sfidn - Manfaat Minum Teh sebelum Olahraga yang Perlu Anda Tahu

Manfaat Minum Teh sebelum Olahraga yang Perlu Anda Tahu

sfidn.com – Ternyata, Anda bisa boleh minum teh sebelum olahraga karena memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan performa fisik dan mental.

Yuk, cari tahu apa saja manfaat minum teh sebelum olahraga serta hal-hal lainnya yang penting untuk Anda pahami.

 

Manfaat Minum Teh sebelum Olahraga

Mari kesampingkan BCAA, creatine, dan sejenisnya. Teh, minuman yang sangat sederhana dan mudah kita temukan ini juga ternyata bisa dijadikan minuman energi sebelum berolahraga.

Minuman berenergi biasanya digunakan untuk meningkatkan kinerja dan performa individu agar bisa melakukan olahraga dengan lebih intens. Dengan begitu, individu bisa mendapatkan hasil latihan yang lebih maksimal dan mencapai tujuan kebugaran yang lebih cepat.

Berikut adalah beberapa manfaat minum teh sebelum olahraga:

 

1. Meningkatkan Energi dan Fokus

Teh mengandung kafein meski jumlahnya lebih rendah dibandingkan dengan kopi. Kafein adalah stimulan yang dikenal dapat meningkatkan energi dan fokus. 

Minum teh sebelum olahraga dapat membantu meningkatkan kewaspadaan serta memberi dorongan energi yang diperlukan untuk latihan yang lebih intens, terutama olahraga yang memerlukan koordinasi dan konsentrasi tinggi.

 

2. Meningkatkan Daya Tahan

Kafein dalam teh juga memiliki efek ergogenik sehingga dapat meningkatkan daya tahan fisik. Mengonsumsi kafein sebelum latihan dapat mengurangi persepsi usaha serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi. Ini artinya, Anda bisa berlatih lebih lama dan lebih intens sebelum mencapai kelelahan.

 

3. Meningkatkan Pembakaran Lemak

Teh, khususnya jenis teh hijau dikenal mampu meningkatkan pembakaran lemak tubuh. Itu karena kandungan katekin dalam teh hijau, seperti epigallocatechin gallate (EGCG) dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mempromosikan oksidasi lemak.

Minum teh hijau sebelum berolahraga dapat meningkatkan efektivitas latihan dalam membakar lemak sehingga membantu penurunan berat badan yang lebih optimal.

 

4. Mencegah Kerusakan Otot

Teh mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat melindungi sel-sel tubuh, termasuk sel otot dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas maupun kerusakan akibat peradangan.

Selama olahraga, tubuh meningkatkan produksi radikal bebas sebagai bagian dari metabolisme energi. Radikal bebas yang berlebihan bisa merusak komponen sel dan memicu peradangan.

Peradangan sendiri merupakan respons alami tubuh terhadap stres dan cedera yang sangat mungkin terjadi selama olahraga. Peradangan yang berlebihan dapat memperburuk kerusakan otot.

Mengonsumsi teh sebelum atau pun setelah olahraga dapat mencegah Anda dari kerusakan otot yang parah. Dengan begitu, Anda pun bisa mempercepat pemulihan dan kembali berolahraga.

 

Baca Juga:

Benarkah Antioksidan dapat Mencegah Kerusakan Otot?

 

5. Mengurangi Peradangan dan Nyeri Otot

Beberapa jenis teh, seperti teh hijau dan teh jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat sehingga dapat mengurangi peradangan dan nyeri otot setelah latihan intens.

Tingkat peradangan yang tidak parah akan mempercepat proses pemulihan sehingga Anda bisa kembali berolahraga tanpa harus merasakan sakit yang berlebihan.

 

6. Meningkatkan Mental dan Memberi Efek Relaksasi

Minum teh sebelum berolahraga tidak hanya meningkatkan performa fisik tapi juga mempersiapkan mental yang lebih kuat. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah menyerah saat menghadapi tantangan yang sulit.

Beberapa jenis teh, seperti teh chamomile dan teh lavender memang tidak mengandung kafein tapi memiliki efek menenangkan yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan sebelum berolahraga.

 

Kapan Waktu yang Tepat Minum Teh sebelum Olahraga?

Jika Anda ingin minum teh sebelum olahraga, ada baiknya untuk memperhatikan jeda waktunya pengonsumsiannya dengan waktu latihan.

Sebaiknya, konsumsi teh sekitar 30-60 menit sebelum olahraga untuk merasakan efeknya tanpa mengalami masalah pencernaan.

Hindari mengonsumsi teh terlalu dekat dengan waktu tidur jika ingin berolahraga di malam hari karena ini bisa mengganggu tidur Anda.

 

Efek Samping Minum Teh sebelum Olahraga

Bagi beberapa orang mungkin mengonsumsi teh sebelum olahraga bisa menyebabkan efek samping tertentu, seperti:

  • Gangguan pencernaan karena merangsang produksi asam lambung
  • Dehidrasi karena teh memiliki efek diuretik
  • Detak jantung tidak teratur
  • Gangguan tidur seperti insomnia
  • Mengganggu penyerapan beberapa jenis obat
  • Mengganggu penyerapan zat besi non-heme yang berasal dari nabati

 

Tips Mengonsumsi Teh sebelum Olahraga

Beberapa tips berikut ini akan membantu Anda meminimalkan efek samping dari mengonsumsi teh sebelum olahraga:

  • Pilih jenis teh yang tepat, seperti teh hijau, teh hitam, teh jahe, dan teh oolong
  • Konsumsi teh 30-60 sebelum olahraga
  • Cukup minum satu cangkir (240ml) saja sebelum berolahraga
  • Hindari penambahan gula
  • Perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi

Sekarang, sudah tahukan apa saja manfaat minum teh sebelum olahraga. Jadi, cobalah untuk memasukkannya ke dalam rutinitas kebugaran Anda. Selamat mencoba!
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#olahraga  #teh hijau  #teh  #manfaat teh 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article