sfidn - Manfaat Gym Ball untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Perbaiki Posisi Bayi

Manfaat Gym Ball untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Perbaiki Posisi Bayi

sfidn.com – Gym ball dapat memberikan berbagai manfaat untuk ibu hamil jika digunakan dengan benar serta dalam batas yang aman. 

Tidak hanya yang berkaitan dengan kesehatan tapi manfaat gym ball untuk ibu hamil juga termasuk kebugaran selama masa kehamilan.

Mari tambah wawasan Anda mengenai manfaat gym ball untuk hamil pada artikel ini. Mari simak penjelasannya. 

5 Manfaat Utama Gym Ball untuk Ibu Hamil 

1. Meredakan Ketidaknyamanan

Pada trimester awal mungkin belum banyak yang Anda rasakan. Namun ketika memasuki trimester 3, biasanya ibu hamil akan mengalami ketidaknyamanan untuk melakukan aktivitas atau gerakan apa pun.

Berlatih menggunakan gym ball secara teratur bisa mengurangi ketegangan pada punggung, panggul, pinggul, dan lutut sehingga melakukan aktivitas apapun bisa mudah untuk Anda lakukan. 

Gerakan ringan yang dilakukan di atas gym ball dapat memberikan pijatan lembut pada otot-otot yang tegang. 

2. Meningkatkan Keseimbangan dan Postur Tubuh

Ketika hamil, kondisi tubuh Anda akan berubah. Biasanya yang paling dirasakan, yaitu tingkat keseimbangan dan postur tubuh yang memburuk. 

Jika Anda berlatih menggunakan gym ball maka itu dapat membantu Anda meningkatkan keseimbangan serta memperbaiki postur tubuh agar nantinya tidak sulit kembali ke kondisi semula. 

Ini juga penting untuk mengurangi risiko cedera dan ketidaknyamanan pada bagian tubuh tertentu selama kehamilan.

 

--- Related Article ---

 

3. Melatih Otot Perut dan Punggung

Salah satu yang dikeluhkan oleh ibu hamil, yaitu rasa nyeri pada tulang belakang dan punggung. Itu karena janin semakin berkembang sehingga menekan organ tubuh serta tulang Anda. 

Jika rutin bergerak menggunakan gym ball maka Anda dapat mengurangi keluhan tersebut karena otot semakin kuat untuk menopang janin.

4. Meningkatkan Fleksibilitas

Ibu hamil biasanya sulit bergerak dengan bebas sehingga membuat tubuhnya menjadi lebih kaku dan terasa nyeri di mana-mana. 

Padahal, fleksibilitas sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar tidak mudah cedera dan aman selama masa persalinan. 

Gerakan yang bisa dilakukan menggunakan gym ball bisa membantu Anda meningkatkan fleksibilitas sehingga nantinya pun proses pemulihan setelah melahirkan pun bisa lebih cepat. 

 

 

5. Mempersiapkan Persalinan

Gym ball dapat digunakan untuk melatih gerakan serta posisi yang mungkin diperlukan selama masa persalinan. 

Pada beberapa kasus, latihan ini juga dapat membantu bayi yang sungsang agar berada di posisi yang tepat sehingga memudahkannya untuk keluar dengan aman. 

Kapan Ibu Hamil Boleh Menggunakan Gym Ball?

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus yang menyebutkan kapan waktu yang tepat bagi ibu hamil untuk menggunakan gym ball. 

Sejak awal kehamilan pun Anda boleh saja berlatih menggunakan gym ball. Asalkan tidak ada masalah kesehatan tertentu yang membuat Anda tidak boleh banyak beraktivitas.

Dokter atau pun tenaga kesehatan biasanya merekomendasikan penggunaan gym pada trimester 2 atau 3 karena janin mulai tumbuh besar sehingga menyebabkan beberapa keluhan pada ibu hamil. 

Ada baiknya untuk mengonsultasikan pemakaian gym ball selama kehamilan kepada dokter atau ahli agar tahu bagaimana kondisi Anda yang sebenarnya serta bagaimana cara pemakaiannya agar optimal. 

Jadikan momen kehamilan Anda sebagai sesuatu yang indah dan menyenangkan. Selamat berlatih. ***

 

Referensi: 
www.birthbabe.com 


 
Tags:
#ibu hamil  #gymball 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article