliran darah menjadi lebih lancar sehingga pengiriman nutrisi dan oksigen ke jaringan yang rusak menjadi lebih cepat.

Selain itu, penggunaan jaket sauna juga bisa membantu mengurangi kekakuan dan nyeri pasca latihan yang intens.

 

Baca Juga:

Keringat Dingin setelah Olahraga Apakah Hal yang Normal?

 

Tips Aman Menggunakan Jaket Sauna saat Olahraga

Meski ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan jaket sauna saat olahraga tetapi tetap ada risiko yang berbahaya jika penggunaannya tidak tepat.

Penggunaan jaket sauna yang berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi karena tubuh kehilangan banyak cairan melalui keringat.

Selain itu, suhu yang tinggi di dalam jaket bisa menyebabkan hipertemia bahkan heat stroke yang akan berakibat fatal jika tidak ditangani segera.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara penggunaan jaket sauna yang aman agar risiko-risiko tadi tidak terjadi pada Anda.

Beberapa tips aman dalam menggunakan jaket sauna saat olahraga yang sebaiknya Anda lakukan, yaitu:

  • Hidrasi tubuh sebelum, selama, dan setelah olahraga untuk mencegah dehidrasi.
  • Untuk pemula, gunakan jaket sauna tidak lebih dari 30 menit.
  • Jika sudah terbiasa, Anda bisa menggunakan jaket sauna selama 60 menit.
  • Jaket sauna lebih cocok untuk latihan singkat atau ringan.
  • Jika ada tanda-tanda, seperti pusing, mual, atau tidak nyaman, segera lepaskan jaket tersebut.
  • Penderita jantung, diabetes, atau orang-orang yang kesulitan dalam mengatur suhu tubuh sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan jaket sauna untuk olahraga.

Jaket sauna bisa menjadi salah satu perlengkapan yang efektif untuk meningkatkan hasil olahraga. Namun, gunakan dengan cara yang tepat dan tidak berlebihan agar tidak memicu dampak negatif yang merugikan tubuh.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#jaket sauna 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article