sfidn - Manfaat Olahraga Menggunakan Barbel, Tidak Hanya Meningkatkan Massa Otot

Manfaat Olahraga Menggunakan Barbel, Tidak Hanya Meningkatkan Massa Otot

sfidnfits.com – Olahraga menggunakan barbel tidak hanya sekadar melatih otot untuk meningkatkan massa atau ukurannya saja tetapi manfaat yang bisa Anda dapatkan bisa jauh lebih besar. 

Penasaran apa saja manfaat olahraga menggunakan barbel? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui jawabannya. 

 

Manfaat Olahraga Menggunakan Barbel, Tidak Hanya Meningkatkan Massa Otot

Barbel mungkin alat olahraga yang terlihat sangat sederhana jika dibandingkan dengan berbagai mesin yang ada di tempat fitness. 

Namun, alat ini menjadi andalan bagi banyak orang, baik itu yang masih pemula atau pun mereka yang sudah pada tingkat expert atau profesional. 

Bukan hal yang mudah untuk berlatih menggunakan barbel. Teknik yang salah tidak akan menghasilkan apa-apa tetapi jika tekniknya benar maka manfaatnya bagi tubuh Anda bisa sangat luar biasa. 

Berikut adalah lima manfaat olahraga menggunakan barbel.

 

1. Barbel Membantu Meningkatkan Kinerja Atletik

Olahraga menggunakan barbel akan membangun otot tubuh bagian atas hingga bawah, tergantung pada jenis latihan yang Anda lakukan. 

Belajar menggerakkan barbel akan mendorong Anda menggunakan semua otot secara bersamaan dengan efektif dan efisien. 

Meningkatkan beban barbel secara bertahap akan membuat otot Anda jauh lebih kuat, daya tahan meningkat, keseimbangan membaik, koordinasi bagus, serta daya fokus Anda semakin terbentuk.

Kondisi inilah yang merujuk pada istilah peningkatan kinerja atletik yang dimaknai sebagai kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas fisik yang berkaitan dengan latihan atau disiplin olahraga tertentu. 

Kinerja atletik akan melibatkan sejumlah aspek yang mencakup kemampuan fisik, teknik, mental, dan taktik. 

 

2. Latihan Barbel dapat Memperbaiki Postur Tubuh

Anda memiliki postur tubuh yang buruk? Jika iya maka berlatihlah menggunakan barbel karena alat ini mampu membangun kekuatan pada kelompok otot penstabil sehingga Anda mampu berdiri dengan tegak dan menjaga punggung tetap lurus. 

 

3. Tes uji Kekuatan

Jika Anda penasaran tentang seberapa kuat Anda maka cobalah mengangkat barbel. Dengan begitu, Anda bisa tahu seberapa berat beban yang mampu Anda angkat. 

Dengan rutin berlatih menggunakan barbel, Anda bisa melihat perkembangan kekuatan Anda dari waktu ke waktu hingga pada akhirnya Anda akan merasa takjub dengan apa yang bisa Anda capai.

 

4. Barbel Menghemat Waktu Latihan

Saat berlatih menggunakan barbel dengan menyertakan empat teknik utama, seperti squat, bench press, overhead pres, dan deadlift, Anda bisa menggunakan beberapa kelompok otot sekaligus. Mulai dari otot punggung, paha, pinggul, bahu, hingga lengan. 

Daripada menggunakan mesin khusus untuk melatih otot tersebut satu per satu, penggunaan barbel akan menghemat waktu latihan Anda.

 

5. Barbel Bisa untuk Kardiovaskular

Tahukan Anda jika barbel juga bisa digunakan untuk melatih kardiovaskular ketika dikombinasikan dengan olahraga kardio, contohnya deadlift dengan burpees, lompat kotak dengan angkat beban, push press dengan sprint, dan lain-lain.

Penggabungan barbel dengan elemen kardiovaskular ini disebut sebagai “olahraga metcon” atau “metabolic conditioning”. 

 

Olahraga menggunakan barbel adalah cara terbaik untuk mendapatkan berbagai manfaat, mulai dari peningkatan kekuatan tubuh, massa otot, keseimbangan. Koordinasi, kesehatan tulang, hingga kesehatan kardiovaskular. 

Jadi, jangan ragu untuk mencoba berbagai variasi latihan yang bisa Anda coba dengan barbel. Selamat berlatih.

 

--- Related Article ---

 

Referensi; 

Fit Blog, (2023), Benefits of Barbell Training

Aaptiv, 5 benefits of Barbell Training for Any Fitness Level

Masterclass, (2021), 11 Barbell Exercise: Benefits of Doing Barbell Exercises
 


 
Tags:
#barbel  #manfaat barbel 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article