sfidn - Manfaat Vitamin C serta Efek Sampingnya Bagi Tubuh

Manfaat Vitamin C serta Efek Sampingnya Bagi Tubuh

sfidn.com – Manfaat Vitamin C tidak perlu diragukan lagi. Namun, kekurangan atau pun kelebihan vitamin ini bisa memicu efek samping yang kurang baik bagi tubuh.

Yuk, ketahui apa saja manfaat Vitamin C serta efek sampingnya agar Anda bisa lebih bijak dalam mengonsumsinya, baik dari makanan atau pun suplemen.

 

Apa Itu Vitamin C?

Vitamin C atau yang dikenal juga sebagai asam askorbat adalah salah satu vitamin esensial yang larut dalam air dan penting bagi tubuh manusia.

Salah satu manfaat yang paling fenomenal adalah melindungi sel dan jaringan dari kerusakan. Itu karena Vitamin C termasuk sebagai salah satu jenis antioksidan yang kuat.

Maka dari itu, mengonsumsi Vitamin C dalam jumlah yang cukup dapat mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

 

Manfaat Vitamin C

Vitamin C memiliki segudang manfaat yang bagus untuk tubuh Anda, di antaranya:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi. 

Sel darah putih dapat menghalangi, menghancurkan, dan melawan patogen, seperti bakteri, virus, dan mikroba parasit lainnya yang menyebabkan penyakit

 

2. Memberikan Efek Antioksidan yang Kuat

Vitamin C adalah antioksidan yang kuat sehingga mampu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Dengan mengonsumsi Vitamin C secara rutin, Anda bisa memperlambat proses penuaan dan mencegah perkembangan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

 

3. Meremajakan Kulit

Vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein struktural yang dapat meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit.

Mengonsumsi Vitamin C secara rutin dapat membantu meremajakan kulit Anda dengan cara mengurangi kerutan, meningkatkan kelembapan, dan mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, antioksidan di dalam Vitamin C juga dapat melindungi kulit dari kerusakan atau pun penuaan dini akibat paparan sinar matahari dan polusi.

 

4. Membantu Penyerapan Zat Besi

Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi non-heme (jenis zat besi yang berasal dari nabati atau tumbuhan) karena cenderung lebih sulit diserap dibandingkan zat besi heme yang berasal dari hewan.

Dengan mengonsumsi zat besi dan Vitamin C secara bersamaan, ini akan mencegah terjadinya anemia defisiensi besi, terutama bagi para vegan yang tidak mengonsumsi produk hewani.

 

5. Mencegah Katarak

Manfaat lain dari Vitamin C adalah mencegah katarak yang sering menjadi penyebab utama kebutaan pada orang lanjut usia.

Antioksidan dalam Vitamin C dapat melindungi lensa mata dari kerusakan oksidatif dan menjaga jaringan ikat di area mata.

 

6.  Mencegah Sariawan

Vitamin C dapat membantu mencegah terjadinya sariawan atau ulkus mulut serta mempercepat penyembuhan luka dan mencegah terjadinya infeksi.

Kekurangan Vitamin C adalah salah satu penyebab utama seseorang mengalami sariawan atau masalah gusi dan gigi serta jaringan lunak lainnya di dalam mulut.

 

7. Mengurangi Peradangan dalam Tubuh

Manfaat Vitamin C yang terakhir adalah mengurangi peradangan dalam tubuh karena memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Vitamin C akan mengurangi rasa sakit dan bengkak sehingga mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan pada jaringan yang mengalami peradangan.

 

Baca Juga:

Anti Inflamasi yang Bisa Anda Temukan pada Makanan

 

Efek Samping dari Kelebihan dan Kekurangan Vitamin C

Meski jarang terjadi, namun mengonsumsi Vitamin C dalam jumlah besar atau secara berlebihan (>2000 mg per hari) dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti diare, mual, kram perut, batu ginjal, dan hemokromatosis (penumpukan zat besi).

Sedangkan kekurangan Vitamin C dapat mengakibatkan penyakit skurvi yang ditandai dengan gejala, seperti gusi berdarah, kulit kering, mudah memar, sistem imun yang menurun, dan penyembuhan luka yang lambat.

Kebutuhan Vitamin C harian yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), yaitu anak-anak sebanyak 35-100 mg per hari dan dewasa sekitar 50-200 mg per hari.

 

Baca Juga:

8 Buah yang Mengandung Zat Besi untuk Menambah Darah

 

Sumber Vitamin C

Tubuh tidak bisa memproduksi Vitamin C sendiri. Anda hanya bisa mendapatkannya dari makanan atau pun suplemen.

Sumber Vitamin C paling banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Makanan yang kaya akan Vitamin C, di antaranya:

  • Jeruk
  • Beri
  • Kiwi
  • Mangga
  • Paprika
  • Tomat
  • Brokoli
  • Kubis
  • Bayam

Vitamin C memainkan peran yang penting dalam menjaga fungsi tubuh yang normal. Pastikan untuk mencukupi kebutuhan vitamin ini setiap harinya melalui makanan atau pun suplemen dengan dosis yang tepat.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#vitamin C 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article