sfidn - Manfaat Skipping Setiap Hari, Turunkan Berat Badan Hingga Perkuat Tulang

Manfaat Skipping Setiap Hari, Turunkan Berat Badan Hingga Perkuat Tulang

sfidn.com – Skipping setiap hari bisa memberikan Anda banyak manfaat yang luar biasa bagi tubuh, dua di antaranya, yaitu menurunkan berat badan hingga memperkuat tulang.

Lalu, apa lagi manfaat skipping yang bisa Anda dapatkan kalau melakukan skipping setiap hari? Yuk, cari tahu jawabannya sama-sama.

 

Apa Itu Skipping?

Skipping adalah sebuah bentuk latihan di mana seseorang akan melompati tali yang diputar di sepanjang tubuhnya. Ini termasuk salah satu jenis latihan kardiovaskular yang bagus untuk kesehatan jantung.

Dengan melakukan skipping Anda dapat melatih otot kaki dan inti, seperti paha, betis, perut, erector spinae, dan multifidus yang berada di sepanjang tulang belakang.

Tidak hanya meningkatkan otot-otot yang terlibat tapi skipping juga mampu memperbaiki stabilitas dan keseimbangan tubuh Anda.

 

Apakah Skipping Boleh Dilakukan Setiap Hari?

Anda boleh melakukan skipping setiap hari asalkan durasinya tepat dan tidak dilakukan secara berlebihan. Ingatlah selalu bahwa tubuh Anda membutuhkan waktu untuk pulih dan meregenerasi sel otot yang rusak agar dapat tumbuh kembali menjadi lebih kuat dan tebal.

 

Berapa Lama Melakukan Skipping?

Waktu untuk melakukan skipping bisa bervariasi tergantung pada tingkat kebugaran dan tujuan olahraga. Namun, durasi yang paling direkomendasikan adalah 5-30 menit dengan rincian sebagai berikut:

  • Durasi Skipping untuk Pemula: 5-10 menit (Membangun stamina secara bertahap)
  • Durasi Skipping untuk Intermediate: 15-30 menit (Memperluas variasi gerakan dan menjaga daya tahan)
  • Durasi Skipping untuk Profesional: >30 menit (Meningkatkan daya tahan, kelincahan, dan kecepatan)

 

Berapa Kali Skipping untuk Pemula?

Seorang pemula sebaiknya fokus pada kualitas dengan cara memperbaiki gerakan yang benar saat skipping. Tujuannya agar Anda dapat menargetkan otot yang tepat dan terhindar dari cedera akibat postur tubuh yang buruk atau pun gerakan yang keliru.

Cobalah untuk melompat tanpa jeda selama 30 detik dan istirahat selama 60 detik. Ulangi pola ini sekitar 4-6 set.

 

Manfaat Skipping untuk Kesehatan

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat skipping yang paling utama adalah menurunkan berat badan karena ini adalah jenis latihan kardiovaskular yang efektif dalam membakar kalori tubuh.

Saat melompat dengan tali, Anda akan meningkatkan denyut jantung dan mempercepat metabolisme tubuh, proses inilah yang akan membantu tubuh membakar kalori dan lemak dengan lebih efisien.

Skipping mampu membakar 400-800 kalori tergantung pada berat badan, kecepatan metabolisme, dan intensitas latihan.

 

2. Kesehatan Kardiovaskular

Skipping adalah latihan aerobik yang sangat baik untuk meningkatkan denyut jantung serta efisiensi sistem kardiovaskular yang berdampak pada turunnya tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Dalam kata lain, skipping dapat menjaga kesehatan kardiovaskular Anda secara keseluruhan.

 

3. Mengecilkan Perut

Skipping dapat membantu mengecilkan perut Anda karena olahraga ini melibatkan gerakan inti yang kuat untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas saat melompat. 

Gerakan dalam skipping akan mengencangkan area perut dan mengurangi lemak yang menumpuk sehingga memberikan tampilan perut yang lebih ramping.

 

4. Memperkuat Tulang

Saat skipping Anda akan melibatkan tumpuan yang berulang pada kaki sehingga mampu merangsang pertumbuhan tulang, kepadatan tulang, serta mencegah osteoporosis.

Manfaat skipping ini juga sejalan dengan penurunan berat badan di mana tubuh Anda menjadi lebih ringan sehingga beban pada kaki akan berkurang.

 

5. Membuat Perut Sixpack

Skipping juga bisa membuat perut Anda terlihat sixpack karena ini menjadi salah satu latihan yang efektif dalam merangsang dan membentuk otot-otot rectus abdominis.

Meski demikian, proses menuju perut sixpack tidaklah sederhana. Anda harus mengombinasikan diet ketat dengan berbagai latihan perut yang tepat, seperti plank, crunches, atau yang lainnya. 


6. Menambah Tinggi Badan

Remaja atau orang yang masih dalam massa pertumbuhan akan mendapatkan manfaat dari skipping setiap hari, yaitu mereka dapat menambah tinggi badan karena olahraga ini akan memperkuat otot inti, meregangkan tulang belakang, serta memperbaiki postur tubuh yang bengkok.

 

7. Mendetoksifikasi Racun dalam Tubuh

Peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh yang terjadi selama olahraga dapat mempercepat proses detoksifikasi racun dalam tubuh. Ini artinya, zat-zat berbahaya yang dapat merusak sel dan jaringan akan dinetralkan sehingga tubuh Anda menjadi lebih sehat, tidak mudah sakit, dan tidak cepat merasa lelah.

 

8. Menjaga Kesehatan Mental

Seperti kebanyakan olahraga lainnya, manfaat dari skipping juga, yakni dapat menjaga kesehatan mental dengan cara melepaskan endorfin yang memicu perasaan bahagia sekaligus mengurangi stres dan rasa cemas.

 

Itulah manfaat luar biasa dari skipping setiap hari yang mungkin tidak akan Anda dapatkan jika Anda tidak rajin berolahraga. Jadi, ayo mulai hidup aktif dan sehat sebagai investasi jangka panjang yang berharga.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#otot kaki  #skipping 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article