sfidn - Manfaat Vinyasa Yoga untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

Manfaat Vinyasa Yoga untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

sfidn.com – Vinyasa Yoga dikenal sebagai salah satu jenis Yoga yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan jiwa dan raga manusia.

 

Manfaat Vinyasa Yoga untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

Dalam Bahasa Sansekerta, “Vinyasa” memiliki arti “Menempatkan dengan Cara yang Khusus”. Sedangkan dalam praktik Yoga, istilah ini digunakan untuk menggambarkan aliran atau pergerakan dinamis yang dikoordinasikan dengan pernapasan.

Secara harfiah, Vinyasa Yoga adalah salah satu jenis Yoga yang menekankan pada sinkronisasi gerakan dan pernapasan untuk menciptakan aliran yang harmonis dan berkelanjutan antara satu pose dengan pose berikutnya.

 

Perbedaan Vinyasa Yoga dengan Hatha Yoga

Perbedaan Vinyasa Yoga dengan Hatha Yoga, yaitu Vinyasa melibatkan aliran gerakan dan pernapasan secara terus menerus, sedangkan Hatha dilakukan dengan lebih statis sehingga individu harus mempertahankan pose dalam periode waktu tertentu.

 

12 Manfaat Vinyasa Yoga

Pernapasan serta gerakan yang terkendali mampu menciptakan koneksi antara jiwa raga yang mendorong perhatian dan kesadaran terhadap diri sendiri dengan lebih baik.

Maka dari itu, tidak aneh jika Vinyasa Yoga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan fisik, mental, serta emosional seseorang. Berikut adalah 12 manfaat yang bisa Anda dapatkan:

 

1. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Manfaat Vinyasa Yoga yang pertama adalah meningkatkan fleksibilitas tubuh. Ini karena gerakan Yoga akan dilakukan secara terus-menerus sehingga mampu mengurangi kekakuan pada sendi serta meningkatkan rentang gerak.

 

2. Membangun Kekuatan Tubuh

Manfaat Vinyasa Yoga yang kedua adalah membangun kekuatan tubuh. Meski gerakan Yoga terlihat indah tapi sebenarnya ada usaha yang besar untuk melakukannya dengan benar. 

Vinyasa Yoga melibatkan gerakan tubuh secara menyeluruh, termasuk posisi berdiri, pembalikan, dan gerakan lainnya yang dapat melatih serta memperkuat otot-otot.

 

3. Meningkatkan Keseimbangan

Vinyasa Yoga dapat meningkatkan keseimbangan. Menggerakan tubuh dari satu pose ke pose lainnya mengharuskan Anda bergerak aktif meski ada kalanya hanya menggunakan satu kaki. Anda harus berusaha menjaga dan mempertahankan pose agar tidak jatuh atau melenceng dari jalur yang benar.

 

Baca Juga:

5 Rekomendasi Alat untuk Latihan Keseimbangan

 

4. Mengoptimalkan Pernapasan

Pada dasarnya, Vinyasa Yoga menekankan sinkronisasi gerakan dengan pernapasan. Mengontrol napas di setiap gerakan akan membantu meningkatkan kapasitas paru-paru, memperbaiki pola pernapasan, dan mengoptimalkan sirkulasi oksigen dalam tubuh.

 

5. Mengurangi Tegangan Otot

Gerakan yang disertai dengan pernapasan dapat membantu mengurangi ketegangan serta meredakan nyeri otot.

 

6. Mengurangi Stres

Bernapas dengan teratur dan fokus hanya pada gerakan yang dilakukan akan mengontrol pikiran menjadi lebih tenang dan hormon stres pun menurun dengan signifikan. Inilah alasan mengapa Vinyasa Yoga dapat membantu Anda mengurangi stres. 

 

7. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Saat melakukan Yoga, fokus Anda hanya satu, yaitu bagaimana melakukan dan menyelesaikan gerakan dengan benar. Secara perlahan, aktivitas ini akan melatih sekaligus meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda sehingga tidak mudah terdistraksi oleh hal lain.

 

8. Menurunkan Kecemasan dan Depresi

Bernapas dengan tenang bisa menurunkan kecemasan dan depresi yang sedang Anda rasakan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba Vinyasa Yoga jika gejolak di dalam diri Anda terasa berlebihan.

 

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat berikutnya dari Vinyasa Yoga adalah mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Ini adalah efek dari latihan pernapasan yang dapat membantu merelaksasi tubuh dan pikiran sehingga membantu individu untuk tidur lebih nyenyak.

 

Baca Juga:

Tidur setelah Olahraga, Aman atau Tidak?

 

10. Mendorong Kesadaran Diri

Melalui praktik yang penuh kesadaran, Vinyasa Yoga akan membantu individu untuk lebih memahami tubuh mereka sendiri, mengenali pikiran dan perasaannya, serta meningkatkan kesadaran terhadap segala tindakan yang ia lakukan.

 

11. Memotivasi dan Meningkatkan Energi

Gerakan dinamis dalam Vinyasa Yoga dapat meningkatkan energi dan motivasi seseorang untuk hidup dengan lebih baik dan selalu bersemangat menjalani kehidupan.

 

12. Mengembangkan Ketenangan Batin

Praktik Vinyasa Yoga bermanfaat dalam mengembangan ketenangan batin seseorang dengan cara membimbing individu untuk tetap tenang dan terpusat dalam menghadapi tantangan yang sebenarnya.

 

Baca Juga:

Memahami Perbedaan Utama dari Meditasi dan Yoga

 

10 Gerakan Vinyasa Yoga

Terdapat banyak pose atau gerakan dalam Vinyasa Yoga dan yang paling terkenal adalah:

  • Tadasana (Mountain Pose)
  • Urdhva Hastasana (Upward Salute)
  • Uttanasana (Forward Fold)
  • Adho Mukha Svanasana (Downward-Facing Dog)
  • Urdhva Mukha Svanasana (Upward-Facing Dog)
  • Chaturanga Dandasana
  • Utkatasana
  • Balasana (Child’s Pose)
  • Bhujangasana (Cobra Pose)
  • Savasana (Corpse Pose)

 

Praktik Yoga sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai aktivitas yang memiliki banyak manfaat bagi jiwa dan raga manusia. Jangan ragu untuk mencoba Vinyasa Yoga untuk mendapatkan semua manfaatnya.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#Yoga  #hatha yoga  #vinyasa yoga 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article