sfidn - Menghitung Kalori yang Terbakar saat Melakukan 6 Latihan Kardio Populer 

Menghitung Kalori yang Terbakar saat Melakukan 6 Latihan Kardio Populer 

sfidn.com – Beberapa orang cukup selektif saat memilih jenis latihan kardio karena menginginkan hasil yang lebih maksimal. Salah satu caranya dengan memperhatikan dan menghitung berapa banyak kalori yang terbakar saat berlatih. 

Sebagian besar latihan kardio bertujuan untuk memompa jantung dan menstimulasinya agar menjadi lebih kuat. Namun beberapa versi latihan mampu membakar lebih banyak kalori daripada versi lainnya. 

Inilah yang membuat enam latihan kardio menjadi lebih populer dibandingkan yang lainnya karena memiliki manfaat yang lebih beragam. 

Penasaran dengan keenam jenis latihan kardio yang dimaksud serta berapa banyak kalori yang mampu terbakar saat melakukan latihan tersebut? Berikut informasinya untuk Anda. 

 

Baca Juga: 

Kalistenik vs Gym, Mari Bandingkan Keduanya

 

1. Berlari

Berlari menjadi salah satu jenis latihan kardio paling populer karena paling mudah dilakukan oleh siapa pun dan kapan pun serta mampu membakar kalori yang cukup banyak. 

Jumlah kalori yang terbakar akan sangat bergantung pada beberapa faktor, seperti ukuran tubuh, kecepatan berlari, dan jarak tempuh. 

Dikutip dari Harvard Health, orang dengan berat badan sekitar 70 kilogram yang berlari selama 30 menit dapat membakar sekitar 288-562 kalori. Semakin cepat Anda berlari maka akan lebih banyak kalori yang mampu dibakar oleh tubuh.

Bagi pemula dengan berat badan yang tidak berlebihan disarankan untuk berlari dengan kecepatan 5-6 mph atau sekitar 10-12 menit per 1,6 kilometer. 

Sedangkan bagi Anda yang sudah terlatih, cobalah berlari dengan kecepatan 7-10 mph atau sekitar 6-8 menit per 1,6 kilometer. 

 

2. Berlari Menaiki Tangga atau Bukit

Bagi orang yang memiliki sensitivitas persendian, berlari di permukaan datar biasanya terasa tidak nyaman. Maka dari itu, Anda disarankan untuk berlari menaiki tangga atau pun melewati perbukitan.

Jika Anda berada di tempat gym maka Anda bisa mendapatkan sensasi yang serupa melalui sebuah treadmill yang permukaannya dimiringkan. 

Berlari menaiki tangga atau bukit selama 30 menit disinyalir dapat membakar sekitar 216-528 kalori. Namun, ukuran tubuh bisa sangat memengaruhi angka tersebut. 

 

Baca Juga: 

Postur Badan Bungkuk Memicu Masalah Serius di Masa Depan

 

3. Bersepeda

Beberapa waktu terakhir, bersepeda menjadi latihan kardio yang populer di Indonesia karena jumlah peminatnya semakin meningkat. 

Bagi beberapa orang, bersepeda terasa lebih mudah dan menyenangkan untuk dilakukan. Anda bisa melatih otot kaki sembari berjalan-jalan mengelilingi kota. 

Anda bisa melakukannya dengan cara yang santai maupun dalam kecepatan yang tinggi tapi itu artinya akan ada perbedaan dalam jumlah kalori yang terbakar saat Anda bersepeda. 

Dengan contoh berat badan yang sama seperti sebelumnya, Anda bisa membakar sekitar 288-594 kalori dalam waktu 30 menit. 

 

Rinciannya sebagai berikut: 

12-13,9 mph – 288 Kalori

14-15,9 mph – 360 Kalori

16-19 mph – 432 Kalori

Lebih dari 20 mph – 594 Kalori

Anda bisa juga meningkatkan intensitas latihannya dengan bersepeda melewati jalanan yang menanjak atau mengayuh pedal sembari berdiri dari tempat duduk. 

 

--- Related Article ---

 

4. Berenang

Berenang adalah kegiatan yang menyenangkan. Bahkan beberapa orang tidak sadar jika kegiatan ini menjadi salah satu bentuk latihan kardio yang populer.

Dengan berenang secara rutin, Anda dapat meningkatkan detak jantung tanpa membebani persendian serta meningkatkan sistem pernapasan. 

Berenang selama 30 menit bisa membakar 360-420 kalori tergantung berat badan Anda. Semakin besar Anda semakin banyak pula kalori yang akan terbakar. 

 

5. Olahraga Menggunakan Bola

Olahraga seperti sepak bola, bola basket, atau pun tenis juga termasuk sebagai bentuk latihan kardio yang efektif membakar kalori tubuh. 

Itu karena gerakan dasarnya adalah berlari yang konsisten sehingga mampu meningkatkan detak jantung Anda. Olahraga menggunakan bola seperti ini termasuk latihan kardio yang menyenangkan karena dilakukan bersama orang lain. 

Olahraga menggunakan bola selama 30 menit bisa membakar 252-288 kalori dan basket menjadi jenis latihan yang paling banyak membakar kalori Anda. 

 

Baca Juga: 

7 Pemain Sepak Bola Dunia dengan Otot Aduhai

 

6. Latihan Interval 

Latihan interval adalah metode latihan fisik yang melibatkan pergantian cepat dari intensitas tinggi ke intensitas rendah atau pemulihan ringan. 

Contohnya, berlari cepat selama 30 detik kemudian berjalan 60 detik dan pola ini dilakukan berulang. Inilah yang dimaksud sebagai interval. 

Jenis latihan interval sangat amat beragam sehingga cukup sulit menentukan jumlah kalori yang terbakar selama kegiatan dilakukan. 

Contohnya, jika Anda melakukan circuit training selama 30 menit maka itu bisa membakar 306 kalori. Jumlahnya bisa sangat berbeda dengan latihan lompat tali yang mampu membakar hingga 421 kalori. 

Meski demikian, latihan interval tetap menjadi jenis kardio populer yang cukup efektif membakar kalori dari tubuh Anda. 

 

Ingat kembali bahwa berat badan, durasi, intensitas, hingga kecepatan akan sangat memengaruhi jumlah kalori yang terbakar selama Anda melakukan latihan kardio. 

Hal yang terpenting adalah bagaimana Anda mampu secara konsisten berolahraga sehingga manfaat dari latihan tersebut bisa benar-benar Anda rasakan. Jadi, selamat berlatih. ***

 

Referensi: 
www.insider.com 


 
Tags:
#latihan kardio  #kalori 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article